10 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata adalah hal yang tidak ternilai harganya. Walaupun begitu, menjaga mata tetap sehat dapat dilakukan dengan banyak cara yang mudah, termasuk dari makanan.

Beberapa makanan berikut dapat membantu menjaga kesehatan mata secara umum dan melindungi mata dari banyak masalah yang bisa mengganggu indera penglihatan ini, seperti katarak, rabun, dan lain sebagainya.

Makanan untuk Kesehatan Mata

makanan sehat untuk mata

Salmon
Seperti yang sudah diketahui, salmon kaya akan asam lemak omge-3 yang mampu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Selain itu, salmon juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12.

Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A-nya. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.

Kale
Kale mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin: resep sempurna untuk menunjang kesehatan mata dan penglihatan.

Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

Telur
Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan juga cysteine.

Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi.

Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula.  Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Wortel
Seperti telah diketahui, buah dan sayuran yang berwarna orange adalah baik untuk mata. Adalah beta-carotene, salah satu tipe vitamin A yang memberi warna orange pada wortel, membantu untuk retina dan bagian lain pada mata agar berufngsi dengan baik.

Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium dan vitamin E, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

13 KOMENTAR

  1. tip sehat ini baru bermanfaat bagi kami sekeluarga,sehingga kami bisa mengenal beberapa penyakit,dan alhamdulillah kami menjadi sangat berhati-hati mdengan apa yang akan di makan

  2. Memang mata Wajib dijaga, kalau kita sudah ada masalah dengan yang namanya mata, sulit bagi kita untuk memperbaikinya, ayo jaga mata selama mata kita sehat..

  3. betul sekali, kesehatan mata memang sangat penting untuk kita jaga sejak dini. karena jika hal tersebut terlambat mata akan mengalami sakit dan tentunya untuk menyembuhkan butuh biaya yang lebih mahal.

    Yuk kita jaga kesehatan mata kita dengan konsumsi buah2an seperti di atas. thank

  4. sudah menjadi rahasia umum wortel bisa membuat mata menjadi lebih sehat, tetapi kalau untuk kale dan brokoli itu sesuatu hal yang baru dan pengetahuan yang baru juga untuk saya. Mungkin nanti bisa saya coba, terimakasih infonya bermanfaat.

    Tolong kalau berkenan bisa mampir juga ke blog saya, terimakasih :)

  5. Infonya sangat bermanfaat gan, lagi cari info kesehatan mata, istri saya matanya sering sakit, mudah-mudahan dengan mengkonsumsi makanan diatas dapat membantu kesembuhannya, tks ya infonya

  6. wah ternyata bukan hanya wortel makanan yang banyak mengandung vitamin A. Terima kasih atas infonya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here