10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Wanita

Diet sehat yang mencakup berbagai jenis makanan dalam jumlah yang seimbang akan menjauhkan tubuh dari banyak masalah kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Baik pria dan wanita perlu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, tetapi ada jenis-jenis makanan yang secara khusus dibutuhkan oleh wanita untuk menjalankan fungsi tubuhnya dengan baik.

Mengapa wanita membutuhkan nutrisi yang berbeda dari pria?

Secara umum, wanita membutuhkan lebih banyak kalsium, zat besi, asam lemak omega 3, dan serat daripada pria untuk beberapa alasan. Sebaliknya, ada beberapa jenis nutrisi yang secara khusus lebih dibutuhkan oleh pria karena keadaan dan fungsi tubuhnya yang berbeda dari wanita.

Wanita membutuhkan lebih banyak kalsium untuk menjaga kesehatan tulang karena mereka lebih rentan untuk terkena masalah tulang, terutama osteoporosis.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh wanita untuk alasan yang jelas, yaitu berkaitan dengan kebutuhan darah selama siklus menstruasi, dan juga saat sedang mengandung.

Untuk asam lemak omega 3, ibu hamil sangat membutuhkannya untuk kesehatan dan pertumbuhan janin mereka.

Selebihnya, serat sangat dibutuhkan oleh wanita untuk mencegah masalah terkait gangguan sistem pencernaan dan kanker payudara.

Makanan apa yang baik bagi kesehatan wanita?

Diet seimbang sangatlah penting bagi pria dan wanita, tetapi berikut adalah makanan yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita jika dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang wajar.

Yogurt

Bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt rendah lemak, atau Greek yogurt, telah terbukti mengurangi resiko masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti ulkus lambung, sindrom iritasi usus, dan radang saluran pencernaan.

Yogurt juga dikenal karena kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis–gangguan tulang yang lebih rentan dialami oleh wanita daripada pria. Selain itu, probiotik sehat dari yogurt ini dipercaya dapat mengurangi resiko infeksi vagina dan kanker payudara, dua penyakit yang mengancam banyak wanita.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya antioksidan, protein, asam folat, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Secara umum, semua jenis kacang adalah sumber nutrisi yang baik, tetapi beberapa di antaranya secara khusus bermanfaat bagi wanita.

Kacang merah, misalnya, dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak, mengendalikan gula darah, dan mengurangi resiko kanker. Almond dapat membantu Anda menjaga berat badan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Edamame dapat menjaga kadar estrogen dan mengendalikan gejala menopause bagi wanita paruh baya.

Jika Anda berusaha untuk hamil, mengonsumsi kacang-kacangan dipercaya dapat membantu dalam reproduksi.

Coklat

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di Eropa, orang yang mengonsumsi 42,5 gram coklat hitam (mengandung sekitar 200 kalori) setiap harinya selama dua minggu berturut-turut menghasilkan hormon kortisol dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dan melaporkan adanya peningkatan energi.

Kotisol adalah hormon stres yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan resiko depresi, obesitas, dan penyakit jantung. Kandungan theobromin yang tinggi dalam coklat hitam dapat membantu mengurangi produksi hormon stres ini dan mengaktifkan hormon pengatur rasa senang, yang sangat membantu untuk mengatasi gejala PMS.

Alpukat

Banyak orang menghindari alpukat karena buah ini dianggap penuh lemak. Benar, alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi, dalam kasus ini, itu tidaklah buruk. Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan dan sebenarnya dapat membantu mengurangi lemak di perut.

Asam lemak ini juga membantu dalam mengendalikan resiko penyakit jantung dan masalah kesuburan. Selain itu, alpukat juga mengandung protein, asam folat, vitamin B6, E, dan K, serta mineral lainnya yang membuat buah lezat ini menjadi power fruit dalam diet Anda.

Tomat

Sebagai sumber lycopene terbaik, tomat mengandung antioksidan dalam jumlah besar yang dapat membantu dalam melawan kanker payudara dan kanker serviks bagi wanita dan kanker prostat bagi pria.

Polyphenol yang terkandung dalam tomat dapat membantu mengencerkan darah secara alami, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Tomat segar secara umum sudah sehat untuk dikonsumsi, tetapi tomat yang dicampurkan ke dalam masakan akan memberikan manfaat terbaiknya bagi tubuh.

Bayam

Sayuran berdaun lebar dan berwarna hijau pada umumnya baik bagi kesehatan, tetapi bayam secara khusus sangat diperlukan bagi wanita. Bayam mengandung banyak vitamin A, C, dan K, serta mineral, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Namun, yang membuat bayam menjadi salah satu makanan terbaik bagi wanita adalah kombinasi dari kalsium dan magnesium yang terkandung di dalamnya, yang dapat membantu memperlambat proses pengapuran tulang dan penuaan dini.

Asam folat dan vitamin B yang terdapat dalam bayam juga membantu dalam mencegah cacat lahir, yang tentunya sangat diperlukan bagi ibu hamil.

Brokoli

Meskipun banyak orang yang menghindari brokoli karena rasanya yang kuat, sayur ini mengandung banyak nutrisi sangat diperlukan oleh tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam brokoli telah terbukti dapat membantu mengendalikan jumlah estrogen dan mencegah kanker payudara.

makanan sehat untuk wanita
Antioksidan dan vitamin C tinggi, brokoli sangat baik untuk kesehatan wanita. [image: pixabay]
Vitamin C yang terdapat dalam jumlah besar dalam brokoli, ditambah dengan beta-karoten dan mineral lainnya, membantu dalam produksi sel-sel kulit baru yang sehat, menjaga elastisitas kulit, dan membuat Anda terlihat lebih segar dan muda.

Kentang

Kentang adalah makanan sumber karbohidrat yang tidak akan membuat Anda gemuk jika diolah dengan tepat. Kentang mengandung vitamin C dan potassium yang berperan dalam mencegah kerusakan sel, membantu pembentukan kolagen, dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Kentang juga mengandung zat yang disebut pati resisten, yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan membantu mengatur berat badan. Memasak kentang dengan cara direbus atau dikukus akan lebih bermanfaat daripada memasaknya dengan cara digoreng kering.

Jamur

Semua jenis jamur konsumsi mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Jamur dipercaya memiliki efek pada produksi estrogen, hormon yang berperan besar dalam beberapa kanker payudara.

Jamur mengandung antioksidan sebanyak yang ditemukan dalam wortel dan paprika, dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tambahkan jamur, misalnya jamur kancing, jamur kuping, atau jamur shiitake, ke dalam masakan sayuran Anda sehari-hari untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jamur.

Ikan

Ikan, khususnya yang berlemak seperti salmon dan tuna, adalah sumber nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Kaya asam lemak omega 3, vitamin D, dan DHA serta EPA, ikan berlemak berperan penting dalam menjaga kesehatan sel dan mencegah kondisi yang berkaitan dengan darah dan jantung.

Salmon secara khusus baik bagi ibu hamil, terutama jika Anda berada dalam trimester terakhir. Oleh karena kandungan asam lemak omega 3-nya yang sangat tinggi, salmon dapat mendukung perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Bagi wanita menopause, ikan berlemak dapat menjaga kadar estrogen dan mencegah resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here