14 Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat Berkilau Alami dari Dalam

0

Kebiasaan, gaya hidup dan faktor genetik dapat mempengaruhi kondisi kulit. Jika tidak dirawat dengan baik sangat mungkin kulit Anda akan menjadi kusam, kering atau bahkan mengalami kerusakan.

Di luar sana beredar berbagai macam kosmetik yang mengklaim produknya dapat membuat kulit menjadi sehat dan berkilau dengan harga selangit yang membuat Anda harus meremas kantong. Tapi, mengapa harus mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan serum atau lotion yang mahal sementara Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar melalui makanan sehat sehari-hari?

Melalui kandungan nutrisinya, makanan-makanan berikut ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, dan menjadikannya sehat berkilau:

# Pisang

makanan untuk kulit sehatPisang kaya akan Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin E dimana vitamin-vitamin tersebut memang dikenal sebagai agen anti-penuaan. Kombinasi nutrisi dalam buah pisang seperti serat tinggi, aneka mineral, khususnya magnesium dan kalium, dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, sehingga suplai nutrisi bisa mencapai kulit dengan sempurna, serta untuk membangun kekebalan tubuh.

Dibanding mengkonsumsi makanan-makanan ringan tidak sehat lebih baik mengalihkannya kepada buah yang satu ini.

# Tomat

Lycopene yang terkandung di dalam tomat merah atau tomat yang sudah matang dapat membantu meningkatkan kolagen (sejenis protein yang membantu mengencangkan dan meremajakan kulit) untuk melawan oksidasi dari sinar ultra violet dengan menghilangkan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

makanan alami kulit
Tomat sangat baik untuk membantu produksi kolagen.

Sebuah studi di British Journal of Dermatology mengungkapkan fakta bahwa 33 % partisipan yang mengonsumsi lima sendok makan pasta tomat setiap harinya lebih terlindung dari sengatan matahari daripada mereka yang tidak.

# Apel

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam apel, secara alami, dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. Apel juga membantu meminimalkan keriput serta garis-garis halus dan menjaga kesehatan pencernaan.

Selain dari dalam, Anda juga bisa menggunakan apel ini sebagai masker dengan mengoleskan jus apel yang telah dicampur dengan madu pada wajah Anda, tunggu hingga mengering biarkan beberapa saat baru kemudian bersihkan. Masker apel adalah masker wakah yang paling baik untuk menghidrasi wajah Anda.

# Wortel

Sayuran yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata ini ternyata juga baik pula untuk mengatasi kulit berjerawat. Kandungan beta-karoten dan vitamin A yang terkandung di dalam wortel merupakan sebuah antioksidan yang mampu mencegah kelebihan produksi sel di lapisan kulit terluar. Sehingga sel-sel kulit kulit mati yang menyumbat pori-pori di wajah akan terkelupas. Vitamin A juga sangat baik untuk mengurangi perkembangan sel-sel kanker.

makanan sehat untuk kulit
Kandungan C yang melimpah pada lemon sangat penting untuk kesehatan kulit.

# Lemon

Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan bersifat sebagai pemutih alami. Tidak mengherankan jika lemon banyak digunakan sebagai pembersih wajah, karena dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan noda, bekas jerawat, bintik-bintik serta warna kulit tidak merata.

Anda bisa membersihkan kulit Anda dari dalam dengan rutin mengkonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan sedikit jus lemon dan satu sendok teh madu.

# Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang dapat melindungi Anda dari Kanker dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Ternyata selain manfaat tersebut, rempah-rempah satu ini juga dapat melindungi kulit Anda karena kandungan antioksidan dan curcumin yang terdapat di dalam kunyit merupakan salah satu zat paling efektif untuk melawan radikal bebas di luar sana.

Sebuah studi di Onkogen juga mengungkapkan bahwa kunyit dapat digunakan untuk meringankan bercak pigmentasi gelap atau bekas luka yang disebabkan olh penuaan, ketidakseimbangan hormon ataupun akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: Khasiat dan mafaat kunyit.

# Jeruk

Seperti lemon, jeruk merupakan sumber makanan yang kaya akan Vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan tekstur kulit, menghilangkan noda dan memperlambat proses penuaan secara alami.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk yang sudah dikeringkan sebagai scrub alami yang bisa Anda gunakan seminggu satu sampai dua kali untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

# Ikan Salmon

Selain sebagai sumber makanan anti-inflamasi dan omega-3 terbaik, salmon juga mengandung dimethylaminoethanol (DMAE) yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda dengan melindungi integritas membran sel, memperkuat membran sel dari kerusakan yang menjadi penyebab utama penuaan dini.

DMAE juga membantu mencegah produksi asam arakidonat (AA), yang menyebabkan timbulnya kerutan-kerutan. DMAE bekerja sama dengan Vitamin B untuk meningkatkan kadar asetilkolin yang merupakan sebuah neurotransmitter yang berperan penting dalam membuat wajah Anda tampak kencang dan tegas.

# Pepaya

Salah satu buah tropis ini mengandung sejumlah enzim aktif seperti chymo-papain yang dapat digunakan untuk meredakan peradangan yang sering terjadi di kulit.

Sementara itu, enzim lain seperti papain juga dapat membantu menghilangkan noda dan bahkan mengobati jerawat hanya dengan mengoleskan kebagian wajah yang terdapat jerawat karena enzim ini dapat melarutkan lemak yang menyumbat pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Belum lagi, sebuah papaya yang sudah matang juga mengadung kolagen dan vitamin C yang tinggi.

# Paprika Kuning

Vitamin C sangat penting untuk pembentukan pertumbuhan sel kulit dan jaringan otot serta membangun protein kolagen yang memberikan kekuatan pada struktur kulit, tulang, otot dan tendon.

Paprika kuning ini merupakan salah satu sayuran yang tinggi kadar Vitamin C-nya. Sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa semakin kuning dan hijau sayuran yang di makan oleh peserta, semakin sedikit kerutan yang muncul.

# Telur

makanan untuk kulit cerah berkilauJangan biasakan untuk memilih-milih saat sedang memakan telur. Makan seluruh bagian telur baik itu bagian putih maupun kuningnya karena mereka sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit Anda.

Kuning telur kaya akan vitamin yang penting untuk sel agar berfungsi dengan tepat. Kuning telur juga mengandung Biotin yang disebut-sebut sebagai vitamin kecantikan. Vitamin B ini lebih dikenal sebagai penumbuh rambut dan memperkuat kuku. Namun penelitian juga menunjukan bahwa kuning telur membantu melindungi kulit dari jerawat, ruam bahkan kulit kering.

# Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang telah terbukti dapat melembabkan dan melindungi kulit dengan menurunkan risiko penuaan dini yang disebakan oleh radiasi ultraviolet.

Kandungan lemak potensial yang terdapat di dalam buah ini juga membantu Anda menyerap banyak vitamin yang larut dalam lemak untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

# Teh Hijau

Tahukah Anda secangkir teh hijau dapat membuat kulit Anda sehat dan bersinar? Teh hijau mengandung katekin, antioksidan dengan anti-inflamasi serta antikanker. Penelitian membuktikan bahwa minum 2 cangkir teh hijau dalam sehari tidak hanya mencegah kanker kulit, tapi juga membalikkan efek dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dengan menetralkan perubahan yang mucul pada kulit yang terpapar sinar matahari.

Tapi Anda juga harus berhati-hati agar tidak berlebihan saat mngkonsumsinya karena terlalu banyak kafein dapat menyebabkan dehidrasi yang justru bisa memberikan efek buruk terhadap kulit.

# Kelapa

Kelapa memang salah satu buah yang memiliki begitu banyak manfaat, yang salah satunya adalah sebagai perawatan kulit. Tidak ada yang terbuang saat Anda menggunakan kelapa untuk perawatan kulit.

makanan untuk perawatan kulit
Semua bagian dari kelapa sangat baik untuk perawatan dan keseahtan kulit.

Air kelapa penuh dengan kalium dan elektrolit yang dapat menghidrasi kulit Anda sehingga membuatnya menjadi lebih lembut dan tampak lebih muda. Sementara daging kelapa dan ekstrak minyaknya dapat digunakan untuk mengatasi masalah usus Anda. Karena minyak kelapa mengandung antimikroba yang kuat, serta asam kaprilat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dengan menghancurkan bakteri jahat dan candida.

Sementara Candida sendiri adalah jamur yang dapat memecah dinding usus dan menurunkan asam lambung serta menjadi penyabab utama terjadinya peradangan, pencernaan yang buruk dan juga jerawat.


Dengan mengkombinasikan berbagai macam makanan di atas dalam pola makan Anda sehari-hari, makan Anda bisa memiliki kulit yang sehat alami, serta membuatnya tampak cerah dan berkilau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here