7 Makanan Terbaik untuk Menghilangkan Bau Badan

Setiap orang pasti ingin memiliki aroma tubuh yang harum dan segar. Sayangnya, beberapa orang harus merasa tidak nyaman karena memiliki masalah dengan aroma tubuhnya yang kurang sedap.

Berbagai macam cara digunakan untuk dapat mengatasi masalah ini salah satunya dengan menyemprotkan parfum, menggunakan sabun mahal dan sebagainya.

Tapi tahukah Anda selain menggunakan parfum, skin care serta barang-barang pendukung lainnya, ternyata merawat tubuh agar tidak mengeluarkan aroma tidak sedap juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Makanan untuk Menghilangkan Bau Badan

makanan hilangkan bau badan

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau badan tidak sedap sekarang tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk membeli berbagai merk sabun mahal. Anda dapat menggunakan bahan makanan yang sering kita temui sehari-hari untuk mengatasai berbagai masalah bau badan yang tidak sedap.

Lalu, apa saja yang harus kita konsumsi dan hindari? Berikut kami hadirkan ulasannya untuk Anda.

1. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki sejuta manfaat, buah ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Hal itu dikarenakan kandungan asam yang terdapat pada Lemon dapat membunuh bakteri yang berasal dari keringat.

  1. Daun Petersli (daun sop)

Disamping penggunaannya sebagai bahan sup dan penghilang bau amis pada daging, petersli atau dalam bahasa Inggris disebut parsley juga cukup ampuh digunakan sebagai penghilang bau mulut dan bau badan. Cukup campurkan satu sendok makan petersli ke dalam air panas,  saring, tunggu beberapa saat kemudian segera minum. Anda juga dapat menggunakan campuran petersli dan air dingin sebagai obat kumur.

  1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang terkenal karena kaya dengan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi bau yang berasal dari mulut, badan, maupun kaki. Untuk mengkonsumsinya, yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan teh hijau dan madu ke dalam air panas. Diamkan beberapa saat, saring, dan minum selagi hangat. Anda bisa rutin meminumnya 3-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Tomat

Satu lagi buah yang sangat mudah didapatkan disekitar Anda, tomat ternyata memiliki kandungan yang  dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara penggunaanya pun mudah, cuci tomat hingga bersih kemudian Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung. Ada baiknya sebelum mandi, Anda dapat menggunakan parutan tomat sebagai lulur. Oleskan pada seluruh badan, tunggu hingga kering dan segera basuh dengan air.

  1. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt  secara rutin dapat membantu Anda menghilangkan bau badan yang membandel. Hal itu disebabkan karena kandungan mikroorganisme  dalam yogurt membabat habis racun dalam perut, sekaligus bakteri yang menyebabkan bau pada tubuh Anda.

  1. Teh Melati

Selain teh hijau, ternyata teh melati juga memiliki kandungan yang baik untuk menghilangkan bau tak sedap pada tubuh. Minumlah secangkir teh melati setiap pagi atau sebelum tidur. Maka tubuh anda akan terasa lebih rileks dan beraroma lebih segar dari biasanya.

  1. Wortel

Selain kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, meminum jus wortel dapat mencegah bau tubuh tidak sedap. Selain jus, Anda mencampurnya pada sup dan masakan lainnya.

Makanan yang Dapat Menyebabkan Bau Badan Tidak Sedap

Selain mengkonsumsi makanan-makanan diatas, ada baiknya apabila Anda juga menghindari beberapa makanan yang berpotensi membuat tubuh Anda berbau tidak sedap. Berikut  adalah makanan yang harus Anda kurangi dan hindari ;

  1. Daging

Apakah Anda pecinta makanan berbahan dasar daging segar? Sepertinya Anda perlu membatasi diri untuk mengkonsumsi daging dan Alangkah baiknya jika  mengkonsumsi daging tidak dalam jumlah yang banyak. Sebuah studi pada tahun 2006 meneliti bahwa pria yang puasa makan daging selama dua minggu memiliki bau tubuh yang lebih segar daripada biasanya. Disamping mencegah bau tubuh yang tidak sedap, mengurangi makan daging juga menjauhkan Anda dari resiko diabetes.

  1. Kubis

Salah satu sayuran yang akrab sebagai lalapan ini juga tidak direkomendasikan. Hal ini disebabkan karena kubis mengandung sulfur yang tinggi.

  1. Kopi

Apakah Anda termasuk pecandu kopi? Segera kurangi karena kafein yang terkandung dalam kopi membuat mulut semakin kering dan menyebabkan bau mulut. Anda bisa mengganti kopi dengan teh herbal yang beraroma wangi.

  1. Alkohol

Satu lagi minuman yang harus Anda hindari, Alkohol. Minuman jenis ini memiliki bau yang menyengat, tidak hanya berpengaruh terhadap tubuh namun juga mulut Anda. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan bau mulut.

  1. Junkfood

Junkfood memang murah dan enak. Untuk itulah sebagian orang memilih junkfood sebagai hidangan makan mereka. Namun, Anda harus tahu bahwa mengkonsumsi junkfood memiliki beberapa dampak buruk, salah satunya adalah dapat menyebabkan bau tubuh tidak sedap.

  1. Asparagus

Satu lagi sayuran yang perlu Anda hindari, asparagus merupakan salah satu sayuran yang dapat mempengaruhi bau pada urin Anda. Meskipun tidak berpengaruh langsung terhadap bau tubuh, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi asparagus dalam jumlah banyak.

7. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun begitu, ternyata ada pula sebagian orang yang memiliki bau tubuh tidak sedap setelah mengkonsumsi ikan. Hal tersebut dapat terjadi pada orang yang memiliki metabolisme tubuh yang unik. Sesekali coba Anda perhatikan setelah mengkonsumsi ikan, jika bau tubuh Anda mulai tidak sedap, ada baiknya Anda mengurangi mengkonsumsi makanan ini.

Nah, beberapa hal di atas adalah makan-makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan tidak untuk menghindari bau tubuh yang tidak sedap. Tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk membeli parfum, Anda bisa memanfaatkan hal-hal di atas dan mengkonsumsinya secara rutin.

Namun, perlu lagi diingat, pola Anda dalam menjaga kebersihan tubuh juga harus diperhatikan. Jika sudah memperhatikan keduanya, maka Anda akan terhindar dari bau tubuh yang tidak sedap.

2 KOMENTAR

  1. Punya ketiak dan badan berbau memang sangat risih. Tidak enak sama teman-teman. Saya pun pernah mengalaminya. Dulu, saya selalu pakai parfum. Ternyata, makanan juga bisa menyebabkan bau badan. Cara yang tepat tentu saja menghindari makanan penyebab bau badan. Ditambah mengkonsumsi makanan penghilang bau badan. Klop. Terima kasih atas informasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here