Makanan Terbaik untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar (Sembelit)

Susah buang air besar (BAB), sering juga disebut sembelit atau konstipasi, merupakan masalah yang umum. Sebagian orang bahkan menganggap masalah ini bukanlah masalah besar. Susah BAB lebih seringnya merupakan pertanda bahwa pola makan/diet anda membutuhkan lebih banyak serat atau fiber. Namun jika sembelit terjadi cukup sering, menimbulkan rasa sakit atau berdarah, sebaiknya periksakan ke dokter karena bisa jadi itu pertanda gangguan pencernaan yang lebih serius.

Orang dewasa rata-rata membutuhkan 25 hingga 30 gram perharinya. Jumlah tersebut sangatlah kecil, yang artinya sangat mudah untuk dipenuhi setiap harinya. Mengkonsumsi serat dan asupan air minum yang cukup akan membuat sistem pencernaan anda lancar dan bekerja dengan baik.

Makanan untuk mengatasi & mencegah sembelit (konstipasi)

Beberapa makanan berikut akan memberikan asupan serat tinggi bagi pencernaan anda, serta membantu mengatasi–sekaligus mencegah–masalah susah BAB secara alami.

mengobati sembelit secara alami
Beragam jenis kacang dan biji-bijian, tinggi serat dan baik untuk mengatasi susah BAB.

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Walaupun bentuknya kecil, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat yang sangat baik. Jenis makanan ini sangat mudah anda dapatkan. Terlebih lagi, kacang dan biji-bijian sering dijadikan bahan dalam sayur, seperti kacang merah, kacang panjang, lentil, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga kacang almond, kacang mente, kacang tanah/kulit, dan juga polong yang bisa dijadikan cemilan.

Anda mungkin sering menemukan referensi yang mengatakan bahwa kacang-kacangan justru dapat menyebabkan susah BAB/sembelit. Itu disebabkan karena anda tidak minum air yang cukup, untuk membantu memperlancar aliran serat di pencernaan. Menkonsumsi banyak serat tanpa minum air yang cukup justru dapat menyebabkan susah BAB.

Ubi jalar
Satu hal yang paling unggul dari ubi jalar adalah kandungan seratnya yang sangat tinggi, yang tentu dapat membuat pencernaan anda menjadi lancar. Selain mengandung serat tinggi, ubi juga mengandung beta-karotin dan vitamin A yang tinggi.

Direbus ataupun dibakar, dan dikonsumsi bersama kulitnya, anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya dari jenis umbi-umbian yang satu ini.

Buah apel dan pir
Memakan buah-buahan segar bisa membantu anda mengatasi sekaligus mencegah sembelit. Itu karena kebanyakan buah-buahan mengandung serat. Di antaranya yang baik untuk anda pilih adalah buah apel dan pir. Apel dan pir berukuran kecil hingga sedang dapat menyediakan setidaknya 3-4 gram serat untuk pencernaan anda.

Selain memperlancar sistem pencernaan, buah ini juga cukup ampuh untuk mengobati diare (diarrhea). Membantu melancarkan pembuangan kotoran dari sistem penceraan jika anda sembelit, dan membuat kotoran menjadi lebih padat ketika anda mengalami masalah diare.

Brokoli
Seperti halnya ubi jalar, brokoli juga merupakan sumber serat tinggi. Menyajikannya dalam menu makan anda, baik sebagai sayuran ataupun lalapan mentah, akan membantu mengatasi masalah susah BAB anda.

Di samping seratnya yang tinggi, brokoli merupakan makanan bernutrisi tinggi. Karenanya, jenis tanaman crucifera satu ini sangat baik jika dikonsumsi secara rutin, untuk mendapatkan ragam manfaat kesehatan seperti vitamin C tinggi, meningkatkan sistem imun, hingga mencegah kanker.

Aneka buah beri
Jenis buah-buahan beri umumnya adalah sumber serat yang baik, termasuk stroberi, bluberi, blackberry, dan juga raspberry. Semuanya mengandung serat yang cukup tinggi, serta rendah kalori.

Buah-buahan kering

mengatasi susah buang air besar / sembelit
Buah-buahan yang dikeringkan, membantu memperlancar sistem pencernaan. [szjeno09190/Pixabay]
Selain dalam bentuknya yang segar, buah-buahan yang dikeringkan juga termasuk sumber serat yang bagus. Kismis, kurma, buah ara, prun/prem, hingga pisang (yang dikeringkan hingga menyerupai keripik), adalah cemilan nikmat yang sekaligus berfungsi untuk mengatasi sembelit.

Oat dan gandum
Kedua jenis serelia ini adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat bagus, dan cukup populer untuk dijadikan menu sarapan pagi dalam bentuk cereal, bubur, ataupun dalam bentuk roti (gandum). Bernutrisi tinggi, memberi energi, serta mengandung serat tinggi, yang akan membantu memperlancar sistem pencernaan anda.

Oat dan gandum juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, hingga menyediakan antioksidan untuk tubuh.

Tips mencegah sembelit/susah buang air besar

Mencegah masalah susah BAB bukanlah hal yang sulit, karena sangat berhubungan dengan pola makan sehari-hari. Dengan sedikit mengubah pola makan sehari-hari anda bisa terbebas dari sembelit. Mengkonsumsi diet sehat dan seimbang, yang berarti menyertakan buah dan sayuran, serta minum air yang cukup, sudah cukup untuk memastikan sistem pencernaan anda bekerja sebagaimana mestinya.

Sesekali minum jus buah murni dan rajin beberapa makanan di atas juga disarankan untuk membantu anda mencegah masalah sembelit atau susah buang air besar.