Makanan Pembentuk Otot Tubuh untuk Pria

Membentuk perut dan tubuh yang berotot tidak hanya dilakukan di tempat fitness. Bahkan proses itu dimulai jauh sebelum anda bergabung menjadi anggota di pusat kebugaran. Pertumbuhan otot memiliki formula, yaitu kombinasi antara makan makanan tinggi energi, minum suplemen pendukung, serta latihan angkat beban.

Kombinasi yang tepat–dan seimbang–akan memberi stamina dan bahan bakar bagi anda untuk latihan, memperbaiki sel-sel otot dalam tubuh, hingga membentuk otot tubuh yang anda inginkan.

Nutrisi dan makanan untuk membentuk otot

Jenis-jenis makanan berikut ini akan sangat membantu dalam pertumbuhan dan pembentukan otot tubuh, tentu jika dipadukan dengan latihan beban yang tepat.

Buah-buahan dan sayuran

makanan untuk membentuk otot
Buah dan sayuran, elemen penting untuk membentuk otot tubuh. (girlliuxia/pixabay)

Bukan hal yang baru, bahwa buah dan sayuran adalah pondasi utama dalam semua jenis diet/pola makan sehat. Buah dan sayuran akan menyediakan serat, vitamin, mineral, serta suplemen penting lain untuk menunjang program “membentuk otot” anda. Di tambah lagi, sayuran mengandung sejumlah kecil protein.

Buah-buahan seperti nanas, semangka, jeruk bali, buah-buahan berri, hingga alpukat, sangat cocok untuk anda konsumsi sehari-hari.

Susu rendah lemak

Susu skim, atau susu rendah lemak, mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, susu skim juga merupakan sumber yang tinggi karbohidrat, kalsium, banyak vitamin esensial seperti vitamin D, dan juga kalium (potasium). Susu skim rasa cokelat adalah minuman pemulihan yang baik setelah anda melakukan latihan beban.

Telur

Telur mengandung semua jenis asam amino esensial, tepatnya pada bagian kuning telur. Satu atau dua butir telur rebus sehari sangat baik untuk program anda membentuk otot tubuh. Telur menyediakan protein tinggi untuk membentuk otot dan meregenerasi sel-sel otot.

Daging (lean/tanpa lemak)

Daging juga termasuk salah satu sumber terbaik protein, zat besi (untuk mengantar oksigen ke otot), serta beberapa jenis asam amino. Salah satu asam amino tersebut adalah leucine, yang menurut para ahli dapat memicu pertumbuhan otot tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan yang kaya protein, baik itu kacang tanah, polong, walnut, dan lainnya. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin, antioksidan, serat, and lemak sehat.

Biji-bijian

Jenis makanan biji-bijian adalah sumber karbohidrat yang baik, termasuk di dalamnya bulir gandum murni/utuh. Ditambah lagi, biji-bijian juga menyediakan sejumlah kecil protein untuk pembentukan otok, serat, vitamin dan juga antioksidan.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.