Pengen Berotot? Inilah Rekomendasi 5 Makanan Pembentuk Otot Tubuh

50

Untuk membentuk otot tubuh, latihan membentuk otot (misalnya dengan mengikuti fitnes di gym) secara rutin merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Latihan khusus secara rutin akan membantu membentuk otot dan menambah massa otot sesuai yang Anda inginkan.

Meskipun Anda berlatih keras secara rutin, Anda tidak akan berhasil apabila tidak dilengkapi dengan makanan atau suplemen pendukung. Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang dapat mendukung perkembangan otot tubuh.

Makanan yang Anda konsumsi sebagai makanan utama, atau cemilan setelah berlatih, mempunyai andil yang cukup besar dalam menambah massa otot dalam tubuh Anda. Massa otot inilah yang akan Anda bentuk melalui latihan.

Makanan Penambah Massa Otot

Untuk membentuk otot dan mengurangi lemak dalam tubuh, Anda harus mengikuti pola diet yang cukup ketat. Selain itu Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat, dan lemak yang sehat.

Nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot adalah magnesium, potassium, copper, selenium, kalsium, zat besi dan berbagai macam vitamin.

Untuk membantu Anda mewujudkan tujuan, berikut adalah rekomendasi makanan pembentuk otot yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin.

1Telur

Putih telur mengandung protein, dan merupakan salah satu makanan terbaik untuk membentuk otot tubuh. Pada dasarnya, putih telur memiliki protein tinggi yang mengandung sembilan asam amino penting yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemulihan dan pembentukan otot dalam tubuh. Telur juga sumber yang baik untuk kalsium, zinc dan zat besi.

Kuning telur kaya akan berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K dan beberapa kandungan dari vitamin B seperti B12, riboflavin dan asam folat. Semua nutrisi tersebut penting untuk mempercepat metabolisme tubuh dan mengubah lemak menjadi energi.

Memakan telur satu atau dua kali sehari akan menambah massa otot dan menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa memasak telur dalam berbagai macam cara, namun cara yang paling digemari adalah merebus telur.

2Dada Ayam

Makanan lain yang sangat bagus untuk membentuk otot tubuh adalah dada ayam.

Dada ayam merupakan sumber utama protein lean (tanpa lemak) yang dapat dengan mudah memperbaiki lapisan-lapisan otot dan sel-sel yang rusak lainnya setelah melakukan latihan berat.

Dada ayam juga merupakan sumber nutrisi pendukung lainnya seperti niacin, vitamin B6, zat besi, selenium dan zinc.

Dada ayam panggang merupakan makanan pilihan terbaik untuk memperoleh protein tanpa lemak dalam proses pembentukan otot tubuh anda. Pastikan Anda memakannya tanpa menyertakan kulit ayam.

3Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang bagus untuk mmbentuk otot tubuh. Susu memiliki dua protein yang sangat bagus untuk tubuh, yaitu Whey dan Casein.  Whey dengan cepat larut dalam asam amino dan diserap oleh aliran darah dalam tubuh. Casein dicerna secara lambat oleh tubuh, dengan kata lain dapat memberikan asupan protein secara berkala dalam periode yang lama.

Susu juga disertai dengan kandungan vitamin dan mineral, karnohidrat yang baik untuk tubuh, dan lemak yang dibutuhkan tubuh anda utuk membentuk otot. Selain itu, susu membantu memulihkan keringat yang hilang dalam tubuh saat anda latihan, sehingga mencegah tubuh anda dari dehidrasi.

Minumlah segelas susu setelah anda berlatih. Penelitian menganjurkan untuk meminum susu coklat setelah anda berlatih karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang seimbang.

Terdapat banyak produk susu yang diperkaya protein dan lemak sehat, yang memang khusus untuk menunjang pembentukan otot tubuh.

Baca juga: Rekomendasi susu terbaik untuk menambah berat badan

4Salmon

Ikan salmon dianggap sebagai salah satu makanan paling baik dalam pembentukan otot tubuh. Salmon bisa membantu tubuh anda dalam pembentukan otot dan pembakaran lemak karena terdapat kandungan unik omega-3, EPA, DHA, Vitamin B dan protein dengan kualitas yang baik.

Ikan salmon juga memliki nutrisi seperti magnesium, selenium, kalsium dan zat besi yang bisa membantu pembentukan, perbaikan dan pemulihan otot tubuh.

Makanlah beberapa ikan salmon beserta sayuran hijau sehat setidaknya dua kali dalam seminggu. Jika memungkinkan, makanlah ikan salmon yang diambil dari alam liar, karena mengandung protein lebih tinggi.

5Biji Gandum

Biji gandum memiliki protein yang tinggi dan rendah kalori. Biji gandum adalah makanan yang ideal untuk pembentukan otot tubuh.

Protein pada biji gandum memiliki sembilan asam amino esensial, yang merupakan protein lengkap untuk membantu pembentukan dan perbaikan otot.

Biji gandum juga kaya akan kandungan fiber, ribloflavin, vitamin E, zat besi, potassium, phosphorus, magnesium, folic dan beta carotene.

Belum lagi kandungan ecdysteroids yang ada dalam biji gandum membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi massa lemak. Biji gandum juga bebas dari gluten dan kolesterol.

Ikuti kami di Facebook dan Twitter untuk mendapatkan berbagai update mengenai kesehatan di sosial media.