7 Makanan Sehat untuk Mengatasi Ketombe Secara Alami dari Dalam

Ketombe merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari karena, selain rasa gatal di seluruh kulit kepala, juga dapat menurunkan rasa percaya diri bagi sebagian penderitanya.

Ketombe disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kulit kepala kering, stress, peralatan rambut, masalah sampo dan penyakit kulit seperti psoriasis dan eczema.

Penderita akan merasa kering dan gatal pada bagian kulit kepala, belum lagi apabila serpihan putih dari ketombe sudah mulai tampak disekitar rambut atau berjatuhan disekitar pundak, tentu saja ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan membuat si penderita merasa malu.

Cegah dan Lawan Ketombe dari Dalam Secara Alami

Mungkin sebagian dari anda telah mencoba berbagai cara seperti menggunakan shampoo anti ketombe, perawatan salon, bahkan obat-obatan tertentu untuk mengobati masalah ketombe Anda, tapi tetap tidak mendapatkan hasil yang positif.

Baiklah, kini saatnya kita mengobati masalah ketombe tersebut secara alami.

Sebenarnya asupan makanan yang sehat dapat membantu Anda mencegah timbulnya ketombe. Untuk itu Anda perlu memasukan beberapa jenis makanan-makanan berikut ini sebagai obat anti ketombe paling baik yang diberikan oleh alam.

Makanan-makanan yang memiliki kemampuan untuk mengatasi ketombe secara alami, antara lain:

1. Bawang putih

Sejak zaman dulu, bawang putih telah digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Telah terbukti efektif untuk memberikan kemajuan pada kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Obat herbal yang sangat baik untuk ketombe, bawang putih mengandung senyawa Alicin dengan konsentrasi tinggi. Allicin merupakan senyawa anti-jamur alami yang dapat membantu dalam menyingkirkan ketombe. Dapat digunakan sebagai makanan, atau dapat diterapkan pada kulit kepala Anda sebagai pengobatan untuk ketombe.

Cukup hancurkan bawang putih mentah dan biarkan selama beberapa menit, lalu menerapkannya dikulit kepala Anda. Bagi yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk mencairkan bawang putih sebelum mengaplikasikannya pada kulit kepala anda.

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan terbaik yang dapat anda tambahkan kedalam makanan anda jika anda peduli terhadap ketombe. Biji bunga matahari telah dikemas dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan, juga untuk rambut bebas ketombe.

Biji bunga matahari merupakan sumber zinc yang membantu mengontrol produksi sebum. Juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B6 (pyridoxine), yang mampu menyediakan 31% dari asupan vitamin B6 harian yang disarankan hanya dengan satu cup takaran.

Vitamin B6 sangat penting untuk penyerapan zinc dari usus, bersama-sama dengan vitamin B kompleks lainnya, memainkan peran penting dalam proses metabolisme. Penelitian menyatakan bahwa metabolisme yang tidak efisien mungkin menjadi salah satu penyebab ketombe.

3. Jahe

Jahe, termasuk kedalam salah satu bumbu-bumbuan tertua didunia, diketahui telah digunakan di dataran China sejak tahun 400 sebelum masehi. Selama ratusan tahun, jahe telah digunakan untuk membantu dalam pencernaan lemak makanan dan protein, dan melancarkan saluran pencernaan.

Efek ini telah terbukti sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki ketombe karena disebabkan oleh pencernaan yang tidak tepat. Selain itu, jahe dapat membantu melawan ketombe kerena kuatnya sifat anti-jamur dan anti-bakterinya.

4. Kacang polong

Kacang polong adalah makanan yang sangat serbaguna. Kacang polong telah menjadi bahan baku dalam santapan orang India dan Timur Tengah dan termasuk bahan utama dalam hidangan seperti falafels dan hummus.

Kacang polong juga termasuk makanan yang baik untuk ditambahkan kedalam daftar makanan Anda jika Anda menderita ketombe, karena mengandung dua nutrisi kunci yang diperlukan untuk memerangi ketombe, yaitu vitamin B6 dan zinc.

Jika Anda bukan pecinta kacang polong, cukup membuat pasta dari tepung kacang polong, dadih dan air, dan menerapkannya pada kulit kepala Anda. Cuci bersih setelah beberapa waktu.

5. Gandum

Gandum adalah makanan yang sangat baik untuk dimasukkan kedalam menu makanan anda jika anda memiliki ketombe. Cukup tambahkan gandum kedalam milkshakes, roti ataupun sereal anda.

Gandum merupakan sumber vitamin B6 (pyridoxine) yang tinggi. Hanya dengan secangkir minyak mentah gandum akan menyediakan 75% asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin B6. Juga merupakan sumber yang baik bagi kelompok vitamin B lainnya, termasuk juga zinc.

6. Pepaya

Disebut sebagai “buah dari malaikat” oleh Christopher Colombus, pepaya adalah pembangkit gizi dan makanan yang baik untuk dimasukan ke dalam menu makanan Anda jika Anda peduli dengan kesehatan.

Pepaya juga mengandung papain, enzim yang unik yang dikenal untuk membantu dalam proses pencernaan protein. Oleh karena itu, pepaya sangat baik bagi Anda yang mengalami masalah ketombe yang diakibatkan oleh pencernaan yang buruk.

Senyawa papain lebih terkonsentrasi dalam papaya muda yang masih hijau daripada papaya matang.

7. Apel

Selain mengandung vitamin dan nutrisi tinggi yang sangat diperlukan tubuh, apel juga bisa membantu Anda mengatasi ketombe. Banyak ahli yang menyepakati bahwa apel dapat membantu melawan ketombe secara alami dari dalam tubuh.

So, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin, baik dalam bentuk apel segar, salad, maupun jus.

Sebagai tambahan untuk membantu mengatasi ketombe adalah, hindari makanan berminyak, makanan berlemak dan juga cokelat. Dan semoga, masalah ketombe Anda bisa segera teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here