Vitamin E adalah sebutan umum untuk “tocopherol” dan terdiri atas empat bentuk berbeda. Manfaat sehat vitamin E berasal dari kandungan antioksidannya, antara lain:

  • Melindungi tubuh dari toksin (polusi udara, dsb.)
  • Mengusir radikal bebas dari tubuh, meningkatkan imun tubuh, dan mencegah kanker
  • Mencegah gangguan mata (katarak, dsb.)
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Sangat baik untuk kulit, mempercepat penyembuhan luka dan jerawat, anti-aging.

Sumber Vitamin E Terbaik dari Makanan

Setelah mengetahui betapa pentingnya manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan, maka kini saatnya kita membahas lebih detail mengenai makanan tinggi vitamin E apa saja yang perlu dikonsumsi sehari-hari.

Makanan yang mengandung vitamin E tinggi antara lain:

1. Kacang almond

sumber vitamin e
Kacang almond, sumber vitamin e tinggi.

Kacang berukuran cukup besar (dibanding kacang lainnya) ini ternyata merupakan sumber vitamin E andalan. Dalam 28 gr almond terkandung 7,4 gr vitamin E dimana jumlah ini cukup untuk memenuhi 27% dari kebutuhan harian kita (AKG).

Tak harus berupa produk kacangnya, Anda juga bisa memperoleh vitamin E melalui susu atau minyak almond. Namun dari semua olahan yang disebutkan, yang paling disarankan adalah kacang almond mentah.

2. Biji-bijian

Sumber makanan mentah lain yang juga tinggi kandungan vitamin E-nya adalah biji-bijian seperti biji bunga matahari, labu, maupun wijen. Faktanya, hanya dengan mengonsumsi 30 gr biji-bijian tersebut saja sudah bisa memenuhi 90,5% AKG vitamin E. Luar biasa!

3. Bayam

Sayuran yang menjadi populer di kalangan anak-anak karena disukai tokoh kartun Popeye ini tak hanya layak dijadikan sumber kalsium, namun juga folat, dan tentunya, vitamin E. Dengan mengonsumsi 225 gr sayur bayam rebus saja, sudah bisa memenuhi 20% AKG vitamin E.

4. Wheat germ (inti benih gandum)

Kebanyakan minyak dari biji-bijian sebenarnya kaya akan vitamin E. Namun minyak terbaik yang berlimpah kandungan vitamin E-nya bisa didapatkan dari minyak inti benih gandum (wheat germ oil). Alasannya, hanya dengan mengonsumsi 1 sdm minyak ini saja sudah bisa memenuhi 100% AKG vitamin E.

Namun kalau sulit untuk mendapatkannya, Anda bisa menggantinya dengan minyak biji bunga matahari, kelapa, biji kapas (5 mg vitamin E), atau zaitun. Dalam memilih produk minyaknya, Anda disarankan memilih yang organik.

5. Hazelnut (kacang hazel)

Selain almond, hazelnut juga dipadati oleh vitamin E yang sanggup memenuhi 20% AKG untuk tiap sajian 28 gramnya.

6. Alpukat

Buah satu ini tak hanya kaya folat sehingga baik untuk ibu hamil, namun ½ buahnya saja sudah mengandung lebih dari 2 mg vitamin E.

7. Brokoli

Selain masuk dalam jajaran makanan tinggi protein, brokoli juga unggul dari segi kandungan vitamin E-nya yang mampu memenuhi 4% AKG (untuk tiap 225 gramnya).

8. Peterseli (daun sup)

makanan vitamin eLebih dari sekedar pemanis sajian sup, salad, atau hidangan lainnya, ada kandungan vitamin E tersembunyi dalam peterseli.

9. Buah zaitun

Tak hanya minyaknya, namun buah zaitun juga unggul soal kandungan vitamin E-nya. Setiap 225 gr buah zaitun mampu memenuhi 20% AKG vitamin E.

10. Pepaya

Buah yang kandungan vitamin C-nya lebih banyak ketimbang jeruk ini ternyata juga kaya vitamin E (17% AKG per 1 buah) sehingga membuatnya cocok menjadi salah satu buah yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

11. Kacang-kacangan

Selain almond dan hazelnut, 28 gr sajian kacang-kacangan lain yang juga mengandung vitamin E antara lain seperti pistachio (3% AKG) dan kacang kenari (2%).

12. Udang

Ya, penggemar seafood pasti merasa terhibur saat mengetahui bahwa udang tak hanya tinggi kandungan proteinnya, namun juga vitamin E (2,2 mg/ 100 gr).

13. Ikan

Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin E dengan mengonsumsi 85 gr porsi ikan hering (6% AKG) dan salmon (5%).

14. Kiwi

Kiwi tak hanya unggul soal kandungan vitamin C-nya saja namun vitamin E-nya juga (1,5 mg/ 100 gr). Selain kiwi, buah lain yang tinggi vitamin E-nya adalah blackberry (8% AKG), mangga (7%), peach (7%), aprikot (7%), mulberry (6%), jambu biji (6%), dan raspberry (5%).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here