10 Makanan Tinggi Lemak yang Ternyata Sangat Menyehatkan

Sudah sejak lama lemak menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang karena diduga menjadi penyebab utama meningkatknya berat badan. Hal tersebut membuat banyak orang khawatir untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak dan lebih memilih makanan yang mengandung gula, karbohidrat olahan dan makanan olahan sebagai penggantinya.

Padahal, justru makanan-makanan tersebutlah yang membuat Anda menjadi gemuk dan tidak sehat. Namun sekarang Anda tidak perlu takut lagi karena sudah ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa lemak, termasuk lemak jenuh tidak sejahat yang Anda bayangkan.

Berikut ini adalah 10 makanan-makanan tinggi lemak yang sebenarnya sangat sehat dan bergizi:

Dark chocolate

Coklat batangan berwarna hitam pekat yang biasa disebut dark chocolate ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi dengan kandungan lemak berkisar 65 persen dari total kalori yang dihasilkan. Dark chocolate mengandung 11 persen fiber dan lebih dari 50 persen besi, magnesium, tembaga dan mangan.

Lebih dari itu, dark chocolate juga kaya akan antioksidan melebihi blueberry. Antioksidan tersebut dapat menurunkan tekanan darah serta melindungi kolesterol LDL dalam darah sehingga tidak teroksidasi.

Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi lima atau lebih dark chocolate dalam satu minggu dapat mengurangi resiko meninggal karena penyakit jantung. Studi lain juga mengatakan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi kulit dari kerusakan saat terpapar sinar matahari.

Jadi, dark chocolate memang tinggi lemak tetapi kaya akan nutrisi dan antioksidan sehingga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Pastikan untuk mendapatkan dark chocolate dengan kualitas yang baik untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Alpukat

manfaat alpukatAlpukat berasal dari Meksiko antara 7000-5000 SM. Dikenal sebagai “buah kesuburan” oleh suku Aztec. Alpukat memang berbeda dengan kebanyakan buah lainnya, jika sebagian besar buah mengandung karbohidrat, buah alpukat sarat akan lemak.

77 persen bagian dari buah alpukat merupakan lemak dan kalori. Hal inilah yang membuat buah ini mengandung lebih tinggi lemak dibandingkan kebanyakan makanan hewani lainnya.

Meskipun mereka tinggi lemak dan kalori sebuah studi menunjukan bahwa orang yang makan alpukat cenderung mengalami pengurangan berat badan dan lemak di perut dibandingkan mereka yang tidak.

Alpukat juga merupakan salah satu sumber terbaik dari kalium untuk diet, bahkan mengandung 40% lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Selain itu, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat yang kaya akan serat dan potassium juga dapat menurunkan kolesterol dan terbukti memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan jantung karena mengandung lebih dari 75 persen lemak tak jenuh yang baik untuk jantung.

Jadi Anda hanya butuh satu atau dua ons buah alpukat yang setara dengan 50 hingga 100 kalori untuk mendapatkan semua nutrisi yang terdapat dalam di dalamnya.

Keju

Keju tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa dalam suatu makanan, namun ternyata di dalamnya juga terkandung begitu banyak nutrisi. Keju adalah produk turunan susu, dan merupakan sumber terbaik penghasil kalsium, vitamin B12, phosphorus, selenium dan beberapa nutrisi lainnya.

Selain itu keju juga kaya akan protein. Dalam satu helai keju terdapat 6,7 gram protein yang setara dengan segelas susu. Sama halnya dengan produk-produk tinggi lemak lainnya, keju juga mengandung asam lemak yang memberikan beberapa kuntungan salah satunya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber terbaik untuk vitamin A dan protein. Selain itu ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3, protein berkualitas tinggi serta nutrisi-nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan cenderung lebih sehat karena mengurangi risiko terkena penyakit jantung, depresi, demensia dan beberapa penyakit umum lainnya. Ikan-ikan berlemak seperti salmon memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

Telur

Sepertinya Anda harus menghentikan kebiasaan menyisihkan kuning telur saat makan telur. Banyak orang sengaja menyisihkan kuning telur saat sedang memakan telur karena mengira kuning telur tinggi kolesterol dan lemak.

Sebuah studi menyatakan bahwa kolesterol yang terkandung di dalam telur tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah. Selain itu, dalam satu telur utuh mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, telur juga mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi mata dan kaya akan kolin yang merupakan nutrisi untuk otak.

Minyak zaitun

minyak olive zaitunMinyak zaitun tinggi akan lemak tak jenuh yang terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol. Minyak zaitun, khususnya ekstrak minyak zaitun murni, telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung vitamin E dan K serta antioksidan yang kuat.

Antioksidan tersebut dapat melawan peradangan dan membantu melindungi partikel LDL dalam darah sehingga tidak teroksidasi. Selain itu minyak zaitun jenis ini juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan penanda kolesterol dan berbagai manfaat lain yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Kacang almond

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang tinggi lemak dan juga tinggi serat. Kacang-kacangan juga tinggi vitamin E dan magnesium. Dan salah satu jenis terbaik dari kacang-kacangan adalah kacang almond.

Dalam satu ons kacang almond, terkandung 160 kalori, 14 gram lemak tak jenuh, dan 6 gram protein. Kacang ini juga termasuk sumber antioksidan terbaik dari vitamin E, termasuk fiber, phosphorus, magnesium, dan puluhan mineral lainnya.

Yogurt

Yogurt yang penuh dengan lemak ini ternyata juga baik untuk kesehatan. Ia memiliki semua nutrisi penting yang setara dengan produk susu tinggi lemak lainnya. Selain itu yogurt juga mengandung bakteri probiotik yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Seperti yang disebutkan dalam sebuah studi, yogurt berpengaruh besar terhadap kesehatan pencernaan serta membantu melawan penyakit jantung dan obesitas.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan membeli yogurt yang memang banyak mengandung lemak karena kebanyakan yogurt-yogurt yang dijual dipasaran lebih banyak mengandung gula dibandingkan lemak.

Selai kacang

Selai kacang adalah sumber lemak sehat yang bisa Anda konsumsi kapan saja, dan merupakan teman yang paling cocok untuk roti. Oleskan satu sendok di pagi hari saat sarapan, dan dapatkan semua manfaat sehat yang bisa Anda dapat dari kacang-kacangan.

Pilih selai kacang yang alami, untuk memperoleh kalori, lemak sehat, dan protein. Termasuk juga vitamin E dan B3 di dalamnya.

Minyak kelapa

Seperti yang Anda ketahui bahwa kelapa dan minyak kelapa merupakan sumber makanan penghasil lemak jenuh terbaik di bumi ini. sekitar 90 persen asam lemak yang terdapat di dalamnya merupakan lemak jenuh.

Lemak yang terdapat di dalam minyak kelapa sebenarnya sedikit berbeda dengan kebanyakan lemak lainnya. Sebagian besar minyak kelapa terdiri atas asam lemak rantai menengah.

Studi menunjukan bahwa lemak rantai menengah dapat menekan nafsu makan sehingga membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori dan dapat meningkatkan metabolisme hingga 120 kalori per harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here