10 Makanan untuk Menambah Berat Badanmu

Sementara sebagian besar orang ingin menurunkan berat badannya, sebagiannya lagi justru ingin menambah berat badan. Hal ini tentu bisa membuat kelompok pertama ‘cemburu’. Namun jangan salah, karena bagi mereka yang kurus, program ini bisa jadi sebuah tantangan berat tersendiri.

Tanpa alasan medis, orang yang kurus memiliki sistem metabolisme yang cepat, sehingga terkadang sangat sulit bagi mereka untuk meningkatkan berat badannya.

Banyak alasan mengapa seseorang ingin menambah berat badan, mulai dari untuk memperbaiki penampilan, meningkatkacan kepercayaan diri, memperbesar otot tubuh, hingga alasan kesehatan.

Memang benar bahwa minuman soda yang mengandung banyak gula dan berbagai junk food akan menambah berat badan, namun tentu tidak baik bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Cara terbaik menambah berat adalah dengan makan secara alami –dan sehat, serta memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Berikut ini adalah 10 makanan yang akan dapat menambah berat badanmu secara sehat.

1. Daging Merah

Jika anda ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi. Anda membutuhkan kandungan tinggi lemak dalam setiap potongannya.

Selain itu, ada juga iga, sosis sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini tinggi akan kolesterol, dan cocok untuk kebutuhan anda.

2. Susu Sapi

Gantilah susumu dengan susu sapi murni. Terlebih bagi anda yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Anda membutuhkannya untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D.

Untungnya anda bisa menggunakan susu dengan banyak cara seperti mencampurnya dengan sereal, oatmeal, ataupun dalam bentuk segelas susu untuk diminum. Jika anda terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi murni sebagai creamernya.

3. Selai Kacang

Selai kacang adalah sumber protein dan lemak yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menambah berat badan. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein.

Selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E dan juga vitamin B3. Anda bisa menikmatinya bersamaan dengan roti di pagi dan sore hari.

tambah berat badan selai kacang
Selai kacang, lezat dan sehat. Baik untuk menambah berat badan.

Ketika memilih produk selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, tanpa kandungan gula tinggi dan berbagai bahan tambahan lainnya. Pelajari kandungannya pada label/kemasan produk sebelum Anda membelinya.

4. Buah-Buahan Tropis

Hidup di negara tropis seperti Indonesia, rugi kalau tidak mengeksploitasi berbagai buah tropis yang sangat baik untuk menambah berat badan. Sebut saja pepaya, mangga, pisang, dan nanas, yang memiliki kandungan tinggi gula alami. Buah-buahan ini juga akan memberimu energi lebih setiap hari.

Tambahkan sebanyak mungkin buah dalam pola makanmu sehari-hari. Tidak perlu khawatir, karena tidak ada orang yang menjadi terlalu gemuk karena mengkonsumsi buah-buahan.

5. Alpukat

Buah hijau yang populer ini sangat baik untuk menambah asupan lemak sehat ke dalam tubuh anda. Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B.

Anda bisa menikmatinya sebagai campuran dalam salad atau dibuat jus segar murni. Nikmat dan sehat, bukan?

6. Roti Gandum

Rajin mengkonsumsi roti sangat bagus sebagai permulaan untuk menambah berat badan secara sehat. Khususnya roti gandung murni. Berbeda dengan potongan roti tawar putih yang biasa kita makan, roti gandum lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya.

Roti gandum mengandung serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak dimiliki roti tawar biasa. Kelebihan ini akan membuat anda kenyang lebih lama dan energi yang lebih banyak, di samping lebih sehat untuk pencernaan.

7. Mentega

Tidak ada yang lebih nikmat selain mentega untuk masakan. Membuat hidangan lebih berkalori dan lebih nikmat tentunya. Mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yang tinggi, sehingga anda bisa menggunakannya setiap ada kesempatan.

Mulailah menggunakan mentega sebagai atasan pada roti atau untuk menggoreng telur saat sarapan pagi jika anda ingin menambah berat badan lebih cepat.

8. Kacang-Kacangan

Kacang adalah camilan yang sangat baik untuk menambah berat badan anda. Kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Walaupun terdapat banyak macam kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, namun hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan anda.

Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain itu ada kacang tanah, kacang hijau, polong, dan lain sebagainya.

makanan penambah berat badan

9. Keju

Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempat. Anda hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai hidangan. Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu.

Jadikan keju sebagai isi roti anda atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya–dalam bentuk keju lapis atau batangan–langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi protein.

10. Kentang

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, yang pertama dihindari adalah karbohidrat. Berbeda dengan anda yang ingin menambah berat badan, justru harus menambah karbohidrat dalam pola makan anda.

Kuncinya adalah memilih jenis karbohidrat yang memiliki nilai nutrisi. Kentang adalah pilihan sempurna, karena mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang melimpah.

Makanlah kentang dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Ketika kentang telah dikupas, proteinnya akan berkurang lebih dari setengahnya. Cara yang sederhana adalah dengan membersihkan dan merebus kentang, maka anda dapat mengkonsumsinya buah kentang yang ‘utuh’ begitu mereka telah masak.


Di samping asupan makanan yang sehat dan tepat, olahraga juga akan membantu anda meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Mengikuti program fitness atau kebugaran dan angkat beban juga dapat membantu membentuk otot tubuh dan memberikan ruang untuk protein yang masuk ke dalam tubuh anda.

112 KOMENTAR

  1. Loh ternyata yang selama ini orang kira bahwa Alpukat mampu mengecilkan perut malah jadi sebalik nya ya. Saya bahkan baru menyadari setelah membaca artikel ini. Terimakasih banyak atas informasi nya ya

  2. Supaya badan cepat gemuk, ya makan yang banyak saja. Porsi makannya diperbanyak. Lawan dari mereka yang ingin menurunkan berat badan, yaitu makan dengan porsi kecil (separo dari porsi biasa). Biar makan hanya 3 kali sehari, tetapi dengan porsi besar, akan membuat badan cepat gemuk.
    Selain itu, setelah makan malam cepat tidur. Biar makanan yang dikonsumsi tak seluruhnya bisa dicerna oleh pencernaan, tetapi menjadi lemak yang bisa membuat badan gemuk.
    Sering ngemil juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan berat badan. Sebentar-sebentar ngemil. Pilih ngemil yang gurih, manis dan banyak lemak. Nanti akan cepat gemuk.

  3. Saya mau bertanya nih TB sya 140,BB 40 Selama saya sklh dari smk berat badan sya turun ngak mau naik padahal wktu smp berat badan saya gemuk bagaimana???
    Makan tdr sdh ngemil sama olahraga tpi kok badan saya ngak naik2 bgitu trus

    • Kurus asal sehat lebih baik baik, tapi jika memang ingin menambah berat badan, pastikan untuk menghindari penumpukan lemak, beberapa orang berniat menambah berat badan tapi justru penyakit yang datang karena adanya penumpukan lemak akibat tidak memperhatikan kesehatan.

  4. Nama saya Saras, saya baru memasuki 18 th. Saya memiliki tinggi badan 161 cm, dan berat badan 40 kg. Saya ingin mencapai berat badan yang ideal, saya akan mencoba cara cara tersebut. Semoga memberikan manfaatnya dan hasil yang baik bagi saya

    • mbak saras, coba hitung berat badan anda dengan rumus Bocha untuk wanita

      Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

      Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm

      (167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56.5 Kg

      Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg
      NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersebut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

      Lalu coba hitung kebuthan kalori harian anda, jika berat badan anda sekarang lebih rendah dari BB ideal maka harus menambah pasokan kalori sebesar 500-1000 kalori perhari, begitupun sebaliknya.
      yang peling penting terapkan pola hidup sehat dan seimbang dan olahraga rutin.

  5. Jangan hanya di tinjau dari segi makanan saja, tapi banyak faktor laen yg harus di penuhi supaya berat badan bertambah., seperti pikiran jangan stress, tidur yg teratur, makan teratur, olah raga teratur, banyak cemilannya dan lain sebagainya…
    Tapi jangan salahh broe…, Orang kurus itu justru lebih aktif ketimbang orang gemuk yg suka tidur bermalas malasan melulu..,

  6. Umur Saya 23th, tinggi Saya 177cm berat badan 50kg.. Saya sudah sering makanan yg mengandung lemak banyak.. sering banyak makan, akan tetapi tetap kurus. bahkan pergelangan tangan Saya kurus
    Saya jadi tidak PD., kaki bagian bawah kurus…

    bagaimana tips nya, tolong share !!!

    Thank’s

    • Naik berat badan ada 2 hal
      1.cara sehat
      Kadar air dan kadar otot semakin meningkat
      Kadar lemak berkurang

      2.cara tidak sehat
      Kadar air tetap atau berkurang,
      Kadar otot berkurang
      Kadar lemak semakin meningkat

      More info
      Isma
      Wa.0858.4383.8768
      Bbm D494936F

  7. AKU MEMILIKI TINGGI 162CM,TETAPI BERAT BADAN SAYA 30 KG SAJA. BAGAIMANA SAYA BOLEH MENAMBAHKAN BERAT BADAN SAYA. SAYA MAKAN APA-APA PUN SAMA JUGA BERAT BADAN SAYA.SILA BAGI I TIP UNTUK MENAMBAHKAN BERAT BADAN SAYA.

  8. Selama ini aku udh berusaha nambahin berat badan,tp gagal trus. Hri ini aja beratku turun jd 39kg dgn tinggi badan 157cm,please kasih tips2 yg banyak yaa biar aku cpt dpt berat bdan ideal,mumpung aku masih usia pertumbuhan

  9. Aku memiliki tinggi 170 cm, namun berat badanku tidak ideal yaitu 48 kg. Dulu berat badanku cuma 45 kg/ 45 kg. Namun sekarang sudah naik menjadi 48 kg. Saya merasa agak susah menaikkan berat badan menjadi 60kg/65 kg biar badan bagus dan terlihat ideal. Cara2 diatas akan saya coba terutama mengkonsumsi susu sapi murni sebelum tidur, minum jus apukat…..

    • Menambah berat badan, dalam artian untuk mendapatkan berat badan yg ideal (sehat), tidak memandang usia. Berat badan yang sehat adalah untuk siapa saja, agar kondisi badan dan metabolisme tubuh tetap normal.

  10. Ane seorang ibu, 34 th.BB ane 50kg dg tinggi 168cm. Ane kagak paham idealnye kudu brp bobot ane, yg jelas ane pengen nambah 6-10 kg lg gmna caranye ye gan? Masalahnye selera makan ane yg kumat kumatan.. Bs gak ye gan dibantu vitamin atau apa kek yg bkin selera makan stabil? Thanks before ats pnjlasannye gan. ^_^

LEAVE A REPLY