10 Makanan untuk Menambah Berat Badanmu

Sementara sebagian besar orang ingin menurunkan berat badannya, sebagiannya lagi justru ingin menambah berat badan. Hal ini bisa membuat kelompok pertama ‘cemburu’. Namun bagi mereka yang kurus, program ini bisa jadi sebuah tantangan tersendiri. Tanpa alasan medis, orang yang kurus memiliki sistem metabolisme yang cepat, sehingga terkadang sangat sulit bagi mereka untuk meningkatkan berat badannya.

Banyak alasan mengapa seseorang ingin menambah berat badan, mulai dari untuk memperbaiki penampilan, meningkatkacan kepercayaan diri, memperbesar otot tubuh, hingga alasan kesehatan.

Memang benar bahwa minuman soda yang mengandung banyak gula dan berbagai junk food akan menambah berat badan, namun tentu tidak baik bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Cara terbaik menambah berat adalah dengan makan secara alami –dan sehat, serta memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Berikut ini adalah 10 makanan yang akan dapat menambah berat badanmu secara sehat.

1Daging Merah
Jika anda ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi. Anda membutuhkan kandungan tinggi lemak dalam setiap potongannya.

Selain itu, ada juga iga, sosis sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini tinggi akan kolesterol, dan cocok untuk kebutuhan anda.

2Susu Sapi Murni
Gantilah susumu dengan susu sapi murni. Terlebih bagi anda yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Anda membutuhkannya untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D.

Untungnya anda bisa menggunakan susu dengan banyak cara seperti mencapurnya dengan sereal, oatmeal, ataupun dalam bentuk segelas susu untuk diminum. Jika anda terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi  murni sebagai creamernya.

3Selai Kacang
Selai kacang dikemas dengan protein dan lemak, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menambah berat badan. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein. Selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E dan juga vitamin B3. Anda bisa menikmatinya bersamaan dengan roti atau oatmeal.

tambah berat badan selai kacang
Selai kacang, lezat dan sehat. Baik untuk menambah berat badan.

Ketika memilih produk selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, tanpa kandungan gula tinggi dan berbagai bahan tambahan lainnya. Pelajari kandungannya pada label/kemasan produk masing-masing.

4Buah-buahan Tropis
Hidup di negara tropis seperti Indonesia, rugi kalau tidak mengeksploitasi berbagai buah tropis yang sangat baik untuk menambah berat badan. Sebut saja pepaya, mangga, pisang, dan nanas, yang memiliki kandungan tinggi gula alami. Buah-buahan ini akan juga akan memberimu energi lebih setiap hari.

Tambahkan sebanyak mungkin buah dalam pola makanmu sehari-hari. Tidak perlu khawatir, karena tidak ada orang yang menjadi terlalu gemuk karena mengkonsumsi buah-buahan.

5Alpukat
Buah hijau yang populer ini sangat baik untuk menambah asupan lemak sehat ke dalam tubuh anda. Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B. Anda bisa menikmatinya sebagai campuran dalam salad atau dibuat jus segar murni. Nikmat dan sehat, bukan?

6Roti Gandum
Rajin mengkonsumsi roti bagus sebagai permulaan untuk menambah berat badan secara sehat. Khususnya roti gandung murni. Berbeda dengan potongan roti putih yang biasa kita makan semasa kecil, roti gandum lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya.

Roti gandum mengandung serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak dimiliki roti biasa. Kelebihan ini akan membuat anda kenyang lebih lama dan energi yang lebih, di samping lebih sehat untuk pencernaan.

7Mentega
Tidak ada yang lebih nikmat selain mentega untuk masakan. Membuat hidangan lebih berkalori dan lebih nikmat tentunya. Mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yang tinggi, sehingga anda bisa menggunakannya setiap ada kesempatan. Gunakan sebagai atasan pada roti atau untuk menggoreng telur saat sarapan pagi.

8Kacang-kacangan
Kacang adalah camilan yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan anda. Kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Walaupun terdapat banyak macam kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, namun hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan anda.

Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain itu ada kacang tanah, kacang hijau, polong, dan lain sebagainya.

makanan penambah berat badan

9Keju
Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempat. Anda hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai hidangan. Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu.

Jadikan keju sebagai isi roti anda atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi protein.

10Kentang
Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, yang pertama dihindari adalah karbohidrat. Berbeda dengan anda yang ingin menambah berat badan, justru harus menambah karbohidrat dalam pola makan anda.

Kuncinya adalah memilih jenis karbohidrat yang memiliki nilai nutrisi. Kentang adalah pilihan sempurna, karena mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang melimpah.

Makan kentang dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Ketika kentang telah dikupas, proteinnya akan berkurang lebih dari setengahnya. Cara yang sederhana adalah dengan membersihkan dan merebus kentang, maka anda dapat mengkonsumsinya buah kentang ‘yang utuh’ begitu mereka telah masak.


Di samping asupan makanan yang sehat dan tepat, olahraga juga akan membantu anda meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Mengikuti program fitnes atau kebugaran dan angkat beban juga dapat membantu membentuk otot tubuh dan memberikan ruang untuk protein yang masuk ke dalam tubuh anda.

111 KOMENTAR

  1. saya laki-laki usia 59 tahun, tinggi badan 172 cm, berat badan 50 kg, mengkonsumsi makanan apa yang aman untuk menambah berat badan ? terimakasih

  2. Supaya badan cepat gemuk, ya makan yang banyak saja. Porsi makannya diperbanyak. Lawan dari mereka yang ingin menurunkan berat badan, yaitu makan dengan porsi kecil (separo dari porsi biasa). Biar makan hanya 3 kali sehari, tetapi dengan porsi besar, akan membuat badan cepat gemuk.
    Selain itu, setelah makan malam cepat tidur. Biar makanan yang dikonsumsi tak seluruhnya bisa dicerna oleh pencernaan, tetapi menjadi lemak yang bisa membuat badan gemuk.
    Sering ngemil juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan berat badan. Sebentar-sebentar ngemil. Pilih ngemil yang gurih, manis dan banyak lemak. Nanti akan cepat gemuk.

  3. Saya mau bertanya nih TB sya 140,BB 40 Selama saya sklh dari smk berat badan sya turun ngak mau naik padahal wktu smp berat badan saya gemuk bagaimana???
    Makan tdr sdh ngemil sama olahraga tpi kok badan saya ngak naik2 bgitu trus

  4. saya selalu dicaci oleh rakan2 kerena kurus sangat jadi saya ambil keputusan untuk besar kan badan bagi sado

    • Kurus asal sehat lebih baik baik, tapi jika memang ingin menambah berat badan, pastikan untuk menghindari penumpukan lemak, beberapa orang berniat menambah berat badan tapi justru penyakit yang datang karena adanya penumpukan lemak akibat tidak memperhatikan kesehatan.

  5. Nama saya Saras, saya baru memasuki 18 th. Saya memiliki tinggi badan 161 cm, dan berat badan 40 kg. Saya ingin mencapai berat badan yang ideal, saya akan mencoba cara cara tersebut. Semoga memberikan manfaatnya dan hasil yang baik bagi saya

    • mbak saras, coba hitung berat badan anda dengan rumus Bocha untuk wanita

      Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

      Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm

      (167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 = 56.5 Kg

      Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg
      NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersebut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

      Lalu coba hitung kebuthan kalori harian anda, jika berat badan anda sekarang lebih rendah dari BB ideal maka harus menambah pasokan kalori sebesar 500-1000 kalori perhari, begitupun sebaliknya.
      yang peling penting terapkan pola hidup sehat dan seimbang dan olahraga rutin.

  6. Jangan hanya di tinjau dari segi makanan saja, tapi banyak faktor laen yg harus di penuhi supaya berat badan bertambah., seperti pikiran jangan stress, tidur yg teratur, makan teratur, olah raga teratur, banyak cemilannya dan lain sebagainya…
    Tapi jangan salahh broe…, Orang kurus itu justru lebih aktif ketimbang orang gemuk yg suka tidur bermalas malasan melulu..,

  7. Umur Saya 23th, tinggi Saya 177cm berat badan 50kg.. Saya sudah sering makanan yg mengandung lemak banyak.. sering banyak makan, akan tetapi tetap kurus. bahkan pergelangan tangan Saya kurus
    Saya jadi tidak PD., kaki bagian bawah kurus…

    bagaimana tips nya, tolong share !!!

    Thank’s

  8. Umur saya 18th. Tinggi badan saya 162 berat badan saya 38. Porsi makan saya banyak. Katanya kalo abis makan langsung tidur itu bisa bikin gemuk ko saya ngga ada hasilnya ya, padahal saya sering kaya gitu

    • Iya saya jg begitu, umur 17 th berat badan 37. Susah bgt mau bikin gemuk. padahal saya sudah rutin makan tiap hari dan minum susu. tapi tetep aja gak nambah2 jg berat badan saya. ditambah lagi puasa ini makin kurus, saya jadi gak PD

      • Sama donk kaya saya jg berat nya cuma 37kg pdhal saya udh punya anak 1 tp ga bs gemuk2

    • Klo mau badan ideal konsumsi mkanan sehat yg mngndung byk protein klori n krbohidrat tinggi tp jgn cuma makan olahraga jg hrus n wajib min dua kali seminggu . ak saranin ikut senam aerobik itu bisa naikiin bb n bntuk tubuh jadi ideal :-)

  9. Komentar: umur saya 15 tahun Bb 34kg
    Tb 148 bagai mana cara menambahkan berat badan agar ideal. trims

  10. maaf mau tanya
    saya 22 tahun, BB 50 TB 167, gimana cara nambahin berat badannya ya? susah makan juga? BB Ideal saya berapa ya?

    terima kasih

  11. Tb aku 165 bb ku 45 pengen nmbah 5kg atau 8kg bagaimana. Biar cepat dlm waktu 1 minggu misalnya?

  12. nama aziz tinggi 173cm berat badan 57,5 kg, berapakah yg harus saya tambah berat badannya supaya lebih idel lagi?????????????????????????????

  13. Saya sudah makan byk, makan di tengah malam tpi tak gemuk,, minum obat cacingan juga sdh tpi tetap saja.

  14. Nama ku Deni , umur 19 th , tinggi 168 , berat badan 50 kg ,
    Bisa nambah 1 kg , tpi kok klo bnyak aktifitas cpet turunnya y

  15. Klo saya dri dlu gak prnah gemuk bos….dah coba brbagai cara.yg saya heran,ketika bobot tubuh mulai naik,nafsu makan saya hilang.kurus lagi akhirnya.solusinya bos??.salam buat kwan2 smua.

    • Naik berat badan ada 2 hal
      1.cara sehat
      Kadar air dan kadar otot semakin meningkat
      Kadar lemak berkurang

      2.cara tidak sehat
      Kadar air tetap atau berkurang,
      Kadar otot berkurang
      Kadar lemak semakin meningkat

      More info
      Isma
      Wa.0858.4383.8768
      Bbm D494936F

  16. Assalamu’alaikum
    Nama,saya Zahra umur saya,,26 thn:sekarng ini berat badan saya,501: kg: tingi saya 1055: Saya selalu berusaha untuk,menambah berat badan,,namun gk pernah berhasil

    • Aktifitas yg padat,istrhat yg kurang cukup,usia metabolisme yg melambat menyebabkan kenapa kita kogk gak gemuk2,padahal makan sudah porsi waaah

  17. Sya umur 25th,masi menyusukan baby,BB sya 32.
    Apa ngaruh dgn menyusui@

    Sy malu bla nak kluar.krna kurus sangad.

  18. Berat badan saya 49kg tinggi saya 170 umur saya baru 16 tahun masih bisakah nambah berat badan 3/4 kilo lagi?

  19. Selain TIPS di atas.. jangan lupa yang Ke 11 ini.. yaitu Refreshing bersama keluarga saudara…. penting ini Jangan Mikir Pusing Melulu…

  20. dari dulu udah berusaha semaksimal mungkin buat nambah berat badan, tapi tetep aja gak nambah-nambah.
    hari ini nambah sekilo, besok turun sekilo. gitu mulu, stuck di berat badan segitu mulu..

    • Betul ka! Padahal tiap pagi udah sarapan susu + omlet pake keju pake susu juga. Malem mau tidur minun susu lagi. Makan 3x sehari. Tetep aja pas bangun tidur dah turun lagi berat badannya

  21. BB saya 52 Tinggi 167 umur 23 sya mau menaikan berat badan gimana caranya.
    Selma ini saya udah sering mencoba namun blm ada hasilnya.. tolong gan solusinya

  22. BB Saya 50, tinggi 160, umur 23 thn. selama ini saya selalu berusaha menaikkan berat badan karna saya terlalu kurus.
    gmna ya

  23. Berat badan saya 40 kg tinggi 162 , sya mau nanya..
    Bisakah diusia 24 bisa gemuk , sya malu kalo anak sya sudah gede

  24. BB saya 55 tinggi 163 umur sudah 24 tapi badan kurus gimana sich caranya sya badan berisi tapi tidak sampe gendut juga yach…

    • Berat 55 kg untuk tinggi 163cm adalah berat yg ideal/normal.
      Membuat badan berisi, cara yang paling tepat adalah latihan angkat beban. Coba gabung jadi member gym selama beberapa saat dan lihat hasilnya :)

  25. AKU MEMILIKI TINGGI 162CM,TETAPI BERAT BADAN SAYA 30 KG SAJA. BAGAIMANA SAYA BOLEH MENAMBAHKAN BERAT BADAN SAYA. SAYA MAKAN APA-APA PUN SAMA JUGA BERAT BADAN SAYA.SILA BAGI I TIP UNTUK MENAMBAHKAN BERAT BADAN SAYA.

    • Coba periksa ke dokter mungkin saja ada penyakit pencernaan karena kalau pencernaan bermasalah, proses metabolisme tubuh akan terganggua

  26. tinggi ku 193 tapi beratku cuma 76 kg aku pengen nambah jadi 87,semua cara tadi sudah kulakukan tapi tidak naik2

  27. Selama ini aku udh berusaha nambahin berat badan,tp gagal trus. Hri ini aja beratku turun jd 39kg dgn tinggi badan 157cm,please kasih tips2 yg banyak yaa biar aku cpt dpt berat bdan ideal,mumpung aku masih usia pertumbuhan

  28. Aku memiliki tinggi 170 cm, namun berat badanku tidak ideal yaitu 48 kg. Dulu berat badanku cuma 45 kg/ 45 kg. Namun sekarang sudah naik menjadi 48 kg. Saya merasa agak susah menaikkan berat badan menjadi 60kg/65 kg biar badan bagus dan terlihat ideal. Cara2 diatas akan saya coba terutama mengkonsumsi susu sapi murni sebelum tidur, minum jus apukat…..

  29. udah nlama pengen gemuk tapi kok susah ya?? sudah berbagai macam cara di lakukan, dari makan sebelum tidur, minum sebelum tidur, tapi tetap aja badan masih kurus

    • saya mohd EFFNi tinggi saya 173 ..saya ingin kasi besar badan dan berat badan..betul ka cara ini abis makan tidur terus..badan akan besar..ada ka cara saya ini betul..bolh info sikit kee

    • Menambah berat badan, dalam artian untuk mendapatkan berat badan yg ideal (sehat), tidak memandang usia. Berat badan yang sehat adalah untuk siapa saja, agar kondisi badan dan metabolisme tubuh tetap normal.

    • Ini bukan resep dokter, dan sangat jauh dari promosi :) Namun ini adalah pengetahuan dan wawasan umum.

      Terima kasih.

  30. Saya kls 3 smp tinggi badan saya cuma 134 cm bb saya 32kg mungkin ga kalau semua ini di karnakan karna saya sering sekali sakit gigi

  31. Dengan mengatur pola mkan.istirhat cukup.olahraga.paling bagus angkat beban .insyallah cepet tambah berat bdan

  32. Saya hilda,anak kls 3smp TB saya cuma 147&BB saya cuma 31. Bagaimana cara agar TB&BB saya ideal seperti anak kls 3 smp yg lain?

  33. Ane seorang ibu, 34 th.BB ane 50kg dg tinggi 168cm. Ane kagak paham idealnye kudu brp bobot ane, yg jelas ane pengen nambah 6-10 kg lg gmna caranye ye gan? Masalahnye selera makan ane yg kumat kumatan.. Bs gak ye gan dibantu vitamin atau apa kek yg bkin selera makan stabil? Thanks before ats pnjlasannye gan. ^_^

  34. Gan..sy juga mau gemukin badan ga bisa-bisa,susah. Umur udah 22, Tinggi 155 CM, Berat cuma 42 KG. Pengen nambahin 2-3 KG lagi susah bgt ga bisa2. Gimana cara nya yaa…?

  35. Banyak minum susu, makan daging, nyemil dan istirahat yang cukup bisa menambah berat badan,,, tapi kalau bisa berat badan harus di sesuaikan juga dengan tinggi badan, supaya ideal..

  36. Banyak minum susu , banyak makan daging . Banyak mengkomsumsi gula . Dan istirahat yang cukup .

  37. makasih bgt buat info’y ,,, semoga stlh makan makanan td bsa bertambah berat badan’y …

    aminnnn

  38. tentunya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak juga yang akan membuat tubuh kita semakin bertambah berat. terima kasih atas infonya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here