Nutrisi dan Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Seiring dengan pertumbuhan badan dan proses penuaan, tubuh para pria akan ikut mengalami perubahan. Fungsi tubuh juga tidak selamanya dalam kondisi prima, akibat pertambahan usia terjadi pelambatan fungsi tubuh, begitu halnya pada kesehatan dan produksi sperma. Jika Anda berencana untuk memulai keluarga baru atau memertahankan keharmonisan dengan pasangan Anda, kesehatan sperma adalah satu hal yang perlu diperhatikan.

Dalam sebuah penelitian dengan subjek pria sehat umur 22 sampai dengan 80 tahun, peneliti menemukan bahwa pria berusia 44 tahun ke atas yang banyak mengonsumsi vitamin C, vitamin E, zinc (seng) dan folat memiliki 20 persen lebih sedikit kerusakan DNA pada sperma terkait struktur kimia yang memengaruhi kesuburan.

Peneliti juga menemukan bahwa suplemen dengan kandungan seng dan asam folat dapat meningkatkan jumlah sperma baik pada pria subur maupun subfertil (kondisi penurunan kesuburan).

Penjelasan singkat mengenai zat yang dibutuhkan dalam kesehatan sperma sebagai berikut:

  1. Zinc membantu meningkatkan kualitas DNA sperma pada pria usia lanjut serta meningkatkan testoteron dan membantu terjadinya ereksi.
  2. Kekurangan folat dan asam folat (senyawa bentukan dari folat) dapat menyebabkan peningkatan sperma dengan kromosom yang abnormal.
  3. Vitamin C membantu melawan hormon stress yang memicu kegemukan, menghindari kerusakan pada DNA sperma, dan juga meningkatkan jumlah sperma.
  4. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kualitas sperma serta meningkatkan testoteron dan libido, yang bertugas untuk meningkatkan gairah.

Untuk membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma ternyata tidak sulit. Cukup konsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan zat dan nutrisi tersebut di atas.

Berikut ini adalah makanan yang sering kita jumpai sehari-hari dan ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Dark Chocolate

Coklat yang berwarna lebih gelap ini memiliki kandungan mineral dan nutrisi penting yang salah satu diantaranya adalah L-Arginine. Mineral ini merupakan sejenis asam folat yang membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Konsumsilah dark chocolate dalam jumlah sedikit yakni dua potong kecil per hari. Jangan konsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan kegemukan dan menurunkan tingkat testoteron.

Selain itu dark chocolate kaya akan antioksidan penangkal polusi dan racun yang berakibat buruk pada kesuburan.

Bayam

Tingkatkan konsumsi bayam sebagai sayuran sehari-hari Anda. Sayuran yang digemari Popeye ini merupakan sumber asam folat tinggi dan kaya akan magnesium yang baik bagi tubuh.

Kurangnya asam folat dapat menyebabkan kerusakan sperma. Bentuk dan ukuran sperma dapat mengalami kecacatan, akibatnya sperma tidak memiliki kemampuan untuk membuahi sel telur atau anak dapat lahir dengan resiko cacat lahir.

Konsumsi bayam dapat mengurangi resiko cacat lahir secara signifikan. Sperma akan kembali pada bentuk dan ukuran normal serta memiliki kromosom yang layak sehingga dapat dengan mudah membuahi sel telur.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, juga membantu mengatasi berbagai masalah tubuh dan mengembalikan fungsinya. Selain mengatasi masalah pada jantung dan melindungi tubuh dari bakteri penyebab infeksi, bawang putih dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Bawang putih mengandung allicin yang melancarkan aliran darah pada organ vital dan melindungi sperma dari kerusakan. Bawang putih juga mengandung selenium, sejenis antioksidan yang meningkatkan kemampuan gerak sperma. Konsumsi satu atau dua siung bawang putih setiap hari, dapat juga dicampur untuk menumis sayuran.

Wortel

Yang selama ini kita kenal adalah khasiat wortel untuk menjaga kesehatan mata. Ternyata wortel juga berkhasiat untuk mengatasi masalah tubuh yang lain. Wortel sangat kaya akan vitamin C yang berperan sebagai pemicu produksi kolagen. Kolagen berperan penting dalam elastisitas kulit.

Selain itu, kandungan vitamin A pada wortel juga berfungsi dalam menghilangkan radikal bebas, mencegah bintik-bintik, menjaga warna kulit, dan menstimulasi fibroblast, yakni sel yang berguna pada pembentukan jaringan agar kulit kencang dan sehat. Hal ini dapat membantu sperma untuk bergerak lebih baik dengan jumlah yang lebih banyak.

Tiram

Tiram adalah salah satu sumber zinc atau seng terbaik bagi pria, yang berguna untuk meningkatkan produksi sperma. Tiram dikenal sebagai makanan yang menambah gairah seksual, atau disebut aphrodisiac.

Mengonsumsi dua tiram mentah atau sekitar 50 gram sudah dapat mencukupi kebutuhan seng dalam sehari. Jika Anda merasa tiram terlalu susah dan mahal untuk didapatkan, Anda dapat menggantinya dengan daging kalkun, biji labu, lobster, atau kerang-kerangan.

Pisang

Buah yang sangat sering kita jumpai ini memiliki kandungan bromelain yang tinggi. Bromelain merupakan senyawa enzim yang meningkatkan libido pada pria dan memperbaiki kesehatan sperma.

Pisang juga dapat meningkatkan stamina dan memberi energi ekstra, serta dapat menambah jumlah dan kualitas sperma pada pria. Ini karena pisang mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1 yang membantu peningkatan produksi sperma.

Gingseng

Gingseng sudah dikenal turun temurun sebagai makanan penambah gairah seksual dan perananannya sebagai obat ketidaksuburan sudah dipercaya selama ratusan tahun. Akar gingseng meningkatkan testoteron dan memperlancar aliran darah ke organ vital.

Beberapa memercayai bahwa gingseng dapat mengatasi disfungsi ereksi. Akar gingseng dapat diproduksi dalam berbagai bentuk, dicampur bersama masakan, suplemen, dan juga dapat diminum bersama teh hangat.

Telur

Satu lagi makanan yang tidak sulit untuk dikonsumsi sehari-hari. Telur biasanya menjadi makanan kita pada saaat sarapan. Namun siapa sangka ternyata telur juga memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan kesehatan sperma.

Telur memiliki kandungan protein dan vitamin E tinggi yang membantu produksi sperma dan meningkatkan kesehatan sperma secara keseluruhan. Telur juga membantu melawan bakteri yang dapat merusak sperma dan sekaligus melindungi sperma dari bakteri.

Nah, Itu dia beberapa jenis makanan yang dapat anda konsumsi demi kesehatan sperma anda. Jangan lupa untuk imbangi dengan pola hidup sehat melalui olahraga dan istirahat yang cukup.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.