12 Makanan Terbaik untuk Otakmu

Otak membutuhkan nutrisi seperti halnya jantung, hati, dan organ tubuh lainnya. Nutrisi otak yang tepat dari makanan dapat melindungi sel-sel otak, membantu regenerasi sel, hingga meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

Istilah yang umum di Indonesia adalah mencerdaskan otak.

Bukan hanya itu saja, karena mendapatkan asupan nutrisi untuk otak sekaligus mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya dementia, Alzheimer, dan juga Parkinson.

Nutrisi tepat dari makanan juga sangat bagus diberikan kepada anak-anak anda, untuk mendukung dan meningkatkan performa berpikir anak-anak. Hal ini bisa menjadi investasi jangka panjang untuk anak anda.

Lalu, makanan apa saja yang bisa berkontribusi pada peningkatan fungsi kognitif serta kesehatan otak secara keseluruhan? Simak daftarnya berikut.

Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Telur
Di dalam telur, tepatnya kuning telur, terdapat kolin (choline). Kolin merupakan nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga berusia lanjut. Kolin berfungsi untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori otak, dan berbagai fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.

Lebih jauh, baca: Manfaat ajaib telur untuk tubuh dan kesehatan

Ikan Salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang mana sangat esensial untuk otak dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Neurology, omega-3 dapat mendongkrak fungsi otak pada orang dewasa usia produktif.

Selain itu, berdasarkan penelitian di University of Pittsburgh, orang berusia di bawah 25 tahun yang diberikan peningkatan asupan omega-3 selama 6 bulan memiliki nilai tes yang jauh lebih baik dalam hal memori.

Jenis ikan lain yang kaya omega-3 antara lain ikan sarden dan ikan haring.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, misalnya walnut, kacang almond hingga selai kacang, mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E yang tinggi, yang mana bagus untuk membuat kerja otak lebih baik. Vitamin E juga sangat baik untuk mencegah berbagai radikal bebas yang dapat merusak sel otak.

makanan untuk kecerdasa otak
Kacang walnut, dan jenis kacang-kacangan lainnya, sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak. [helee54/pixabay]
Sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa vitamin E dapat mencegah penurunan fungsi kognitif, khsusnya pada orang berusia lanjut.

Alpukat (avocado)
Buah alpukat adalah buah yang sangat baik untuk otak secara keseluruhan. Alpukat memang mengandung lemak tinggi, tapi itu adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) yang dapat memperlancar aliran darah di- dan ke otak.

Aliran darah yang lancar ke otak berarti otak dapat berfungsi dengan performa tinggi.

Oat
Glukosa merupakan bahan bakar utama agar otak dapat menjalankan fungsinya. Dan oat (oatmeal) merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Namun karbohidrat dari oat merupakan karbohidrat kompleks, khusunya jika terbuat dari gandum murni, yang mana karbohidrat akan dilepas secara perlahan oleh tubuh sehingga otak akan ‘kenyang’ beberapa jam lebih lama dari biasanya.

Oatmeal sangat cocok untuk disantap oleh anak dan seluruh keluarga di pagi hari, untuk mendukung aktifitas mereka di sekolah dan di kantor.

Minyak Zaitun (olive oil)
Minyak zaitun merupakan lemak sehat yang bisa ditambahkan pada hampir setiap makanan. Kandungan pada minyak olive dapat membantu meningkatkan memori, serta mencegah dementia (pikun) dan berbagai penurunan fungsi kognitif lainnya.

Selain itu, minyak zaitun juga bersifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang keduanya sangat penting untuk mencegah kanker.

Tomat
Telah banyak bukti dari penelitian yang menyatakan bahwa lycopene, senyawa antioksidan yang melimpah pada tomat, dapat melindungi otak dari berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan penurunan fungsi otak hingga kanker.

Biji Labu
Segenggam biji labu dapat memenuhi asupan zinc harian yang direkomendasikan untuk tubuh. Mineral zinc dapat meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk otak, seperti vitamin B6, vitamin E, asam lemak omega-3, kolin, protein, zinc, dan juga selenium. Semua nutrisi tersebut akan berkontribusi pada kesehatan sel-sel otak.

Selain itu, brokoli juga merupakan sumber kalsium, zat besi, fospor, mangan, vitamin A (dalam bentuk karotenoid), vitamin B1, dan juga tembaga.

Bayam
Sayur bayam, dan jenis sayuran berdaun hijau gelap lainnya (termasuk kale, collard green, brokoli, dll), adalah sumber vitamin E dan folat

Vitamin E penting untuk mempertajam fungsi kognitif, sedangkan asam folat dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, termasuk ke otak, dan mencegah matinya sel-sel di otak.

Biji bunga matahari
Ingat biji bunga matahari, maka yang terbayang adalah vitamin E yang melimpah: antioksidan untuk otak, mencegah penurunan fungsi kognitif, serta mempertajam kerja otak.

Susu dan produk susu
Susu, termasuk produk-produk susu, umumnya mengandung vitamin B-kompleks dan protein. Khususnya susu formula yang biasanya diperkaya dengan kedua nutrisi tadi.

Kedua nutrisi tersebut akan berkontribusi dalam mebangun sel-sel otak dan mempertajam kinerja neurotransmitter, sekaligus meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.


Pola makan sehat akan memberikan nutrisi yang tepat untuk mendukung otak anda, yang akhirnya akan meningkatkan kinerja memori, memperlancar suplai darah ke otak, membangun sel-sel di otak dan mencegahnya dari kerusakan sel, melawan radikal bebas, mencegah penurunan fungsi kognitif, dan meningkatkan fungsi otak secara menyeluruh.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.