10 Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anda

0

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan asam dapat menjadi malapetaka bagi gigi Anda. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan masalah yang satu ini hingga akhirnya memberikan dampak buruk terhadap kesehatan gigi mereka.

Gula, khususnya sukrosa, akan memberi makan jutaan bakteri yang ada di dalam mulut. Bakteri-bakteri tersebutlah yang nantinya akan menyebabkan penumpukan plak di gigi dan juga menghasilkan asam laktat yang dapat mengikis enamel pada gigi Anda.

Sementara asam, biasanya banyak ditemukan pada beberapa makanan, termasuk buah-buahan. Makanan-makanan asam ini menggrogoti enamel gigi dan merusak gigi Anda secara langsung. Menyikat gigi setelah makan makanan asam justru semakin memperburuk keadaan. Oleh sebab itu ada baiknya Anda harus menunggu setidaknya satu jam sebelum menyikat gigi setelah makan makanan asam.

makanan yang merusak gigi
(Ilustrasi) Makanan yang manis dan asam dapat merusak gigi. [Image by aleksandra85foto/pixabay]
Lalu, apa saja makanan yang dapat merusak gigi? Waspadai beberapa makanan berikut ini jika Anda ingin tetap memiliki gigi yang sehat dan kuat:

Permen
Semua orang suka dengan permen. Makanan manis yang satu ini memang sangat nikmat dinikmati dalam berbagai macam acara. Sayangnya, terlalu banyak makan permen dapat merusak gigi Anda. Paparan gula yang terkandung di dalam permen secara terus menerus, apalagi permen dengan struktur yang keras, dapat membuat gigi menjadi rapuh dan berlubang, parahnya lagi bisa menjadi patah atau retak.  Sebagai alternatif, Anda bisa menghindari permen-permen dengan struktur keras dan menggantinya dengan permen karet tanpa gula.

Kopi
Kopi bisa menjadi pilihan minuman sehat apabila disajikan secara alami. Sayangnya, masih banyak orang yang sulit untuk menolak menambahkan gula dalam setiap cangkirnya. Kadar kafein di dalam kopi dapat meninggalkan noda di gigi dan tentu saja ini bukanlah hal yang baik. Selain itu, kopi juga dapat  membuat mulut Anda kering. Oleh sebab itu jika Anda ingin mengkonsumsi kopi maka pastikan untuk banyak mengkonsumsi air putih dan usahakan untuk tidak menambahkan berbagai macam aksesoris berlebihan (gula, kreamer, dll.) dalam kopi Anda.

Popcorn
Popcorn adalah salah satu makanan yang terkenal sering menyelip di antara gigi dan gusi. Nah, masalah gigi yang paling sering setelah mengkonsumsi popcorn adalah gusi bengkak yang disebabkan oleh popcorn yang terjepit di gusi. Tentu saja gusi bengkak akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat mengunyah popcorn dan usahakan setelah makan makanan ini Anda membilas gusi dengan cairan pembersih mulut atau membersihkan sisa-sisa popcorn yang menyusup di antara gigi menggunakan benang atau dental floss.

Es batu
Siapa yang mengira jika es yang terbuat dari air, yang tidak mengandung gula dan bahan tambahan lainnya, juga bisa membahayakan gigi Anda? Yang membuat es batu ini menjadi berbahaya adalah kebiasaan seseorang untuk mengulum dan mengunyah es batu. Struktur es batu yang keras bisa membuat enamel gigi rusak bahkan lebih parah lagi bisa membuat gigi Anda patah. Untuk itu, hindari kebiasaan mengunyah es batu jika tidak ingin gigi Anda mendapatkan masalah.

Roti tawar
Hati-hati dengan roti tawar, khususnya roti tawar yang berwarna putih, karena rata-rata roti tawar putih mengandung gula dan pemanis yang bisa mengembang-biakkan bakteri di dalam mulut. Selain itu, roti tawar juga rawan menyusup di sela-sela gigi karena saat dikunyah mereka menjadi lengket di mulut. Oleh sebab itu jangan lupa untuk membersihkan gigi dengan benar setelah mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Selai
Berbagai jenis selai seperti selai kacang, coklat, strowberi dan lain-lain termasuk ke dalam kategoti makanan lengket dan lebih buruknya lagi mengandung banyak gula. Selai-selai yang menempel disekitar mulut dapat menghasilkan plak dan bakteri apabila tidak segera dibersihkan setelah dimakan.

Soda diet
Jangan dikira karena tidak mengandung gula maka soda diet aman untuk gigi Anda. Perlu diketahui bahwa tingkat keasaman yang terkandung di dalam soda diet masih dalam kadar yang sangat tinggi. Tentu saja ini bisa menjadi masalah untuk gigi Anda.

Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mulut kering. Orang yang minum alkohol secara berlebihan akan merasakan air liur mereka semakin berkurang yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut seperti penyakit gusi. Mereka yang pecandu berat alkohol juga sangat berpotensi tekena kanker mulut.

Daging
Daging cenderung sering sekali terjebak diantara gigi Anda. Beberapa produk daging juga ada yang mengandung gula sebagai bahan pengawetnya. Pastikan untuk membersihkan gigi setelah mengkonsumsi daging.

Minuman energi/olahraga
Banyak orang mengira minuman olahraga atau minuman berenergi sangat baik untuk kesehatan, padahal dalam sebuah minuman berenergi terkandung kadar gula yang sangat tinggi dan tentu saja kadar gula tersebut dapat mengancam kesehatan gigi Anda.

Beberapa jenis makanan memang tidak bisa dihindari sama sekali. Untuk itu, pastikan Anda selalu membersihkan gigi dan mulut setelah mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut di atas. Rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut akan membuat Anda terbebas dari masalah bau mulut, karang gigi, kerusakan gigi, dan gangguan gigi/mulut lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here