Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Acai berry sering disebut sebagai superfood, dengan kandungan anti-penuaan, membantu menurunkan berat badan, dan beragam manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan. Benarkah demikian?

Apa itu acai berry?

acai berry untuk kecantikan
Buah acai berry. [gambar: rightshape.com]
Acai berry adalah buah berbentuk kecil bulat, berwarna ungu, mirip dengan buah anggur. Buah ini berasal dari pohon acai palm, yang merupakan tanaman asli Amerika Tengan dan Selatan.

Beberapa studi menunjukkan jika bulir buah acai berry mengandung antioksidan tinggi, bahkan lebih tinggi daripada buah berry lain seperti blackberry, stroberi, dan blueberry. Namun sejauh ini, acai berry belum diketahui memiliki manfaat kesehatan khusus yang berbeda dari buah-buahan lainnya.

Namun buah acai berry justru cukup populer dalam dunia kecantikan. Buah berwarna ungu ini diketahui mampu menghambat penuaan pada kulit. Karenanya wajar jika kemudian banyak produk perawatan kulit yang memanfaatkannya. Selain bermanfaat dalam hal menghambat penuaan, acai berry juga punya manfaat lainnya untuk kecantikan, lho. Berikut manfaat selengkapnya yang perlu Anda tahu.

Membuat kulit tampak lebih sehat dan berkilau

Acai berry kaya akan vitamin A, C dan E. Ketiga vitamin tersebut berperan sangat penting dalam hal menjaga kesehatan kulit, terutama dalam hal melindungi dan menjaga kulit tetap kencang.

Selain itu, ketiganya mampu merangsang regenerasi kulit yang hasilnya bisa membuat kulit sehat dan tampak berkilau. Regenerasi kulit diperlukan untuk mengganti sel sel kulit yang telah tua. Saat regenerasi terjadi, maka sel sel kulit yang telah tua akan digantikan dengan sel-sel baru. Inilah sebabnya kulit akan tampak lebih muda, sehat dan berkilau.

Melancarkan peredaran darah

Acai berry memiliki kandungan antosianin, semacam antioksidan yang berperan dalam melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang baik tentunya akan berdampak positif terhadap organ yang ada di dalam tubuh, khususnya kulit.

Seperti layaknya organ lainnya yang memerlukan asupan oksigen dan nutrisi, kulitpun juga perlu asupan oksigen dan nutrisi. Keduanya dapat diperoleh jika peredaran darah di dalam tubuh berjalan dengan baik. Karenanya konsumsilah acai berry. Atau Anda bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung acai berry guna menjaga kesehatan kulit.

Bukti ilmiah terkait kandungan antioksidan acai berry tersebut bahkan sudah diperoleh melalui sebuah kajian yang dilakukan pada tahun 2006. Dari hasil penelitian diketahui bahwa antioksidan yang terkandung dalam acai berry mampu menghambat kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi penyebab kulit tampak lebih tua.

Membentengi kulit dari polusi

Udara yang mengandung polusi dan makanan yang terkontaminasi pestisida, tanpa disadari dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Untuk menangkalnya, Anda perlu asupan antioksidan dalam jumlah yang cukup. Acai berry merupakan salah satu sumber antioksian yang bisa Anda konsumsi. Dengan kandungan antioksidannya tersebut, acai berry akan membantu tubuh Anda melakukan detoksifikasi racun, sehingga tubuh, khususnya kulit, bisa kembali sehat.

Membantu melawan sel kanker

Mau terhindar dari kanker kulit? Konsumsi acai berry secara rutin. Kandungan antioksidannya yang diketahui 33 kali lebih banyak dibandingkan anggur ternyata mampu melawan sel sel kanker sampai tingkat molekul, sehingga menyebabkan sel kanker yang menginfeksi organ mati.

Membantu mengurangi jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang seringkali susah diatasi. Anda mungkin pernah mengalami kondisi yang sama. Namun kali ini jangan khawatir. Anda bisa mengurangi munculnya jerawat dengan mengkonsumsi acai berry secara rutin.

Manfaat ini diperoleh berkat kandungan zat anti inflamasi acai berry yang terbukti mampu mengurangi terjadinya peradangan kulit akibat jerawat. Selain membantu mengurangi inflamasi akibat jerawat, acai berry juga dapat digunakan untuk mengurangi nyeri akibat kerusakan urat syaraf.

Membantu memudarkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat memang akan sangat mengganggu penampilan. Namun ternyata masalah kulit yang satu ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan masker acai berry pada wajah. Daripada menggunakan kosmetik berbahan kimia, tentu akan lebih aman jika Anda menggunakan masker alami tersebut, bukan?

Selain noda hitam bekas jerawat, Anda mungkin mengalami yang namanya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi dimana bagian kulit tertentu berwarna lebih gelap dari bagian lainnya.

Nah, agar warna kulit yang lebih gelap tersebut berangsur normal, Anda bisa memanfaatkan acai berry. Manfaat ini bahkan sudah diteliti oleh Fowler et al yang mengemukakan bahwa acai berry merupakan salah satu bahan alami yang sangat penting kegunaannya dalam hal mengatasi hiperpigmentasi.

Menjaga kulit tetap lembab

Layaknya tubuh, kulit juga perlu terhidrasi dengan baik agar tetap sehat. Pelembab alami yang bisa Anda manfaatkan dalam hal ini adalah acai berry. Selain karena kandungan antioksidan dan vitaminnya yang cukup tinggi, acai berry mampu menghidrasi kulit dengan baik.

Membantu mengatasi bibir pecah pecah

Masalah bibir pecah-pecah bisa menimpa siapa saja. Jika Anda mengalaminya, coba oleskan jus acai berry pada bibir yang pecah pecah secara rutin. Kandungan antioksidan acai berry terbukti mampu mengatasi masalah bibir kering dan pecah pecah.

Ditambah lagi, jus acai berry juga berfungsi sebagai pelembab alami, sehingga dengan aplikasi rutin diharapkan masalah bibir kering dan pecah pecah bisa segera teratasi dengan baik.

Kaya akan asam lemak

Acai berry ternyata kaya akan asam lemak omega 3, 6 dan 9. Ketiga asam lemak tersebut berperan penting dalam hal mencegah kulit kering dan kusam. Tampilan kulit yang kering dan kusam tentu tidak akan menarik.

Selain itu, kulit kering dan kusam biasanya akan membuat tampilan wajah jadi lebih tua. Guna mencegahnya, gunakan masker yang terbuat dari acai berry atau konsumsilah secara rutin.

Menggunakan bahan alami untuk menjaga kulit tetap sehat memang sangat disarankan karena minimnya efek samping, dan acai berry bisa jadi salah satu pilihan Anda untuk menjaga kulit tetap sehat.

Buah yang satu ini bisa diaplikasikan langsung sebagai masker atau diminum dalam bentuk jus guna memperoleh manfaatnya. Ia juga tersedia dalam bentuk suplemen mengingat acai berry umumnya hanya ditemukan di Amerika Tengan dan Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here