15 Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh dan Kesehatan

Tahukah Anda air kelapa menawarkan sangat banyak manfaat kesehatan yang benar-benar mengejutkan? Ya, Sudah sejak lama air kelapa dikenal sebagai minuman dengan berbagai macam manfaat kesehatan yang luar biasa. Dan untungnya lagi, di Indonesia, sangat mudah menemukan buah dan air kelapa.

Sponsored Links

Sebagai pembuka, air kelapa adalah minuman yang rendah kalori, bebas dari lemak dan kolesterol, sangat kaya akan kalium (mengandung lebih banyak kalium daripada 4 buah pisang), dan sangat baik untuk meng-hidrasi tubuh.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Agar tidak membingungkan, yang kita bicarakan ini adalah air yang didapat dari kelapa muda, yang hijau. Selain segar, air kelapa berasa agak manis dan sedikit tajam di lidah. Itu karena kandungan gula dan elektrolit di dalamnya.

Kandungan utama yang terdapat dalam air kelapa adalah kalium-nya (potassium). Dalam takaran saji 1 gelas kecil (sekitar 240g), air kelapa mengandung 600mg kalium, yang menjadikannya minuman ber-elektrolit tinggi.

Elektrolit berperan penting dalam mengatur volume darah, kesehatan jantung, mengembalikan ion tubuh, serta mencegah dehidrasi. Menjaga kadar elektrolit dalam tubuh dapat membantu mengurangi lelah, stres, dan membantu merelaksasi otot tubuh. Itulah mengapa air kelapa sangat populer sebagai minuman olahraga.

Simak nutrisi lengkap yang terkandung dalam air kelapa melalui infografik berikut.

kandungan air kelapa muda
Info nutrisi air kelapa muda. [sumber: Dr. Axe]

Manfaat Sehat Air Kelapa untuk Tubuh

Namun untuk merasakan khasiat yang lebih maksimal akan lebih baik mengkonsumsi air kelapa murni dibandingkan air kelapa yang sudah dalam kemasan, yang cenderung mengandung bahan pemanis tambahan dan pengawet.

Mengingat kandungan nutrisinya, tentu air kelapa memberi banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Berikut adalah manfaat terbaik dari air kelapa bagi tubuh dan kesehatan:

#1 Detoks alami

Tubuh kita memiliki kemampuan untuk membersihkan racun atau detoksifikasi secara alami, jika diberikan hidrasi dan nutrisi yang tepat.

Ginjal dan liver merupakan organ pembersih racun dalam tubuh, dan keduanya tidak akan berfungsi secara sempurna tanpa asupan cairan yang cukup, sehingga mengarah pada penumpukan racun dalam tubuh.

Air kelapa mengandung sifat elektrolit yang mirip dengan darah manusia, menjadikannya minuman ideal untuk menggantikan cairan tubuh serta sangat membantu membersihkan racun dalam tubuh.

#2 Menurunkan tekanan darah

Berkat kandungan vitamin C, kalium dan magnesium yang terkandung di dalam air kelapa, minuman ini baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Kandungan kalium-nya yang tinggi sangat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari sodium. Ini berdasarkan hasil sebuah studi yang diterbitkan di West Indian Medical Journal pada tahun 2005, dan mereka menyimpulkan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol hipertensi.

#3 Menurunkan berat badan

Air kelapa adalah minuman yang ideal untuk menurunkan berat badan. Selain rendah kalori dan nyaman di perut, air kelapa juga mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme lemak.

Apalagi, air kelapa juga kaya akan potassium (kalium) dapat membantu mengimbangi sodium (natrium). Dimana kelebihan sodium dalam tubuh cenderung dapat menyebabkan retensi air yang berkontribusi pada berat air dalam tubuh. Dengan demikian, air kelapa membantu membuang kelebihan air serta racun dari dalam tubuh Anda.

#4 Menghidrasi tubuh

Air kelapa merupakan minuman yang paling baik untuk melegakan dahaga pada cuaca panas yang kadang sampai membuat kita dehidrasi. Dehindrasi terjadi ketika kadar air dalam tubuh Anda menurun. Hal ini biasanya terjadi karena kurang minum air, diare atau muntah-muntah.

manfaat air kelapa

Ketika Anda dehidrasi, Anda tidak hanya kehilangan air, namun Anda juga kehilangan garam dan nutrisi penting dalam tubuh. Komposisi elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa dapat digunakan untuk menghidrasi ulang tubuh pada kasus-kasus dehidrasi dan kehilangan cairan. Air kelapa juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan energi Anda.

Dalam sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa air kelapa memberikan efek positif setara dengan minuman olahraga. Selain untuk menghidrasi, air kelapa juga dapat memberikan efek nyaman di perut sehingga dapat digunakan untuk menenangkan masalah perut seperti gangguan pencernaan, naiknya asam lambung, dan gastroenteritis.

Sponsored Links

#5 Memperlambat penuaan

Air kelapa mengandung sitokinin yang memiliki efek anti penuaan pada sel-sel dan jaringan. Hal ini akan mengurangi risiko pengembangan degeneratif di usia tertentu. Air kelapa hijau selain menyegarkan ia juga memberikan nutrisi dan juga menghidrasi kulit Anda sehingga tetap lembut dan halus.

#6 Meredakan sakit kepala

Kebanyakan sakit kepala dan migrain terjadi karena tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Dalam kasus seperti ini, air kelapa dapat membantu meningkatkan elektrolit dan menghidrasi tubuh. Air kelapa juga kaya magnesium. Orang yang menderita migrain biasanya rendah magnesium. Sebuah studi juga menunjukan bahwa magnesium dapat membantu mengurangi frekuensi serangan migrain.

#7 Diuretik alami

Air kelapa juga bertindak sebagai deuretik alami, dengan cara melancarkan urin dan membersihkan tubuh dari racun. Hal ini juga membantu mencegah masalah seperti infeksi saluran kemih. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa membantu mengalkali urine dan melarutkan beberapa jenis batu ginjal keluar dari tubuh.

Selain bersifat diuretik, air kelapa memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi kandung kemih. Namun bagi Anda yang memiliki fungsi ginjal kurang baik tidak disarankan untuk meminum air kelapa.

#8 Menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol

Untuk memiliki jantung sehat, Anda perlu makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Dan sekarang Anda bisa menambahkan air kelapa ke dalam daftar minuman Anda karena minuman ini juga memberi kontribusi dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Menurut sebuah studi yang diterbutkan dalam Journal of Medicinal Food air kelapa memiliki efek menguntungkan pada metabolisme lipid untuk melawan peningkatan kolesterol total, VLDL, LDL (kolesterol buruk) dan trigliserida. Air kelapa muda mengandung kolesterol dan lemak bebas yang memberikan manfaat kardioprotektif atau perlindungan untuk jantung sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Air kelapa juga mengandung antioksidan, anti-inflamasi dan anti-platelet serta membantu meningkatkan sirkulasi. Hal ini akan membantu mengurangi pembentukan plak di arteri dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

#9 Menyeimbangkan pH tubuh

manfaat air kelapa mudaStres, timbunan racun dan diet makanan yang tinggi asam seperti makanan-makanan cepat saji sering menyebabkan tingkat keasaman pH meningkat hal ini mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral.

Ditambah lagi, keasaman pH berkontribusi terhadap masalah rematik, osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, dan defisiensi imun. Air kelapa memiliki efek alkalizing yang membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.

#10 Mengatur gula darah

Air kelapa mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga air kelapa sangat membantu bagi para penderita diabetes, karena membantu meningkatkan sirkulasi. Air kelapa juga baik untuk mengurangi gejala seperti mati rasa di kaki dan kecenderungan ke arah aterosklerosis.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Food and Function yang mempelajari efek terap air kelapa matang dan menemukan bahwa air kelapa membantu menurunkan kadar glukosa darah dan stres oksidatif.

#11 Membantu meringankan kram otot

Kram otot bisa terjadi karena beberapa alasan. Dan tahukah Anda ternyata air kelapa dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan saat terjadi kram otot. Kram otot atau kejang otot biasanya terjadi karena kekurangan kalium.

Olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan kram otot. Cara meredakannya adalah dengan mengkonsumsi elektrolit. Air kelapa mengisi ulang air dan kalium yang hilang. Selain itu juga sangat bisa digunakan sebagai pengganti minuman berenergi.

#12 Memperkuat tulang

Meskipun sebagian besar tulang kita terdiri dari kalsium, kita juga membuutuhkan sejumlah nutrisi untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Sejumlah penelitian menyatakan air kelapa mengandung sejumlah besar kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Air kelapa juga kaya akan magnesium yang sangat diperlukan untuk membangun kekuatan tulang.

#13 Mengurangi kembung

Kembung biasanya berkaitan dengan gas, tapi bisa juga disebabkan karena asupan sodium yang tinggi. Air kelapa dapat membantu Anda untuk menguranginya karena dalam air kelapa mengandung sejumlah kalium yang membantu melawan efek sodium.

#14 Membantu mengurangi pigmentasi

Sejumlah produk-produk yang beredar di pasaran mengklaim produknya dapat mengurangi pigmentasi pada kulit, namun apakah Anda yakin produk-produk tersebut terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya?

Jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengatasi masalah noda atau warna kulit yang berubah maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi air kelapa, karena air kelapa dapat membantu mengurangi pigmentasi secara alami.

#15 Merawat infeksi kulit

Jika kulit Anda termasuk yang rentan terhadap bakteri dan jamur sehingga sering muncul ruam atau iritasi pada kulit maka air kelapa dapat membantu mencegah dan mengobati masalah tersebut karena air kelapa muda memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiparasit. Oleskan air kelapa pada area yang terinfeksi untuk mengurangi gejala dan mengobati infeksinya.

Sponsored Links

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here