Manfaat Asuransi Secara Umum Bagi Kehidupan

Keberadaan asuransi di luar negeri tampaknya sangat di apresiasi oleh masyarakatnya. Hampir sebagian besar masyarakat di luar negeri, seperti di Amerika menganggap bahwa Asuransi itu sangat penting untuk perlindungan mereka di masa depan. Lain hal nya dengan Indonesia, sepertinya di Negara kita ini minat masyarakat terhadap adanya program Asuransi masih rendah.

Masyarakat kita sebagian besar tampaknya masih belum memahami mengenai keberadaan lembaga non Bank ini. Mereka tidak mendapat cukup informasi mengenai Asuransi dan juga manfaatnya untuk meningkatkan kualitas hidup mereka di masa yang akan datang. Saat ini sudah banyak Asuransi yang berasal dari pemerintah maupun swasta. Anda hanya tinggal memilih Asuransi yang sesuai dengan anda, baik secara kebutuhan hingga anggaranya.

Asuransi menurut istilah adalah suatu tindakan, system atau bisnis yang bertanggung jawab atas penggantian kerugian yang terjadi untuk jiwa, property dan kesehatan dari kejadian yang tidak terduga seperti peristiwa kerusakan, kehilangan bahkan hingga kematian. Dengan adanya sistem menyimpan uang seperti menabung kepada pihak asuransi itu sendiri, membuat sebagian masyarakat berfikir Asuransi hanya diperlukan untuk masyarakat menengah ke atas saja contohnya asuransi BPJS kesehatan, yang memang memiliki dana khusus dan merasa perlu perlindungan.

Kenyataanya asuransi bukanlah hal yang hanya boleh dipenuhi oleh masyarakat kelas menengah ke atas , namun Asuransi akan sangat bermanfaat untuk seluruh masyarakat di semua kalangan. Untuk segala hal yang dapat menimpa kita di masa depan, baik itu pada diri kita sendiri maupun pada anggota keluarga kita, yang tidak bisa kita prediksikan, Asuransi akan hadir sebagai jalan keluar untuk menghadapi masalah di masa yang akan datang.

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang Asuransi, saatnya anda mengetahui lebih dalam mengenai manfaat memiliki Asuransi dalam hidup anda. Dikutip dari cekaja.com berikut adalah manfaat Asuransi secara umum:

Asuransi Memberikan Ketenangan

Asuransi akan memberikan ketenangan untuk kita, mengapa demikian? Kita tidak akan pernah bisa mengetahui hal apa yang akan terjadi pada kita, baik hari ini, besok dan juga nanti. Karena ketidak pastian inilah, seseorang harus bisa memiliki perlindungan khusus, untuk mengatasi kerugian yang bisa terjadi karena ketidak pastian tersebut. jika anda adalah orang yang selalu siap terhadap sesuatu resiko yang cukup berat dalam hidup anda, seperti resiko kerugian yang bisa terjadi kapan saja , dengan adanya Asuransi, resiko tersebut dapat diminimalisir dengan mudah.

Sekarang, anda dapat membayangkan jika di masa yang akan datang, resiko kejadian tersebut terjadi pada anda, setidaknya jika anda memiliki Asuransi khusus, maka anda akan lebih tenang, karena pihak asuransi akan mengcover sebagian hingga keseluruhan kewajiban pembayaran anda atas resiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan yang anda alami.

Asuransi Sebagai Investasi dan Tabungan

anda yang sudah memiliki asuransi tentunya sudah mengetahui bagaimana cara memperoleh Asuransi dan menikmati manfaatnya. Dengan mendaftarkan diri sebagai pemegang polis dalam sebuah jasa asuransi yang anda pilih, itu berarti anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak asuransi anda. Biasanya, jika anda memilih asuransi untuk investasi, pihak asuransi tertentu akan memberikan keringanan dalam milih waktu pertanggungan polis. Waktu tersebut berbeda-beda yaitu bisa 5,7 dan 10 tahun. Biaya premi pada asuransi juga bisa relative terjangkau bahkan bisa bebas administrasi.

Asuransi Meminimalkan Kerugian

Sudah kita ketahui sekarang, bahwa memiliki Asuransi akan membantu para pemegang polis untuk bisa meminimalkan kerugian dari kejadian yang tidak terduga yang bisa terjadi di kehidupan kita kapan saja. Bagaimana cara asuransi dapat meminimalkan resiko anda? Misalnya, anda adalah seseorang yang kaya raya dan memiliki rumah senilai Rp. 3 Milyar. Tidak hanya itu, anda juga memiliki investasi berupa bangunan yang disewakan untuk kos-kosan mahasiswa. Anda memiliki asuransi, namun hanya untuk mengcover rumah senilai 3M tersebut. tiba-tiba terjadi sebuah bencana kebakaran dan menimpa rumah tersebut. anda mengalami kerugian, namun karena anda telah memiliki asuransi, maka pihak asuransi akan mengcover resiko kerugian anda tersebut. sebaliknya, jika tidak ada asuransi, maka anda harus menanggung sendiri resiko kerugian tersebut.

Asuransi Membantu Mengatur Keuangan

Adanya asuransi , selain bermanfaat untuk masa yang akan datang, asuransi juga akan membantu anda untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terduga. Pengeluaran anda setiap harinya bahkan setiap bulanya bisa saja lebih tinggi dari bulan ke bulanya. Kewajiban anda bila anda memiliki asuransi, anda perlu membayar premi secara rutin yang nominalnya tidak terlalu besar, bahkan bisa diringankan sesuai kemampuan anda. Walaupun anda harus membayarnya secara rutin, namun saat kerugian menimpa anda, pihak Asuransi tetap akan mengcover kerugian anda secara penuh.

Memiliki Asuransi sangat penting untuk ketenangan dan kebahagian anda di masa depan. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda, seperti BPJS Ketenagakerjaan misalnya, masa depan anda setelah pensiun nanti akan terjamin. semoga bermanfaat.