Tentu Anda sudah mendengar tentang kopi hijau, bukan? Kopi hijau merupakan biji kopi arabika mentah yang dalam pembuatannya tidak melalui proses pemanggangan.

Pada saat proses pemanggangan kopi biasa, antioksidan alami yang terdapat di dalam kopi akan ikut menghilang. Berbeda dengan biji kopi hijau yang tidak melalui proses pemanggangan sehingga kandungan yang terdapat di dalamnya dapat dipertahankan.

Hal inilah yang menyebabkan kopi hijau memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan jika dibandingkan dengan kopi biasa, yang diantaranya diklaim dapat menurunkan tekanan darah, detoksifikasi dan mencegah kanker.

manfaat ekstrak biji kopi hijau
Biji kopi hijau memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan kopi biasa.

Khasiat ekstrak dan biji kopi hijau

Berikut ini merupakan beberapa manfaat mengagumkan dari kopi hijau yang perlu Anda ketahui:

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Kopi hijau memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi karena tidak melalui proses pemanggangan yang dapat menghilangkan sebagian besar kandungan antioksidan seperti yang biasa diterapkan pada pembuatan kopi yang sering Anda konsumsi.

Karena mengandung antioksidan tinggi, kopi hijau dapat membantu mengurangi efek kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan radikal bebas dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sejumlah penelitian telah memastikan bahwa biji kopi hijau mentah yang belum diolah memiliki kandungan Asam Chlorogenic (CGA) murni sebanyak 100% yang mana  merupakan ester asam caffeic yang memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang biasanya timbul karena faktor penuaan, stres, kekurangan makanan, paparan bahan kimia dan faktor lainnya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Asam chlorogenic yang terdapat di dalam kopi hijau dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan lebih efektif sehingga dapat membantu Anda meningkatkan proses penurunan berat badan.

Penelitian mengungkapkan bahwa individu yang rutin mengkonsumsi kopi hijau mengalami penurunan berat badan hingga 10% dari berat badan awalnya hanya dalam 22 minggu.

3. Fungsi detoksifikasi

Ekstrak kopi hijau adalah detoks alami. Mereka juga sangat efektif untuk mendetoksifikasi hati atau membersihkan tubuh dari racun berbahaya, kolesterol jahat, lemak yang tidak dibutuhkan tubuh dan lain sebagainya.

Enzim transferase glutathione yang ada di dalam kopi hijau bertugas sebagai katalis dalam membantu mengikat karsinogen dan zat berbahaya lain yang masuk ke dalam tubuh.

4. Meningkatkan metabolisme

Asam chlorogenic yang terkandung di dalam kopi hijau dikenal sebagai penguat metabolisme yang dapat  meminimalkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah.

Karena kurangnya glukosa, tubuh secara aktif mulai membakar sel-sel lemak yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa tubuh. Maka, secara tidak langsung kopi hijau dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Menekan nafsu makan

Bagi Anda yang ingin berdiet dan menurunkan berat badan tampaknya Anda perlu mencoba diet kopi hijau ini, karena kopi hijau dapat menekan nafsu makan secara kuat dan efektif sehingga dapat mengendalikan nafsu makan dan mencegah Anda untuk makan berlebih agar tubuh dapat membakar timbunan lemak dan menurunkan berat badan.

kopi hijau tingkatkan imun tubuh
Antioksidan tinggi pada kopi hijau bantu tingkatkan kekebalan alami tubuh.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kopi hijau sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, dan membantu menghilangkan semua jenis zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, yang tentu berpengaruh terhadap menguatnya sistem kekebalan tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat berakhir pada beberapa penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjang kronis dan lain-lain. Namun, para peneliti telah menemukan adanya kandungan aspirin yang sangat aktif dan kuat yang terdapat di dalam biji kopi hijau yang memberikan dampak positif pada darah.

Sebuah penelitian pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa pria yang menderita hipertensi mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan saat diberikan ekstrak biji kopi hijau selama empat minggu.

Menurut penelitian lain pada tahun 2007, ekstrak biji kopi hijau lebih efektif dibanding kopi panggang dalam fungsinya menurunkan tekanan darah karena kadar hidroksibydroquinon yang lebih rendah.

8. Membantu mengontrol diabetes

Kandung chlorogenic yang terkandung di dalam kopi hijau berperan efektif dalam pengelolaan gula darah dalam tubuh pada individu dengan diabetes tipe dua. Asam chlorogenic memiliki fungsi yang sama seperti diet yang dirancang untuk membantu mengelola diabetes.

Penelitian telah menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih banyak asam chlorogenic mengalami penurunan risiko diabetes sebanyak lima puluh persen.

9. Mencegah kanker

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa antioksidan dapat mencegah terjadinya kanker. Itulah mengapa kopi hijau perlu diperlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi jika ingin terhindar dari salah satu penyakit paling mematikan tersebut.

Antioksidan yang terkandung di dalam asam chlorogenic yang ditemukan di dalam ekstrak kopi hijau secara signifikan dapat menghambat proliferasi sel kanker dan meningkatkan fungsi detoks alami tubuh.

10. Meningkatkan kecerdasan otak

Ekstrak kopi hijau dapat meningkatkan kecerdasan otak yang merupakan pengaruh dari protein BDNF –disebut neurotropika— yang diturunkan dari otak, dan memainkan peran penting dalam proses pembelajaran, memori dan juga prilaku.

BDNF adalah salah satu dari sedikit zat yang berhasil melintasi daerah otak sehingga dapat mempengaruhi zat kimia yang ada di dalam otak dengan cara yang positif. BDNF berkaitan dengan berbagai penyakit seperti demensia, Alzheimer, Parkinson, Depresi, OCD dan masih banyak lagi.

Brain Health Studies telah mengungkapkan bahwa individu yang menderita depresi memiliki tingkat BDNF yang lebih rendah dari rata-rata. ekstrak kopi hijau berfungsi untuk meningkatkan kadar BDNF yang juga dapat meningkatkan keberhasilan perawatan untuk pasien depresi.

11. Mencegah Rheumatoid Arthritis

Penyakit Rheumatoid Arthritis atau radang sendi, yang juga biasa dikenal dengan sebutan rematik, juga dapat dicegah dengan menggunakan kopi hijau.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa asam chlorogenic yang berfungsi sebagai agen anti-rematik yang manjur saat diujicobakan kepada tikus jantan karena dapat membatasi respon imunologis merugikan yang dapat merusak berbagai sistem organ tubuh.

Saat ini para peneliti masih melakukan penelitian apakah hasil tersebut akan memberikan hasil yang sama jika diterapkan kepada manusia.

12. Melawan kebotakan

Androgenetic alopecia yang juga disebut sebagai kerontokan rambut berpola juga dapat disembuhkan menggunakan biji kopi hijau. Ekstrak kacang ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan helai rambut secara signiifikan.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada biji kopi hijau akan membantu melawan segala racun yang dapat merusak rambut sehingga menciptakan rambut yang sehat, lebih kuat, dan indah.

13. Melembabkan kulit

Selain agen antioksidan yang baik, biji kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk asam arahat, asam linoleat, dan asam oleat yang mana jenis-jenis asam tersebut dapat memberikan nutrisi dan melembabkan kulit, mencegah pengenduran kulit, perubahan warna dan kerusakan kulit lainnya.

Biji kopi hijau juga dapat mempertahankan kadar bahan volatile tinggi karena tidak adanya proes pemanggangan. Asam Gamma-Aninobutyric adalah beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya keriput di kulit.

14. Meningkatkan energi

Karena adanya kandungan kafein yang tinggi yang terdapat di dalam biji kopi hijau, mereka bisa digunakan sebagai penguat energi yang sangat efektif. Seperti halnya kopi hitam, kopi hijau dapat meningkatkan energi dan membuat kita tetap aktif sepanjang hari.

15. Mengurangi tingkat kolesterol buruk

Low Density Lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama terjadinya gangguan kardiovaskuler yang mematikan, termasuk serangan jantung.

Namun, studi telah menunjukan bahwa ekstrak kopi hijau mampu menekan dan membersihkan kolesterol jahat –dan berbagai zat berbahaya lainnya– dari dalam tubuh secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here