Manfaat Penting Cuci Tangan bagi Kesehatan

Masih banyak dari kita yang meremehkan pentingya menjaga kebersihan tangan. Padahal, mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk melindungi diri dari sejumlah penyakit menular, mulai dari yang ringan hingga yang dapat mengancam nyawa.

Cuci tangan, pertahanan pertama dari penyakit
Kuman dan bakteri bisa menular melalui banyak cara, dan yang paling rawan adalah tangan. Ketika tangan yang mengandung kuman menyentuh mata, hidung, atau mulut maka anda bisa terserang penyakit.

Jika anda memiliki anak, memahami keutamaan mencuci tangan adalah keharusan, demi menghindari anak-anak anda dari banyak penyakit yang bisa mengganggu aktivitas berlajar mereka.

Ingatkan diri sendiri dan anggota keluarga anda untuk mencuci tangan ketika:

  • Sebelum dan setelah makan
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah beraktivitas/bermain di luar rumah
  • Setelah bersentuhan dengan fasilitas umum (lift, tangga, pintu umum, dll)
  • Setelah menyentuh binatang
  • Setelah menyentuh cairan kimia berbahaya
  • Tangan tampak kotor/berbau

Bersentuhan tangan dengan orang lain juga bisa menularkan penyakit, mulai dari yang ringan (misalnya pilek) hingga penyakit berbahaya. Infeksi penyakit sangat rentan pada anak kecil, usia lanjut, dan orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh (misalnya orang yang mengidap HIV/AIDS).

Ketahui juga cara mencuci tangan yang benar.

Manfaat Sehat Mencuci Tangan

Mulai kecil, kita semua sering mendengar orang tua dan guru mengingatkan kita untuk rajin mencuci tangan, namun sayangnya hingga kini masih banyak yang ‘lupa’.

Pada tahun 20014, sebuah pengamatan berulang dilakukan pada pengguna toilet umum. Hasilnya, 60 hingga 75 persen dari perempuan mencuci tangan mereka setelah menggunakan toilet. Sementara itu hanya 30 – 51 persen dari pria yang mencuci tangan mereka setelah menggunakan toilet.

Beberapa manfaat berikut mungkin bisa kembali mengingatkan kita tentang pentingnya mencuci tangan:

Cuci tangan mengurangi resiko diare dan sakit perut
Mencuci tangan akan mengurangi resiko diare dan gangguan infeksi usus secara signifikan, khususnya pada anak-anak. Sakit diaere adalah penyebab tertinggi kematian pada anak berusia di bawah 5 tahun di seluruh dunia. Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah pennyakit ini, termasuk mencegah cacingan.

Cuci tangan mencegah infeksi mata
Penyebaran bakteri yang dapat menginfeksi mata, seperti trachoma, dapat ditanggulangi dengan mencuci tangan secara rutin. Cuci tangan pun efektif untuk sakit mata (mata merah). Kondisi-kondisi tersebut dapat meyebabkan mata iritasi, perih, gatal, dan berair. Infeksi tersebut dapat menyebar melalui banyak cara, namun yang paling umum adalah melalui virus.

Cegah berbagai infeksi pada mata dengan mencuci tangan dengan sabun, khususnya jika anda adalah pengguna lensa kontak.

Cuci tangan dapat mencegah infeksi saluran pernapasan
Patogen yang menjadi penyebab utama ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) sangat umum dijumpai pada jari dan telapak tangan. Anda bisa menurunkan resiko terkena infeksi penapasan ini dengan rajin mencuci tangan.

Cuci tangan dapat mencegah berbagai penyakit
Tangan yang tidak bersih dapat menjadi jalan masuknya penyakit ke dalam tubuh. Mencuci tangan dengan benar dapat melindungi diri dari beberapa penyakit menular seperti pilek, flu, diare, hingga hepatitis A, dan meningitis.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.