7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Pria

Kacang almond mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh dan kesehatan. Beberapa yang menonjol adalah protein, magnesium, kalsium, kalium (potassium), serat, zat besi, hingga kandungan kandungan zinc, selenium, dan juga vitamin E.

Kacang almond pun dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan pria, termasuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi seksual serta sistem reproduksi pada pria.

Berikut adalah beberapa manfaat almond dalam kaitannya dengan kesehatan pria:

manfaat kacang almond
Kacang almond, baik untuk kesehatan pria.

Meningkatkan energi
Kacang almond mengandung beberapa nutrisi yang esensial untuk produksi energi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), protein, mangan, dan tembaga. Kacang almond pun mampu memberi kontribusi positif bagi performa pria, yang meliputi kekuatan dan ketahanan tubuh pria.

Meningkatkan hormon testosteron
Pria berusia di atas 30-an beresiko mengalami penurunan produksi testosteron. Jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut, termasuk kacang almond, yang akan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Almond mengandung vitamin E, kalsium, zinc, mangan, dan juga kalium, yang semuanya berperan penting dalam produksi hormon testosteron.

Meningkatkan libido
Level hormon testosteron yang tinggi berarti membuat libido pria berada pada level yang tinggi pula. Kacang almond dapat mendukung kesehatan fungsi seksual pria. Beberapa penelitian juga mengungkap bahwa almond mengandung arginine, senyawa yang dapat meningkatkan libido pria.

Baik untuk kesehatan jantung
Aliran darah yang lancar sangat berhubungan dengan kesehatan jantung–dan juga vital untuk kesehatan organ pria. Almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh, menyediakan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats), dan merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik.

Sudah banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi kacang almond dan jenis kacang-kacangan lainnya dengan penurunan resiko serangan jantung.

Meningkatkan kesehatan tulang
Almond merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Didukung dengan protein, mangan, dan kalium, kacang almond dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang, sekaligus mencegah berbagai masalah pada tulang seperti osteoporosis.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin E, zinc, dan juga selenium yang terkandung dalam kacang almond merupakan vitamin dan mineral yang penting untuk memperkuat sistem imun dan menjauhkan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Menjaga dan menurunkan berat badan
Kacang almond juga dapat membantu menurunkan berat badan. Walaupun mengandung kalori yang cukup tinggi, namun sebagian besar kalori yang diberikan adalah dalam bentuk monounsaturated fats, yang berarti aman untuk jantung dan kolesterol tinggi, serta menjaga berat badan tubuh.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Obesity, mengkonsumsi kacang almond setidaknya dua kali dalam seminggu akan mengurangi kecenderungan naiknya berat badan.

Gambar oleh Luigi Chiesa via Wikimedia Commons.