Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Kayu manis (cinnamon) telah lama dijadikan rempah atau bahan masakan, dan aromanya yang manis dapat menggugah selera. Di samping itu, banyak penelitian yang menemukan bahwa kayu manis tidak hanya sedap, namun juga menyehatkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan, sehingga anda harus sering menambahkannya dalam menu makan sehari-hari.

Mengontrol gula darah

Beberapa studi menyatakan bahwa kayu manis dapat membantu mengontrol gula dalam darah, sehingga kayu manis sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Menurunkan kadar kolesterol

manfaat kayu manis untuk kesehatan
Kayu manis sangat baik untuk kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa setengah sendok kayu manis perhari dapat menurunkan level kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh para peneliti U.S. Department of Agriculture in Maryland, kayu manis dapat mengurangi proliferasi leukimia dan sel-sel kanker lymphoma.

Kesehatan otak

Fakta menarik hasil sebuah study menyatakan bahwa mencium aroma kayu manis dapat merangsang dan meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak.

Mengurangi rasa sakit akibat arthritis

Kayu manis memiliki kemampuan untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik. Dalam sebuah study di Universitas Copenhagen, pasien diberikan setengah sendok teh bubuk kayu manis dicampur dengan satu sendok makan madu setiap sarapan, dan hasilnya secara signifikan menghilangkan rasa sakit arthritis dalam seminggu dan pasien dapat berjalan tanpa rasa sakit dalam satu bulan berikutnya.

Mengatasi nyeri haid

Banyak wanita yang menggunakan kayu manis untuk mengatasi rasa nyeri saat sedang haid. Senyawa cinnamaldehyde pada kayu manis dapat mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan ketidaksuburan atau infertilitas.

Bernutrisi tinggi

Kayu manis merupakan sumber yang bagus untuk mangan, serat atau fiber, zat besi dan juga kalsium.

Mencegah jamur dan bakteri E.coli

Para peneliti di Universitas Kansas menemukan bahwa kayu manis melawan pertumbuhan bakteri ganas E. coli dan juga jamur-jamur lainnya.

3 KOMENTAR

  1. saya telah membuktikan khasiat kayu manis. awal juli2014 tes gula darah 367, minum obat – akhir oktober 2014 tes gula darah 287, lalu saya minum godokan kayu manis selama 1 bulan 1 kali sehari dan minum obat, ternyata 7 Des 2014 hasil tes gula darah 171, jadi lanjut minum 2 kali sehari. saran saya coba saja dan olah raga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here