Manfaat Penting Minum Air Putih

0

Air merupakan komponen utama tubuh manusia. Faktanya, tubuh kita yang terdiri dari sel, organ, dan jaringan ini tersusun dari 55–78% air, tergantung ukuran tubuh kita. Karena itu, minum air yang cukup setiap hari sangat penting untuk menunjang kinerja berbagai fungsi tubuh, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kebutuhan Air Harian
Air yang sebaiknya diminum adalah 8-10 gelas setiap hari untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita. Sedangkan menurut The Institute of Medicine, air yang dibutuhkan tubuh setiap hari adalah 3 liter atau 13 gelas untuk pria, dan 2,2 liter atau 9 gelas untuk wanita.

Kebutuhan air setiap orang memang bisa berbeda-beda, namun bisa diperhatikan dari warna air kencing Anda. Bila warna air kencing yang keluar tidak jernih, itu menandakan tubuh Anda kekurangan air.

Cairan tubuh keluar dari tubuh melalui keringat, nafas, urin, dan feses. Semakin banyak cairan tubuh yang keluar, semakin banyak Anda harus meminum air, agar cairan tubuh yang keluar dapat tergantikan. Bila air yang Anda konsumsi tidak seimbang atau lebih dikit dari yang dikeluarkan, bisa menyebabkan dehidrasi.

Mengapa Minum Air Putih Sangat Penting?

Selain mencegah dehidrasi, air juga sangat baik untuk kesehatan kita. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus meminum cukup air setiap hari:

1

Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Secara garis besar, fungsi cairan tubuh adalah untuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi saliva (air liur), hingga transportasi nutrisi di dalam tubuh.

Saat kekurangan cairan, otak akan mengirimkan ‘sinyal haus’ agar Anda tahu bahwa tubuh Anda membutuhkan tambahan cairan agar dapat bekerja dengan baik. So, jangan sepelekan rasa haus, karena itu dapat mempengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan.

2

Menambah tenaga dan memulihkan stamina
Otak sebagian besar tersusun dari air. Sel-sel tubuh juga memerlukan air untuk bekerja. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) akan mengakibatkan hilangnya fokus, kurang konsentrasi, mudah lelah, dan mengantuk.

Saat kekurangan cairan, tubuh mengalami penurunan volume darah sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras, dan organ lain pun bekerja tidak efektif.

manfaat minum air putih
Minum air penting untuk mengembalikan stamina dan mencegah dehidrasi. [image: pixabay.com]

Itu merupakan gejala dehidrasi yang bisa berakibat buruk bila dibiarkan begitu saja. Maka meminum banyak air terutama saat beraktifitas yang memerlukan otot maupun otak, sangatlah penting. Dengan banyak meminum air, akan membantu Anda lebih fokus, dan tidak mudah lelah. Organ tubuh pun bisa bekerja semestinya dengan baik.

3

Membantu dan mendukung fungsi ginjal
Ginjal membersihkan racun dari dalam tubuh, membantu mengontrol tekanan darah, serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh, sehingga fungsinya sangat penting dalam sistem tubuh. Bagaimana cara menjaga agar ginjal tetap bekerja dengan baik? Minumlah air putih yang cukup!

4

Mengeluarkan racun
Air merupakan pembersih racun terbaik, dengan membantu membuang racun-racun di dalam tubuh melalui keringat dan urin. Air akan memecah dan melarutkan garam dan mineral yang ada pada urin, sehingga tidak menimbulkan penyakit batu ginjal. Dengan begitu racun dari dalam tubuh bisa keluar dengan mudah, dengan warna urin jernih dan tidak berbau.

Konsentrasi, warna, serta bau urin akan bertambah bila tubuh kekurangan cairan, karena ginjal akan menyerap cairan untuk bekerja. Minumlah lebih banyak air terutama saat udara panas agar cairan yang keluar bisa cepat tergantikan. Selain itu, meminum banyak air akan membantu meringankan kerja hati mengurai racun dalam tubuh.

5

Membantu menurunkan berat badan
Sejak dahulu sudah banyak orang melakukan diet dengan banyak mengonsumsi air putih karena air merupakan minuman tanpa kalori. Sehingga dengan meminum lebih banyak air bisa mengurangi kalori yang masuk dan membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi menemukan, orang yang meminum air putih sebelum makan, berat badannya berkurang lebih cepat dibanding mereka yang tidak meminum air. Itu terjadi karena air membantu mengurangi nafsu makan, membuat perut menjadi kenyang. Selain itu air juga membantu pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh.

6

Melancarkan pencernaan
Air juga akan membantu meningkatkan fungsi saluran cerna dan mencegah konstipasi/sembelit. Kekurangan cairan tubuh akan berakibat sembelit atau susah buang air besar, karena usus menyerap air dari kotoran untuk berhidrasi, sehingga akan membuat kotoran menjadi keras dan susah keluar.

Meminum air akan membantu tubuh mengolah makanan, membantu pencernaan bekerja dengan baik, melancarkan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar. Air dan serat adalah kombinasi sempurna untuk pencernaan, terutama untuk usus Anda.

7

Mengobati sakit kepala dan migrain
Sering kali migrain dan sakit kepala yang Anda alami disebabkan oleh dehidrasi, walaupun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh faktor lain.

Sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa dengan lebih banyak air yang diminum dapat membantu mengurangi durasi serta intensitas rasa sakit pada partisipan yang diteliti. Tak ada salahnya mengonsumsi air sebagai langkah awal bila rasa sakit pada kepala menyerang.

8

Memperbaiki suasana hati (mood)
Peneliti mengindikasikan bahwa dehidrasi ringan bisa berdampak negatif pada suasana hati dan kemampuan berpikir. Sebuah studi yang diadakan pada 25 wanita dan diterbitkan pada Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi bisa mempengaruhi mood dan fungsi kognitif seseorang.

Dengan meminum cukup air, akan membuat Anda segar kembali dan memperbaiki suasana hati Anda.

9

Mengatur suhu tubuh
Saat berolahraga atau cuaca sedang panas, tubuh kita akan mengalami kenaikan suhu dan berkeringat. Air lah yang membantu melepas panas dari tubuh saat keringat yang keluar dari kulit. Air putih yang Anda minum akan membantu menstabilkan suhu tubuh. Semakin banyak keringat yang keluar, semakin banyak air yang harus kita minum nantinya untuk menggantikan cairan yang keluar.

Di cuaca dingin pun, kita harus tetap meminum cukup air, karena tubuh kita akan tetap kehilangan cairan melalui nafas, feses, dan terutama urin.

10

Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit
Air akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan melancarkan aliran darah dan nutrisi, yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda. Air juga akan memperbaharui jaringan kulit, melembabkannya, melembutkan, bercahaya, dan membuatnya lebih elastis. Keriput pun berkurang.

Saat tubuh kekurangan cairan, kulit akan tampak kering dan berkerut.

Selain manfaat utama air minum di atas, beberapa manfaat berikut juga bisa Anda dapatkan dengan minum air secara rutin:

  • Melindungi sendi dan tulang rawan
    Tulang rawan manusia teridiri dari sekitar 85% air. Air ini akan menjaga tulang rawan di sekitar sendi supaya tetap terhidrasi dan fleksibel, serta membuat sendi kita terlumasi dengan baik. Air juga membantu menjaga jaringan saraf. Sehingga kram atau cedera dapat dihindari.
  • Mencegah bau mulut
    Bau mulut adalah tanda Anda kekurangan cairan. Meminum air yang cukup akan membuat mulut lebih lembab dan membersihkan makanan yang tersisa di mulut berserta bakteri-bakterinya. Air juga melarutkan bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri di mulut.
  • Membantu kerja otot
    Minum air membantu mencegah kram dan melumasi persendian otot-otot tubuh. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, Anda bisa berolahraga dan melakukan aktivitas berat lain dengan lebih baik.
  • Menurunkan tingkat stres
    Sekitar 70% hingga 80% jaringan otak terdiri dari cairan. Jika Anda dehidrasi, tubuh dan pikiran menjadi stres. Untuk menjaga level stres tetap rendah, selalu siapkan air di meja kerja Anda, atau bawa selalu botol air minum jika berada di luar ruangan.
  • Melawan kanker
    Menurut sebuah penelitian, semakin banyak air yang dikonsumsi, semakin rendah pula munculnya kanker. Salah satu alasan yag masuk akal adalah semakin banyak minum air, semakin sering buang air kecil. Dan urin membawa keluar racun termasuk zat karsinogen atau zat penyebab kanker. Namun, penelitian lanjut masih perlu dilakukan.

Setelah mengetahui banyak manfaat air minum untuk tubuh dan kesehatan, Anda tidak bisa lagi meremehkan manfaat penting air minum bagi tubuh.

Tips agar minum lebih banyak air putih setip hari

Percaya atau tidak, sebagian besar orang tidak memenuhi kebutuhan air harian yang dianjurkan. Berbagai alasan menjadi penyebabnya, seperti lupa, tidak biasa, hingga malas.

Berikut adalah tips agar Anda bisa minum lebih banyak air putih:

  • Ciptakan kebiasaan (rutinitas). Buat rutinitas minum air Anda, misalnya setiap setelah (dan sebelum) bangun tidur, setelah minum minuman manis (kopi, teh, dll), dan setelah buang air.
  • Bawa botol air saat keluar rumah. Siapkan botol minum setiap berangkat kuliah ataupun kerja, sehingga Anda tak perlu membeli air mineral saat di luar rumah.
  • Aktif secara fisik. Dengan gerak tubuh yang aktif, metabolisme tubuh akan meningkat dan merangsang Anda untuk minum lebih banyak air.

So, sudahkah Anda minum air yang cukup hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here