7 Manfaat Ajaib Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Anda yang pernah mengikuti pramuka pasti pernah mendengar jika kelapa adalah salah satu tumbuhan yang dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya. Tak hanya buah, sabut, maupun batangnya, minyak kelapa pun kaya akan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Ditambah lagi, minyak kelapa 100 persen alami, terjangkau, dan mudah didapatkan di Indonesia. Manfaatnya pun dapat dirasakan oleh seluruh tubuh, mulai dari kulit, sistem pencernaan, mental, hingga rambut. Berikut ini enam manfaat istimewa minyak kelapa bagi kesehatan kita:

Perawatan kulit

Minyak kelapa merupakan pelembab yang sangat baik digunakan untuk segala jenis kulit, terutama kulit kering dan mengalami tanda-tanda penuaan. Minyak kelapa dapat menyegarkan kulit Anda, membuatnya tampak awet muda dan sehat dalam jangka waktu lama. Kandungan lemak dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurangi munculnya keriput tanpa menyebabkan iritasi.

Tak hanya mempercantik, minyak kelapa dapat mengatasi masalah kulit seperti dermatitis, eksim, psoriasis, dan penyakit kulit lainnya. Minyak kelapa pun kaya akan vitamin E yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit rusak. Vitamin E ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit serta dapat mencegah kanker kulit.

Meredakan stres

Aroma alami dari minyak kelapa dapat membantu menurunkan tingkat stres. Jika Anda merasa lelah setelah bekerja seharian maupun menghadapi masalah yang membuat Anda tertekan, cobalah oleskan sedikit minyak kelapa dan pijat kepala Anda dengan gerakan melingkar. Anda pun dapat mencoba mencampurnya dengan aromaterapi favorit Anda yang lain.

Mengatasi masalah pencernaan

Minyak kelapa mengandung asam lauric dan asam capric yang termasuk dalam lemak jenuh trigliserida rantai sedang. Lemak ini digunakan untuk membentuk antibodi, sistem pertahanan utama tubuh dalam melawan infeksi dan virus. Lemak ini pun dapat membantu mengontrol bakteri dan jamur penyebab masalah pencernaan dan sistem gastro intestinal, serta sindrom iritasi usus besar.

Dengan dihancurkannya bakteri parasit, sistem pencernaan bisa bekerja secara lebih optimal. Kandungan asam lemak di dalam minyak kelapa juga membantu penyerapan mineral, vitamin, dan asam amino, yang akan membuat Anda semakin sehat.

Menjaga bentuk tubuh

Minyak kelapa terbukti dapat meningkatkan fungsi tiroid, meningkatkan metabolisme dan tingkat energi Anda. Ketiganya dapat membantu membakar lemak yang tidak diinginkan dan meningkatkan pembentukan otot. Minyak kelapa juga mengandung enzim yang berfungsi sebagai katalis asam lambung yang dapat membantu memecah lemak. Trigliserida rantai sedang pun mudah diserap oleh tubuh sehingga kolesterol tak gampang meningkat. Karena itulah minyak kelapa populer sebagai lemak rendah kalori alami satu-satunya di dunia ini.

Meningkatkan energi

Kandungan asam laurat yang termasuk dalam trigliserida rantai sedang sangat melimpah dalam minyak kelapa. Lemak ini dikirim langsung oleh tubuh ke hati Anda untuk diproses sebagai energi. Inilah yang membuat minyak kelapa bermanfaat sebagai sumber energi instan untuk tubuh. Fungsi ini sangat dibutuhkan dalam diet karbohidrat sederhana sehingga cocok digunakan bagi Anda yang ingin tetap berenergi tanpa menambah banyak kalori.

Membantu proses penyembuhan

Seperti dijelaskan sebelumnya, asam lauric dan capric bermanfaat dalam pembentukan antibodi dalam tubuh. Antibodi ini tak hanya melindungi tubuh dari infeksi dalam, melainkan juga infeksi luar. Saat mengobati luka tergores atau parut, minyak kelapa dapat membentuk lapisan kimia tipis yang melindungi luka dari bakteri, debu, dan virus. Minyak kelapa mempercepat proses penyembuhan luka dengan memperbaiki jaringan yang rusak. Ditambah lagi, minyak kelapa memiliki aroma yang jauh lebih baik daripada obat-obat luka yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Perawatan Rambut

Minyak kelapa adalah salah satu produk paling bernutrisi yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut. Begitu banyak manfaat yang dapat diambil, di antaranya seperti menjaga kelembaban rambut, memaksimalkan pertumbuhan rambut, menguatkan akar rambut, dan menghilangkan ketombe. Minyak kelapa juga menyediakan protein esensial yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut rusak, melebatkan, dan menguatkan rambut.

Melimpahnya manfaat dan harganya yang murah menyebabkan minyak kelapa banyak digunakan dalam produk perawatan rambut. Daripada membeli produk perawatan rambut yang mungkin disertai bahan kimia yang tak terlalu bermanfaat, akan lebih baik jika Anda langsung menggunakan minyak kelapa alami untuk merawat rambut Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here