17 Manfaat Mengagumkan Susu untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

18/08/2016
674

Susu merupakan salah satu sumber makanan sehat yang memiliki begitu banyak manfaat baik untuk kulit, rambut juga kesehatan secara keseluruhan. Mengingat gizi yang terkandung di dalam susu begitu melimpah tak jarang susu dan berbagai produk olahannya menjadi bagian penting dalam proses diet sehat Anda. Bahkan kabarnya, susu juga menjadi rahasia dari kulit bercahaya dan bebas kerut yang dimiliki Cleopatra. Berikut ini beberapa manfaat susu untuk kulit, rambut dan juga kesehatanmu:

Manfaat Susu untuk Kulit

Sebagai pembersih
Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran dan minyak dengan bantuan dari enzim lipase yang larut dalam lemak. Selain itu asam laktat yang terkandung di dalam susu juga membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit Anda akan menjadi lebih halus dan bercahaya.

Ambil kapas kemudian celupkan ke dalam susu, lalu gunakan untuk menyeka wajah Anda. Biarkan selama 5 menit kemudian cuci menggunakan air dingin. Atau Anda juga bisa mencampurkan irisan pepaya ke dalam susu kemudian campuran ini dioleskan pada wajah dan leher. Biarkan mengering, kemudian cuci dengan air bersih.

Sebagai pelembab (moisturiser) untuk kulit kering dan pecah-pecah
Jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung kering tampaknya Anda perlu mencoba menggunakan susu sebagai pelembab alami untuk kulit Anda. Mentega adalah salah satu produk susu yang bisa langsung diterapkan pada bagian tubuh yang kering seperti tangan, kaki, wajah, hingga bibir.

Mencerahkan kulit
Susu dapat mencerahkan kulit Anda dengan mengurangi sel-sel kulit berpigmen sehingga membuat kulit Anda lebih bercahaya. Ambil 2 sendok makan susu bubuk, satu sendok makan madu, dan kemudian campur menggunakan 2 sendok air hangat.

manfaat sehat susu untuk kulit
Susu memberikan banyak manfaat sehat untuk tubuh kita.

Gunakan campuran tersebut dengan menerapkannya ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga mengering dan kaku. Bersihkan menggunakan air hangat.

Sebagai anti-ageing atau anti penuaan
Tahukah Anda susu juga dapat membantu dalam mengurangi keriput? Kandungan enzim, protein, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam susu dapat membantu meremajakan kulit Anda.

Campur setengah pisang dan susu kemudian oleskan di seluruh wajah. Cara ini dapat membantu menyingkirkan keriput dan garis-garis halus.

Sebagai pembersih untuk kulit sensitif
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tentu saja tidak mudah untuk memilih pembersih wajah dan sejenisnya. Karena kalau salah pilih bisa-bisa wajah atau kulit Anda mengalami “break out” atau iritasi pada kulit. Jika sudah seperti itu maka susu bisa Anda jadikan sebagai alternatif pembersih kulit.

Saat kulit Anda sedang mengalami iritasi maka pilihan terbaiknya adalah menghentikan segala produk perawatan kulit yang Anda gunakan, dan mulai menggantinya dengan susu.

Caranya mudah, cukup pijat wajah menggunakan susu sebanyak dua kali sehari pada wajah Anda kemudian seka dengan kapas basah dan keringkan. Hal ini tidak hanya membersihkan tapi juga menenangkan dan melembabkan kulit yang teriritasi.

Mengompres kulit yang terbakar matahari
Mendapati kulit terbakar matahari setelah liburan memang menyebalkan, tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah mendinginkan kain lembut dan merendamnya dalam semangkuk susu segar dan menerapkannya pada kulit yang terbakar matahari.

Susu mampu menenangkan kulit terbakar dengan bantuan anti-inflamasi atau anti peradangan yang juga mampu melembabkan dan bersifat memperbaiki kulit.namun, jangan menggunakan susu yang berlemak atau krim susu karena kandungan lemak yang dikandungnya justru mengurung sengatan matahari dan menghalangi hilangnya panas.

Sponsored Links

Mandi susu
Anda bisa menambahkan susu ke dalam air hangat di bak mandi Anda untuk menyehatkan kulit serta memanjakan kulit Anda seperti SPA ala rumahan.

Anda juga bisa menambahkan oat dan kelopak mawar ke dalam bak mandi, menyetel musik yang menenangkan dan menyalakan lilin aromaterapi. Selain menenangkan kulit Anda juga bisa menenangkan pikiran.

Membantu memperbaiki tumit pecah-pecah
Susu membantu dalam memperbaiki tumit pecah-pecah akibat pengelupasan kulit mati. Anda cukup menyiapkan setengah cangkir susu, 5 sendok makan oat dan 5 sendok makan oat atau minyak zaitun ke dalam bak air hangat. Kemudian rendam kaki Anda selama 10 sampai 15 menit sebelum tidur.

Anda juga bisa menggosok kaki Anda dengan lembut menggunakan batu apung, kemudian pijat dengan minyak pijat atau mentega. Rutin menerapkan cara ini selama beberapa minggu akan mengembalikan kehalusan kulit Anda.

Membersihkan sel kulit mati
Gunakan scrub susu pada wajah Anda untuk menyingkirkan semua sel kulit mati dan membuat wajah Anda bersinar secara alami. Ambil air mendidih dan larutkan sedikit garam. Tambahkan 4 cangkir susu non-fat instan. biarkan selama 20 menit. Gunakan scrub tadi untuk membersihkan kulit Anda.

Mengecilkan pori-pori
Bagi Anda yang memiliki masalah pori-pori besar dapat menggunakan susu atau krim susu untuk mengatasi masalah tersebut karena susu sangat efektif dalam menyusutkan pori-pori wajah.

Ambil krim susu secukupnya kemudian oleskan secara merata di sleuruh wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15 menit, kemudian cuci menggunakan air dingin.

Manfaat Susu untuk Rambut

Sebagai kondisioner
Tahu kah Anda ternyata susub juga dapat memberikan nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda cukup menerapkan sejumlah butter milk atau krim susu di sepanjang rambut setelah mencuci rambut kemudian biarkan selama 5 sampai 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Perawatan rambut kering dan kasar
Rambut kering dan kasar sekarang sudah ada solusinya. Anda hanya perlu mengoleskan susu di seluruh rambut secara merata dari dalam ke luar. Cuci setelah beberapa menit.

Cara ini akan membuat rambut Anda halus dan lembut secara alami. Jangan terlalu lama saat mengeringkannya setelah menerapkan pada kulit kepala karena bisa membuat lengket dan dapat merusak rambut saat dibilas.

Perlu diperatikan, metode ini tidak disarankan untuk orang-orang yang memiliki masalah ketombe.

Membuat rambut bersinar dan bercahaya
Santan merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat baik digunakan untuk perawatan rambut Anda. Karena santan dapat membuat rambut Anda lebih lembut, mengkilap dan lebih mudah di atur. Produk olahan ini juga bagus untuk menyehatkan kulit kepala Anda.

Manfaat Susu untuk Kesehatan

Kesehatan tulang
Susu yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tulang. Pertumbuhan tulang untuk anak-anak dan kekuatan tulang untuk orang dewasa. Bagi Anda yang kekurangan Vitamin D alangkah baiknya memperbanyak konsumsi susu yang mengandung vitamin tambahan.

Pembentukan otot
Untuk membentuk otot susu adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Setelah melakukan olahraga atau latihan fisik minum susu dapat membantu Anda mengembalikan energi yang hilang.

Melawan stres
Segelas susu hangat akan membantu Anda mengurangi stres dan menenangkan saraf. Selain itu susu juga dapat meningkatkan energi dan mengurangi gejala PMS.

Menurunkan berat badan
Selain lezat susu juga cemilan yang sehat. Minum segelas susu rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Cara ini efektif untuk membantu dalam proses penurunan berat badan Anda. Tambahkan segelas susu untuk makan malam atau minum susu dicampur dengan buah-buahan.

Sekarang Anda sudah tahu bukan bagaimana bergunanya susu untuk kulit, rambut dan kesehatan tubuh kita? Jangan ragu untuk mencoba beberapa tips di atas untuk diaplikasikan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here