14 Khasiat dan Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan

Green tea atau teh hijau merupakan salah satu ramuan herbal asal Cina yang telah digunakan selama lebih dari ribuan tahun sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit. Dan tahukah Anda dibalik secangkir teh hijau terkandung segudang manfaat yang mengejutkan seperti membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko kanker, dan lain sebagainya.

Mengapa teh hijau memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan teh biasa? Alasan mengapa teh hijau memiliki manfaat kesehatan lebih banyak dibanding teh biasa adalah berasal dari proses pengolahannya.

Teh biasa diolah dengan cara yang memungkinkan terjadinya proses fermentasi, sementara pada pengolahan teh hijau justru menghindari proses fermentasi tersebut, alhasil teh hijau mempertahankan lebih banyak zat antioksidan dan poli-fenol dibadingkan teh biasa.

Berikut ini adalah daftar beberapa manfaat menakjubkan dari teh hijau yang mungkin belum Anda ketahui:

Teh hijau mengandung banyak senyawa penting untuk kesehatan

teh hijau lawan penuaan dini
Teh hijau memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh.

Dalam secangkir teh hijau mengandung berbagai senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Teh hijau juga kaya akan polifenol seperti flavonoid dan catechin yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.  Zat-zat tersebut dapat mengurangi dan menangkal pembentukan radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel-sel dan molekul-molekul dari kerusakan.

Teh hijau baik untuk melawan alergi

Jika Anda memiliki alergi tertentu mungkin Anda bisa memasukan teh hijau ke dalam daftar ramuan obat-obatan Anda. Teh hijau terbukti mengandung kandungan anti-alergi bernama epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan senyawa paling ampuh dalam melawan alergi.

Selain itu, dalam sebuah jurnal Cytotechnology yang diterbitkan pada tahun 2007, ditemukan bahwa polifenol yang terdapat di dalam teh dapat membantu mengurangi efek alergi serbuk sari.

Teh hijau membantu menurunkan berat badan

Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh seseorang, yang akan berdampak pada penurunan berat badannya. Kandungan polifenol yang ditemukan dalam teh hijau bekerja dengan cara mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan kalori.

Teh hijau dapat meningkatkan fungsi penglihatan

Kebanyakan orang mengetahui makanan yang paling baik untuk kesehatan mata adalah wortel, namun saat ini ilmu pengetahuan telah menemukan penemuan lain yaitu kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau benar-benar dapat mencegah kebutaan karena katarak. Katekin, zat antioksidan dalam teh hijau, mampu diserap dengan baik oleh jaringan di mata.

Teh hijau meregulasi kadar gula darah dan mencegah diabetes

Teh hijau juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena teh hijau dapat membantu mengatur kadar glukosa yang dapat memperlambat kenaikan gula darah seusai makan. Ini berarti mencegah lonjakan insulin dalam tubuh.

Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan kadar gula (glukosa) dalam darah.

Sebuah studi di Jepang menyatakan bahwa peminum teh hijau rutin memiliki resiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Juga, berdasarkan sebuah review terhadap 7 studi terkait, yang melibatkan lebih dari 200 ribu partisipan, mengatakan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau beresiko lebih rendah mengidap diabetes hingga 18%.

Teh hijau menurunkan resiko serangan jantung

Para ilmuwan berpendapat ketika teh hijau mencapai lapisan pembuluh darah mereka akan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap rileks dan lebih kuat saat menahan perubahan tekanan yang terjadi di dalam darah. Teh hijau juga dapat melindungi jantung dari penyumbatan yang merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Teh hijau membantu menurunkan kolesterol

Akses makanan-makanan berminyak dapat menempatkan Anda sebagai orang yang memiliki risiko kesehatan yang berkaitan dengan jantung misalnya, kolesterol tinggi. Mengganti makanan dan minuman yang tidak sehat dengan teh hijau benar-benar dapat membantu menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal.

Antioksidan yang kuat pada teh hijau juga diyakini mampu menghambat penyerapan kolesterol di usus besar. Teh hijau juga membantu mengurangi kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Teh hijau meningkatkan kesehatan gigi dan gusi

Minum teh dikabarkan memberikan efek buruk pada warna gigi Anda. Hal tersebut disebabkan oleh minuman panas yang mengandung asam tannic, dimana asam tersebut akan meninggalkan warna gelap pada gigi. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk teh hijau. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology menemukan asupan yang terkandung di dalam teh hijau berbanding terbalik dengan penyakit periodontal.

Dengan teratur minum teh hijau dapat mengurangi gejala penyakit periodontal, hal ini dikarenakan adanya katekin yang terdapat di dalam teh hijau. Katekin mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga mengganggu respon inflamasi dalam tubuh terhadap bakteri di mulut, termasuk gigi dan gusi. Kemampuannya untuk mengendalikan bakteri dan menurunkan keasaman saliva dan plak gigi membuatnya berguna untuk mencegah gigi berlubang dan indikator lain dari kesehatan mulut yang buruk.

Teh hijau dapat meningatkan fungsi otak

Teh hijau tidak hanya sekedar menjaga kesehatan Anda tapi juga dapat membuat Anda lebih cerdas. Hal ini disebabkan oleh senyawa dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan menjadikan Anda menjadi lebih cerdas.

Kandungan kafein yang terkandung di dalam teh hiaju tidak sebanyak kopi, meskipun begitu masih bisa memberikan efek ‘gelisah’ apabila dikonsumsi terlalu banyak. Meskipun begitu teh hijau tidak hanya sekedar mengandung kafein tapi juga mengandung asam amino L-theanine yang mampu melintasi penyumbatan darah di otak. Fungsi kafein digadang-gadang mampu melakukan perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak seperti perbaikan suasana hati, kewaspadaan, kecepatan reaksi, hingga memori.

Teh hijau menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau dapat menurunkan risiko Anda terkena berbagai jenis kanker. Seperti yang sudah banyak diketahui, kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali, sementara itu antioksidan sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh dari hal tersebut. Teh hijau sendiri merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik sehingga dapat mencegah pertumbuhaan sel-sel kanker.

Teh hijau menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia dan merupakan penyebab utama demensia. Sementara, penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif paling umum kedua yang menyebabkan berhentinya produksi dopamin dari neuron otak. Nah, Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam teh hijau dapat memberikan efek perlindungan pada neuron dan dapat mengurangi risiko dua penyakit neurodegenerative tersebut.

Teh hijau memberi perlindungan dari sinar ultraviolet

Tampaknya Anda harus mulai mempertimbangkan penggunaan teh hijau selain tabir surya dan kacamata saat mengunjungi pantai. Senyawa katekin yang terdapat di dalam teh hijau benar-benar dapat membuat kulit menjadi lebih tahan terhadap efek sinar UV dan penuaan kulit. Senyawa ini juga dapat mengurangi kulit kemerahaan setelah terkena paparan sinar UV.

Teh hijau membantu mencegah depresi

Theanine adalah asam amino alami yang ditemukan dalam daun teh. Zat tersebut diperkirakan dapat memberikan efek santai dan penenang sehingga dapat menjauhkan Anda dari depresi dan memberikan manfaat yang besar bagi mereka yang gemar mengkonsumsi teh hijau ini.

Teh hijau membantu Anda untuk hidup lebih lama

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, mereka yang rutin mengkonsumsi teh hijau berada pada risiko yang lebih rendah dari berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, alzhaimer, parkinson dan kanker sehingga masuk akal jika hal tersebut dapat membantu Anda untuk hidup lebih lama.