8 Manfaat Teh untuk Kesehatan

Minum teh telah menjadi tradisi banyak orang dan keluarga di Indonesia, baik di pagi dan sore hari. Di samping teh biasa, terdapat beberapa jenis teh yang cukup populer, antara lain teh hijau, teh hitam dan teh oolong.

Meskipun beberapa jenis teh memberikan manfaat kesehatan yang berbeda, namun ke semua teh tersebut mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda.

Berikut adalah 8 manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan jika rajin mengkonsumsi teh:

Mencegah dan melawan kanker

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa terdapat korelasi tinggi antara minum teh dan pencegahan terhadap kanker, termasuk kanker kulit, payudara, paru-paru, hingga kandung kemih. Hal tersebut karena teh sangat baik dalam melawan radikal bebas –yang merupakan penyebab umum kanker,– melalui kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

Teh juga dapat membantu dalam pengobatan kanker. Sebuah studi di University of Missouri menemukan bahwa teh hijau, bekerja bersama-sama dengan emas, mengurangi tumor kanker prostat sebesar 80% pada tikus. Sebuah studi di Skotlandia juga menemukan bahwa senyawa flavonoid teh hijau membantu mengurangi tumor dalam tes laboratorium.

Kandungan antioksidan tinggi

manfaat teh
Secangkir teh mengandung banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

Semua jenis teh mengandung flavonoids, senyawa antioksidan yang sangat poweful. Flavonoids secara khusus diketahui dapat membersihkan tubuh dari berbagai zat radikal bebas di dalam tubuh, baik untuk sistem kardiovaskular, dan mampu mencegah kanker serta banyak penyakit lainnya. Selain itu, flavonoids juga sangat baik untuk memperlambat efek penuaan.

Memperkuat kekebalan tubuh

Teh dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena dapat meningkatkan jumlah sel T di dalam tubuh. Sebuah penelitian di laboratorium juga menemukan bahwa teh mengandung sebuah substansi yang membantu sistem tubuh melawan bakteri, virus dan jamur.

Menurunkan tekanan darah

The Archives of Internal Medicine melaporkan bahwa minum teh hitam tiga kali sehari menyebabkan tingkat tekanan darah sedikit lebih rendah selama 6 bulan penelitian. Para peneliti di University of Western Australia menemukan bahwa minum 8 cangkir teh per hari secara signifikan mampu menurunkan tingkat tekanan darah.

Menurunkan berat badan

Minum 4 hingga 5 gelas teh perhari mampu membantu dalam menurunkan berat badan, berdasarkan penelitian yang tercatat dalam Journal of Nutrition.

Kesehatan jantung

Teh dipercaya dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sebuah studi di European Journal of Clinical Nutrition menghubungkan minum tiga cangkir teh per hari dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh diyakini memainkan peran penting dalam kemampuan teh untuk melindungi jantung dari penyakit.

Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan dalam teh membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Konsentrasi besar polifenol dalam teh dipercaya dapat membantu menghentikan penyerapan kolesterol LDL dan tidak mempengaruhi kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

Memperkuat tulang

Sebuah studi jangka panjang terhadap orang-orang yang memiliki kebiasaan panjang meminum teh, menemukan bahwa teh sangat baik untuk meningkatkan dan memelihara kepadatan dan kekuatan tulang. Secara teratur minum teh selama bertahun-tahun dapat meningkatkan kesehatan tulang secara umum.


Memiliki kebiasaan minum teh sangatlah baik. Jika saat ini anda telah minum teh secara reguler, anda bisa dengan bangga mempertahankannya. Dan bagi anda yang jarang mengkonsumsi teh, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsinya lebih sering lagi untuk membantu meningkatkan kesehatan secara umum.