10 Kebaikan & Manfaat Telur untuk Kesehatan

Dalam hal gizi, telur sangat susah ditandingi. Itu mengapa telur dikategorikan sebagai ‘superfood‘ alias makanan super. Telur memberikan banyak manfaat bagi tubuh, sumber protein tinggi, meningkatkan kecerdasan otak, dan banyak manfaat kesehatan lainnya

Dan faktanya, telur memang mengandung sangat banyak paket nutrisi alami, yang biasanya harus kita peroleh dari kombinasi beberapa makanan sekaligus.

Simak terus artikel di bawah untuk mengetahui beragam keuntungan dan manfaat yang bisa anda peroleh dari telur.

1. Telur Mengandung Sangat Banyak Nutrisi

Dalam sebutir telur rebus berukuran besar, mengandung nutrisi yang tampak pada tabel/gambar berikut:

kandungan gizi telurSelain di atas, telur juga mengandung cukup vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, seng (zync), serta beberapa mineral lain dalam jumlah yang lebih kecil.

Dengan kandungan vitamin dan mineral di atas, tentu telur bisa memberikan manfaat yang tidak terbatas bagi tubuh kita.

2. Telur Menyediakan Proten Berkualitas Tinggi

Protein merupakan salah satu nutrisi makro yang paling dibutuhkan tubuh, dan protein adalah agen pembentuk utama dalam tubuh kita: memperbaikan jaringan yang rusak dan membentuk jaringan baru yang sehat, serta merangsang pertumbuhan.

Telur mampu memberikan tubuh kita protein berkualitas. Sebutir telur setidaknya mengandung 6,5 gram protein. Asam amino adalah pembentuk protein, dan terdapat banyak jenis asam amino dalam telur. Setidaknya 9 jenis asam amino dalam telur tidak dapat diproduksi oleh tubuh, yang berarti hanya bisa kita dapatkan melalui makanan. Telur menyediakan paket protein lengkap dan berkualitas bagi tubuh kita.

3. Telur Baik untuk Kesehatan Mata

Telur mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama menurunnya fungsi penglihatan serta berbagai gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur juga mengandung Lutein and Zeaxanthin, dua antioksidan yang memegang peranan penting dalam kesehatan mata. Antioksidan ini biasanya terkumpul di sekitar retina mata untuk melindungi mata dari berbagai substansi berbahaya.

Asupan dua antioksidan ini sangat diperlukan, terlepas dari usia anda, baik anak-anak, orang dewasa, hingga usia lanjut.

4. Telur Mengandung Kolin, Baik untuk Kesehatan & Perkembangan Otak

manfaat telur
Telur termasuk superfood, karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Tidak banyak orang yang sering mendengar tentang kolin (choline). Walaupun begitu, kolin merupakan nutrisi yang sangat diperlukan, dan banyak orang yang tidak mendapatkan nutrisi ini dalam jumlah yang cukup. Dalam sebutir telur terdapat sekitar 100 miligram nutrisi ajaib ini.

Kolin adalah nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga berusia lanjut. Kolin berfungsi untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori otak, dan berbagai fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak. (ref)

Telur merupakan sumber kolin yang sangat baik. Sebutir telur perhari dapat mencukupi 28% kebutuhan kolin untuk wanita hamil. Kolin sangatlah penting selama masa kehamilan dan menyusui, karena kolin begitu berperan dalam perkembangan otak dan peningkatan memori janin dan anak-anak.

Untuk para ibu, pesannya sangat jelas: telur merupakan investasi seumur hidup bagi anak anda!

5. Telur Tidak Meningkatkan Kolesterol dalam Tubuh

Di tahun 90-an, telur termasuk makanan dengan reputasi yang buruk karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Saat itu, telur dianggap lebih beresiko daripada bermanfaat untuk kesehatan. Memang benar telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Faktanya, sebutir telur (kuning telur) mengandung 210 mg kolesterol, lebih dari setengah jumlah kolesterol yang dianjurkan (300 mg).

Akan tetapi, mendapatkan asupan kolesterol tidak berarti meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Liver memproduksi jumlah kolesterol yang besar setiap harinya, namun ketika kita mengkonsumsi telur, liver yang sehat akan memproduksi lebih sedikit kolesterol, sehingga jumlahnya dalam tubuh tidak berlebihan.

Dan setelah lebih banyak penelitian mengenai kandungan dan manfaat telur, akhirnya makanan ini malah dikategorikan sebagai “makanan super” dengan nutrisi yang sangat tinggi.

Dalam sebuah penelian terkait, respon terhadap konsumsi telur cukup beragam: (ref)

  • Lebih dari 70% mengatakan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol sama sekali.
  • Sisanya menyatakan bahwa telur dapat meningkatkan total kolesterol dalam tubuh dalam jumlah ringan atau sangat kecil.
Jika anda memiliki kolesterol tinggi, dan tidak yakin dengan konsumsi telur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu.

6. Telur Meningkatkan Level HDL (Kolesterol “Baik”) dalam Tubuh

HDL adalah singkatan dari High Density Lipoprotein, atau lebih sering dikenal dengan kolesterol “baik”.

Orang yang memiliki tingkat HDL lebih tinggi berarti menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Mengkonsumsi telur merupakan salah satu cara meningkatkan HDL dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi 2 telur setiap hari selama 6 minggu mampu meningkatkan HDL sebesar 10%. (ref)

7. Telur Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi telur bisa membuat anda merasa kenyang, karena kandungan protein tinggi di dalamnya.

Telur memiliki tingkat satiety index yang tinggi. Satiety index adalah ukuran untuk mengetahui apakah sebuah makanan bisa memberikan ‘rasa kenyang’ tanpa menambah lebih banyak kalori ke dalam tubuh. (ref)

Mengkombinasikan telur, gandum utuh (whole grain) dan tambahan sayuran, sudah cukup untuk menu yang sehat, serta memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas. Menu ini cukup populer bagi orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

8. Telur Baik untuk Melindungi Tulang

keuntungan makan telur
Telur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kekuatan dan kesehatan tulang.

Telur merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini sangat dibutuhkan karena fungsinya untuk membantu penyerapan kalsium serta mendukung kesehatan tulang. Karenanya, telur juga penting dalam mencegah osteoporosis, tentu jika dikombinasikan bersama dengan berbagai sumber kalsium lainnya.

9. Telur Baik untuk Rambut dan Kuku

Rambut dan kuku biasanya dapat menggambarkan ketidakseimbangan biokimia dalam kurangnya nutrisi. Telur dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kuku karena kandungan vitamin A dan E, asam amino, serta berbagai vitamin dan mineral lain yang terkandung di dalamnya.

Rambut akan lebih kuat dan sehat jika anda mendapatkan asupan vitamin A, B12, protein, zync, serta sulfur, dan semua itu bisa anda dapat dari telur. Telur bahkan bisa digunakan untuk merawat rambut yang rusak dengan menjadikannya sebagai conditioner. Baca: cara merawat rambut rusak dengan telur.

10. Manfaat Telur Lainnya

Dengan nutrisinya yang melimpah, tentu kita masih bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya dari telur. Vitamin A, B-kompleks, dan juga selenium merupakan nutrisi penting yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Protein tinggi dalam telur, selain dapat membantu menurunkan berat badan, juga sangat baik dalam membentuk otot tubuh.

Selain itu, berbagai vitamin dan mineral di dalamnya akan berkontribusi pada ‘penampilan’ sehat tubuh dari luar, termasuk meningkatkan kesehatan kulit, serta penting untuk mencegah rusaknya jaringan dalam tubuh. Sistem daya tahan tubuh yang kuat pasti akan meningkatkan penampilan dan performa tubuh secara keseluruhan.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.