10 Manfaat Tomat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulitmu

Bagi Anda yang ingin tampil cantik dengan cara alami tanpa harus mengeluarkan ongkos mahal, tomat bisa menjadi salah satu solusinya. Buah yang mudah didapatkan di pasaran ini kaya akan berbagai zat yang sangat menyehatkan, di antaranya termasuk vitamin A, vitamin C, likopen, dan protein.

Likopen pada dasarnya merupakan karetenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Senyawa yang termasuk antioksidan ini sangat penting untuk melawan radikal bebas. Tak hanya menyehatkan tubuh, sari tomat pun terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

manfaat tomat untuk kesehatan kecantikan kulit
Tomat mengandung antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan kulit secara alami.

Berikut ini espuluh manfaat hebat tomat untuk kulit dan cara penggunaannya:

1Menangkal Radikal Bebas

Tomat merupakan sumber antioksidan tinggi, yang fungsinya sangat penting bagi tubuh dan juga kulit. Tomat mengandung likopen dan flavonoid yang berguna untuk melawan zat-zat radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh, serta menjaga dan mendukung kesehatan kulit anda secara alami dari dalam.

Sering-seringlah mengkonsumsi sayuran tomat dalam setiap hidangan makan anda sehari-hari untuk mendapatkan khasiat alami tomat untuk kulit anda.

2Mencerahkan warna kulit

Kulit cerah bercahaya tanpa noda menjadi dambaan para wanita masa kini. Untuk menghindari bahan kimia berbahaya yang biasa dipakai di krim pencerah, Anda bisa menggunakan tomat sebagai gantinya. Sari tomat dapat mengubah warna kulit kusam dan membuatnya tampak awet muda.

Caranya, Anda tinggal menyiapkan pasta yang terbuat dari campuran sari tomat dan madu. Jika sudah cukup kental, gunakan sebagai masker pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Biarkan sekitar 15 menit sebelum dibilas hingga bersih. Pakai secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

3Mengurangi minyak berlebih pada kulit

Daging buah dan sari tomat dapat digunakan untuk menangani produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak (sebaceous gland).

Cara penggunaannya, bagi dua tomat matang dan gosokkan bagian daging buahnya ke wajah. Biarkan selama 15 menit hingga meresap ke dalam pori kulit dan bersihkan dengan air dingin. Ulangi dua kali sehari untuk memperbaiki kondisi kulit.

4Membersihkan kulit

Sari buah tomat segar sangat baik untuk membersihkan pori-pori kulit. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat sari tomat, potong buah secara melintang dan oleskan pada gula kristal. Gosokkan ke wajah dengan gerakan melingkar untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Biarkan sesaat sebelum dibasuh dengan air dingin. Namun jika kulit Anda termasuk sensitif dan merasa terbakar, sebaiknya hentikan penggunaan.

5Meredakan iritasi kulit

Sari tomat juga berfungsi untuk mengurangi gejala iritasi seperti gatal, kemerahan, dan bengkak. Sari tomat yang bersifat cukup asam dapat mengatur tingkat pH pada kulit dan menyembuhkan kulit yang iritasi. Anda dapat menambahkan yogurt tanpa pemanis dalam sari tomat. Oleskan pada wajah dan bilas 15-20 menit kemudian.

6Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang besar tak hanya dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri para wanita. Pori-pori ini jika tersumbat debu juga dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan sari tomat sebagai astringent alami. Daripada memakai lotion astringent, oleskan saja sari tomat ke seluruh wajah sebleum tidur dan bilas keesokan harinya.

7Mengatasi jerawat membandel

Bagi Anda yang mencari cara alami untuk menyembuhkan jerawat, zat asam pada tomat dapat digunakan untuk menangani jerawat membandel. Hanya saja reaksinya cukup lambat dan Anda harus sabar untuk mendapatkan hasilnya.

Caranya, hancurkan tomat dan oleskan dengan pijatan lembut pada bagian yang berjerawat. Tunggu sekitar satu jam dan bilas. Ulangi setiap hari hingga jerawat menghilang sepenuhnya. Anda juga dapat mengkonsumsi tomat segar untuk memastikan tubuh mendapat asupan vitamin A dan C yang cukup.

8Menghilangkan komedo

Tak hanya jerawat, tomat juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Anda bisa menggunakan sari tomat dengan memijatkannya di area yang memiliki komedo. Atau, buatlah masker wajah dari campuran sari tomat dan apokat matang untuk menghilangkan komedo, mengurangi minyak wajah, mengencangkan pori-pori, dan melembabkan kulit.

9Merawat kulit yang terbakar sinar matahari

Sari tomat yang kaya akan antioksidan sangat efektif untuk menyembuhkan gejala kulit yang terbakar sinar matahari. Sari tomat membantu memperbaiki sel kulit yang terbakar dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, campurkan sari tomat dengan susu mentega (buttermilk) atau plain yogurt. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah dan area lain yang terbakar sinar matahari. Biarkan sekitar setengah jam sebelum membasuhnya dengan air.

10Menjaga elastisitas kulit

Kurangnya kolagen atau rendahnya produksi protein fibrous ini menjadi alasan utama di balik perkembangan keriput. Para peneliti menemukan bahwa tomat dapat menstimulasi pembentukan kolagen yang berfungsi mempertahankan elastisitas kulit. Rajin-rajinlah menyertakan tomat segar dalam diet Anda agar kulit senantiasa halus, lembut, dan bebas keriput.

3 KOMENTAR

  1. Tomat merah memang sangat bagus sekali untuk perawatan kulit. Ini adalah buah yang serba guna bagi keindahan kulit. Banyak orang memiliki masalah dengan jerawat. Sehingga tomat, menjadi salah satu alternatif bahan alami untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Harganya yang terjangkau dan mudah di dapat, tomat bisa menjadi pilihan utama untuk perawatan kulit secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here