Manfaat Hebat Vitamin C untuk Wajah dan Kulitmu

Vitamin C merupakan nutrisi yang paling aman, efektif, sekaligus paling mudah untuk didapatkan. Di samping itu, vitamin C memberikan banyak manfaat penting bagi tubuh, mulai dari perannya untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah penuaan dini.

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan, yang bisa mencegah berbagai kerusakan akibat radikal bebas, termasuk zat kimia berbahaya, polusi, dan asap rokok, sehingga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Karena sifatnya yang mudah larut dalam air, maka overdosis vitamin C hampir tidak pernah terjadi. Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh, sehingga anda perlu mengkonsumsinya secara rutin, baik melalui makanan ataupun suplemen. Namun disarankan agar tidak mengkonsumsi vitamin C lebih dari 2.000 dalam sehari, untuk mencegah sakit perut dan diare.

Baca juga: Vitamin C, peran dan sumber-sumber vitamin C.

Vitamin C untuk kesehatan kulit

manfaat vitamin c untuk kulit kecantikan
Vitamin C membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Popularitas vitamin C semakin meningkat, setelah banyak penelitian yang mengungkap bahwa vitamin C dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk merawat dan menjaga kulit tetap sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat penting vitamin C untuk kulit:

Perlindungan dari sinar matahari

Vitamin C akan melindungi kulit dari radikal bebas dan zat berbahaya lainnya. Kandungan antioksidan dalam vitamin C melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan paparan sinar matahari.

Seperti halnya vitamin E, vitamin C juga dapat membantu mengurangi efek buruk radiasi ultraviolet dari sinar matahari, yang berarti juga berarti membantu mencegah risiko kanker kulit akibat radiasi sinar matahari yang berlebihan pada kulit.

Meningkatkan produksi kolagen

Vitamin C dibutuhkan untuk produksi hidroksiprolin and hidroksilisin, yang keduanya akan mengikat molekul penghasil kolagen dalam tubuh. Ini akan memberikan dampak positif pada kulit, karena akan menjaga kekencangan kulit.

Salah satu manfaat vitamin C yang paling penting adalah perannya dalam produksi kolagen, jenis protein yang menjaga elastisitas kulit. Sejalan dengan usia yang semakin tua, kolagen akan rusak dan keriput mulai terbentuk. Asupan vitamin C yang memadai pada kulit akan melawan pembentukan keriput dengan cara meningkatkan produksi kolagen.

Kekurangan kolagen akan membuat kulit tampak kusam. Kolagen dapat meremajakan kulit dari dalam, sehingga mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan.

Mencegah perubahan warna kulit

Vitamin dapat melindungi DNA dari reaksi fotokimia (photochemical) yang dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit, tumor, dan beberapa jenis kanker kulit. Vitamin ini juga akan menghambat produksi Pyrimidine yang merupakan penyebab utama melanoma.

Vitamin C juga akan mencerahkan warna gelap pada kulit seperti dark spot dan bintik-bintik di wajah akibat penuaan, sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan lembut.

Menyembuhkan luka

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak, yang mana akan membantu agar proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Luka luar yang lambat sembuh bisa jadi gejala kekurangan vitamin C.

Vitamin C meningkatkan elastisitas kulit dan membantu pembentukan jaringan parut dan ligamen untuk mempercapat proses penyembuhan.

Mencerahkan kulit secara alami

manfaat vitamin c untuk kesehatan kulit
Kolagen menjaga elastisitas kulit dan menghambat penuaan.

Kolagen juga akan memperlancar aliran nutrisi ke kulit. Pembuluh darah yang kecil di bawah kulit membawa oksigen dan berbagai nutrisi untuk memastikan kulit tetap sehat. Tanpa asupan nutrisi yang memadai, kulit akan menjadi kasar dan kering.

Itulah mengapa banyak kream kulit yang mengandung vitamin C, karena faktanya vitamin ini dapat menjaga elastisitas, melindungi, dan memperbaiki sel-sel kulit, sehingga tekstur dan kenampakan kulit menjadi lebih cerah.

Kesimpulan

Dengan penelitian selama puluhan tahun seputar manfaatnya, vitamin C berubah menjadi superstar dalam urusan perawatan kulit. Secara umum, vitamin C dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas dan menghambat laju penuaan pada kulit.

Vitamin C akan mempengaruhi sel-sel di dalam dan di luar tubuh (kulit). Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition hubungan antara asupan nutrisi dengan penuaan kulit pada lebih dari 4.000 wanita berusia 40-74 tahun. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang mendapatkan asupan vitamin C lebih tinggi cenderung terbebas dari masalah keriput, kulit kering/kusam, dan memiliki tekstur kulit yang lebih kencang dan muda.

Kandungan antioksidan dan formula anti-aging yang dimiliki vitamin C membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat, serta mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Images by marin via Freedigitalphotos.net

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here