Yoga telah menjadi latihan fisik yang banyak digemari berbagai kalangan di seluruh dunia beberapa tahun belakangan ini, tak terkecuali di Indonesia. Praktik kuno ini telah terbukti dapat memberikan manfaat lebih daripada sekadar tubuh lentur dan bugar.

Berikut adalah manfaat yoga untuk kesehatan fisik dan mental yang bisa Anda peroleh jika menjalankannya secara teratur:

# Mengurangi berat badan

Tidak sedikit orang yang memulai yoga dengan tujuan mengurangi berat badan. Meskipun tidak termasuk olahraga dinamis, yoga bisa membantu Anda mengendalikan berat badan dengan pose-posenya yang mengencangkan dan membangun ketahanan otot.

Praktik ini juga membantu mengurangi dorongan untuk makan secara berlebihan dan meningkatkan kesadaran Anda akan pentingnya pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat.

Yang membedakan yoga dari olahraga lainnya dalam mengurangi berat badan secara efektif adalah latihan pernapasan yang diterapkan bersamaan dengan latihan fisiknya. Dengan bernapas dengan cara yang tepat, kerja organ tubuh menjadi lebih maksimal dan membantu program diet Anda lebih lanjut.

# Meringankan migrain 

Suatu studi menunjukkan bahwa para penderita sakit kepala sebelah mengalami penurunan frekuensi dan intensitas migrain setelah menjalankan prtaktik yoga selama tiga bulan.

Meskipun penyebab pasti dari migrain belum diketahui sepenuhnya, para ahli percaya bahwa kombinasi ini dipicu oleh kondisi tubuh dan stressor mental. Misalnya, jika Anda membungkuk di depan komputer untuk waktu yang lama setiap harinya, ditambah dengan tekanan pekerjaan, leher dan bahu Anda bisa menjadi tegang dan memicu reaksi dalam bentuk migrain.

Pose-pose yoga sangat baik untuk meregangkan otot-otot yang kaku sehingga membantu meringankan sakit kepala kronis.

# Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi di Norwegia menemukan bahwa yoga memicu perubahan di tingkat sel yang berakibat pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Pose dalam yoga menargetkan beberapa titik tubuh secara bersamaan sehingga memaksimalkan fungsi organ dan memperkuat otot.

Di waktu yang sama, teknik pernapasan dan meditasi yang tercangkup dalam praktik ini membantu pelepasan toksik sehingga meringankan beban fisik dan mental. Dengan bernapas lebih baik, bergerak lebih aktif, dan bersirkulasi lebih lancar, sistem kekebalan tubuh Anda tentu meningkat dan Anda menjadi lebih bugar secara keseluruhan.

# Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh penyumbatan arteri koroner, dan hipertensi yang menjadi faktor resikonya bisa diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah. Pose dalam yoga dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah ke otot jantung.

Teknik meditasi dan pernapasan yoga juga membantu menstabilkan denyut jantung yang bermanfaat bagi kesehatan jantung lebih lanjut.

Jika dilakukan secara tepat dan teratur, yoga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup para penderita gangguan kardiovaskuler.

# Meringankan sakit leher dan pinggang

manfaat yoga untuk kesehatan
Berbagai teknik dan gerakan dalam yoga memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh.

Banyak orang membiarkan nyeri leher, bahu dan pinggang sehingga kondisi tersebut menjadi kronis. Sakit di leher dan punggung disebabkan oleh postur tubuh yang tidak baik, dan meskipun obat pereda nyeri bisa membantu, solusi ini hanya bersifat sementara.

Untuk meredakan sakit leher, bahu dan pinggang, Anda harus memperbaiki postur tubuh Anda dan salah satu caranya adalah dengan menjalankan yoga.

Dalam praktik ini, Anda melatih kontraksi dan relaksasi otot dan saraf seiring Anda menarik dan membuang napas dalam. Kegiatan ini bisa mengurangi ketegangan otot dan kejang saraf, mengembalikan posisi tulang belakang yang tepat, dan membentuk postur tubuh yang semestinya sehingga menghilangkan sakit leher dan punggung Anda.

# Mengurangi resiko diabetes dan kanker

Diabetes yang disebabkan oleh gula darah tinggi karena ketidakmampuan tubuh dalam memproses gula bisa dikendalikan perkembangannya dengan yoga. Praktik ini membantu proses pencernaan dengan mempengaruhi agni sehingga tubuh bisa mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.

Sebuah studi melaporkan bahwa penderita diabetes tipe 2 bisa mengurangi dan mengendalikan gula darah mereka dengan menjalankan yoga secara teratur selama minimal 6 bulan.

Selain itu, yoga juga membantu mencegah mutasi gen yang bermanfaat untuk pengendalian resiko kanker. Penderita kanker bisa mengurangi resiko peradangan, meningkatkan energi, dan memperbaiki mood mereka dengan melakukan yoga minimal dua kali seminggu.

# Membantu tidur nyenyak

Para peneliti di Harvard menemukan bahwa penderita insomnia dapat meningkatkan kualitas tidur mereka secara signifikan dengan melakukan yoga setiap hari selama minimal 8 minggu.

Studi lain menunjukkan bahwa para survivor kanker dapat tidur dengan lebih nyenyak dengan mempraktikkan yoga dua kali seminggu secara teratur.

Teknik meditasi dalam yoga melatih pikiran Anda untuk tenang dan rileks sehingga mengurangi sakit kepala dan kekhawatiran yang sering menjadi penyebab sulit tidur.

Dengan teknik pernapasan dalam, Anda juga bisa jatuh tertidur dengan lebih cepat dan tidur dengan lebih nyenyak untuk bangun dalam kondisi tubuh dan pikiran yang lebih segar.

# Meningkatkan kesadaran diri

Dengan tingginya tingkat aktivitas di zaman modern ini, pikiran menjadi lebih berfokus pada masa depan (dan menyesali masa lalu) sehingga bisa membuat Anda merasa “kosong” secara batin.

Anda bisa meningkatkan kesadaran diri dan menikmati hidup di waktu yang sesungguhnya dengan melakukan yoga untuk mempertajam pikiran dan menyatukan tubuh, pikiran, dan mental.

Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga melatih Anda untuk berfokus pada masa sekarang dan mempertajam diri untuk menyadari apa yang sedang terjadi di dalam dan luar entetitas Anda.

Dengan ini, Anda bisa menjadi lebih menghargai setiap hal apa adanya dan lebih bersyukur dalam menjalani hidup.

# Membantu hubungan interpersonal

Tidak hanya memperbaiki hubungan dengan diri sendiri, yoga juga dapat membantu Anda mempererat hubungan dengan orang lain. Yoga melatih kendali diri Anda dan mengubah cara pandang Anda terhadap dunia sehingga Anda bisa berpikir dan berperilaku secara lebih positif.

Anda menjadi bisa berkomunikasi dengan keluarga dan teman dengan lebih baik, serta menjaga keharmonisan bahkan dengan mereka yang berbeda pendapat dengan Anda. Yoga bahkan bisa meningkatkan hubungan dengan pasangan Anda dalam hal kinerja seksual.

Pose yoga meningkatkan aliran darah ke daerah keintiman baik pria maupun wanita sehingga meningkatkan gairah dan ereksi. Hubungan seksual Anda juga bisa berkembang berkat fleksibilitas dan daya tahan yang terlatih dalam yoga.

# Meredakan stres dan kecemasan

Sudah terbukti bahwa yoga adalah cara efektif untuk menenangkan diri baik secara fisik ataupun mental. Studi menunjukkan bahwa praktik yoga yang teratur dapat menurunkan kadar hormon stres, yaitu hormon kortisol, terutama pada wanita yang beresiko terkena gangguan kesehatan mental.

Latihan pernapasan dan meditasi dalam yoga juga melatih Anda untuk mengendalikan kecemasan dengan lebih baik, bahkan ketika Anda tidak sedang mempraktikkan pose fisik yoga.

Dengan berkurangnya tingkat stres dan kecemasan, Anda akan menjadi lebih positif dan bahagia dalam menjalani hidup, sehingga terhindari dari resiko gejala depresi dan masalah kesehatan serius lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here