Menambah Berat Badan Dengan Cara yang Sehat dan Alami

Berat badan dan bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan siapa saja. Sebagian berusaha menurunkan berat badan, namun tidak sedikit pula yang berusahan menambah berat badan. Menambah berat badan bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang. Sama halnya dengan kelebihan berat badan, kekurangan berat badan pun bisa sangat membuat seseorang merasa frustasi.

Menambah berat badan tidak hanya didapat dengan makan dalam jumlah yang banyak dan sering. Program tersebut juga harus diikuti dengan memilih makanan yang tepat, dan dikombinasikan dengan olahraga dan sedikit merubah pola hidup sehari-hari.

Cara Sehat Menambah Berat Badan

  • Pertama, bukan makan dengan porsi yang banyak tapi mengkonsumsi makanan yang memiliki kalori yang tinggi. Tapi pastikan sumber kalori tersebut haruslah sehat.
  • Makan makanan berlemak tidak selamanya akan meningkatkan berat badanmu, justru ini bisa menjadi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol tubuh yang tidak sehat. Jadi buang jauh-jauh pikiran untuk banyak mengkonsumsi pizza dan burger keju jika ingin meningkatkan berat badan secara cepat ya!
  • Sebaliknya, cobalah mengkonsumsi sumber lemak baik seperti kacang-kacangan, buah zaitun, minyak zaitun, ikan berlemak seperti salmon, berbasis krim sup dalam diet Anda.
  • Patikan makanan dalam diet harian Anda memiliki jumlah karbohidrat, protein dan vitamin yang tepat. Konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat dan protein; serta lemak dalam jumlah yang rendah.
  • Perbanyak minum air putih, agar proses pencernaan dan metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan sehat. Selain itu, konsumsi air minum yang mencukupi akan memberi banyak manfaat bagi tubuh.
  • Minuman ringan tidak memiliki kandungan kalori dan juga tidak baik untuk kesehatan. Tinggalkan soda dan minuman dingin lainnya, ubahlah menu minuman Anda menjadi jus buah atau sup sayuran dalam diet Anda supaya berat badan Anda meningkat.
  • Anda harus menghindari makan buah 1 jam sebelum makan karena mereka cenderung menekan napsu makan.
  • Terakhir, untuk menambah berat badan, jangan sampai kelaparan dan makanlah sesering mungkin, tidak perlu memaksakan dalam porsi yang banyak cukup sedikit-sedikit namun sering.

Jika Anda bermasalah dengan nafsu makan, baca juga tulisan sebelumnya tentang cara meningkatkan nafsu makan.

Makanan untuk Menambah Berat Badan

menambah berat badan
Cara alami menambah berat badan melalui makanan. Image credit: cgdn.ca

Beberapa makanan ini juga baik untuk kamu yang ingin menambah berat badan:

  1. Buah dan Sayuran
    Kandungan karbohidrat dalam buah-buahan dan sayuran menyediakan energi yang diperlukan dan membantu dalam proses peningkatan berat badan. Sertakan brokoli, zucchini, wortel, tomat, bayam, jamur, bawang, kacang polong, kacang-kacangan; serta buah-buahan seperti pisang, pir, plum, almond, kacang tanah, chestnut, aprikot, alpukat, dll dalam diet Anda. Anda juga bisa menambahkan jus buah, buah-buahan kering, salad sayuran dengan krim atau keju karena mereka mengandung jumlah kalori yang tinggi.
  2. Produk Susu
    Semua produk susu merupakan sumber makanan yang kaya protein serta mengandung kalori (baca: minum susu efektif menambah berat badan). Tapi, mereka juga mengandung jumlah lemak yang tinggi. Untungnya saat ini sudah banyak produk-produk olahan susu yang dibuat bebas lemak yang tentu saja lebih aman untuk dikonsumsi.

    Anda bisa mengkonsumsi secangkir susu atau yogurt secara teratur untuk mendapatkan semua kalori penting. Di samping itu, Anda juga dapat menambahkan mentega rendah lemak, selai kacang, mentega almond, ataupun keju kedelai pada roti untuk menambah berat badan dengan cepat.

  3. Daging dan Unggas
    Beberapa ikan tertentu mengandung lemak baik yang aman untuk dikonsumsi. Anda boleh makan ikan berlemak seperti salmon, herring, makarel, trout dan sarden yang mengandung kalori yang diperlukan. Selain itu daging tanpa lemak, daging panggang atau ayam rebus juga pilihan makanan sehat.
  4. Produk Gandum dan Oat
    Tepung gandum mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah yang tepat. Anda boleh makan produk makanan yang terbuat dari tepung gandum, oat, beras, pasta, jagung, kacang polong, kentang, dll, untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat. Anda bahkan bisa mengkonsumsi buah-buahan kering dan kacang-kacangan, biji rami, semua jenis kacang seperti kacang kedelai, kacang merah untuk meningkatkan berat badan juga.
  5. Makanan manis
    Desserts atau makanan penutup yang terbuat dari susu bubuk atau susu kental aman untuk dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi dark chocolate karena mengandung antioksidan. Untuk ngemil, Anda bisa mencoba kacang, granola dengan kacang, semangkuk buah dengan yoghurt; atau kue bebas lemak; pretzel, smoothies, salad buah, dll.

Pola Hidup Sehat untuk Menambah Berat Badan

  1. Istirahat dan tidur malam yang cukup
    Pastikan Anda memiliki waktu istirahan dan tidur malam yang cukup. Tidur malam yang sehat dan berkualitas akan memastikan bahwa metabolisme tubuh bekerja maksimal, menyediakan waktu bagi tubuh untuk meregenarsi sel dan jaringan, serta membantu Anda menjaga pola makan yang teratur setiap harinya.
  2. Olahraga
    Gerak tubuh yang aktif memberi manfaat yang tidak terbatas, termasuk dalam urusan menambah berat badan. Olahraga akan menjaga metabolisme tubuh dan membuat Anda menjadi “cepat lapar”.
  3. Angkat Beban
    Masih berhubungan dengan olahraga, angkat beban akan membakar lemak tubuh agar anda mendapatkan berat badan yang lean atau bebas lemak. Angkat beban juga akan membentuk dan meningkatkan massa otot, sekaligus menyediakan tempat bagi protein untuk mengisi jaringan otot tersebut.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu dalam berat badan yang sehat. Jika Anda ingin memasukan suplemen gizi dalam diet Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here