Pengobatan dan Pencegahan Migrain

Migrain merupakan kondisi sakit kepala kronis (kambuhan/berulang), dan biasanya terjadi hanya pada satu sisi kepala. Saat serangan migrain terjadi, penderitanya akan menjadi sangat sensitif dengan cahaya dan suara, dan kedua hal tersebut dapat memperburuk sakit kepala yang dialami.

Terdapat dua jenis penanganan terhadap migrain, yaitu:

  1. Pengobatan, tindakan untuk menghentikan/mengurangi sakit saat migrain terjadi
  2. Pencegahan, tindakan pencegahan agar migrain tidak muncul kembali, atau setidaknya mengurangi frekuensi serangan migrain

Mengobati migrain

Saat serangan sakit kepala migrain terjadi, hal terpenting adalah menghentikan atau mengurangi sakit dan gejala yang berlangsung.

Obat-obatan

Terdapat tiga macam obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita migrain saat sakit kepala berlangsung:

Analgesik
Untuk sakit kepala yang ringan hingga menengah, direkomendasikan untuk menggunakan obat analgesik dan non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs). Obat-obatan analgesik mampu menghentikan migrain ringan pada sebagian besar orang. Misalnya saja Aspirin, Paracetamol, atau obat pereda sakit lainnya.

Triptan
Obat-obatan ini mampu mengatasi sakit kepala plus mual. Pada banyak kasus, migrain sering diikuti dengan gejala-gejala lainnya seperti mual atau muntah. Triptan direkomendasikan pada migrain yang intensitas sakitnya menengah hingga parah, atau jika obat-obatan analgesik biasa tidak mempan.

Ergotamine
Ergotamine direkomendasikan untuk serangan migrain yang parah. Obat-obatan ini dianggap sangat efektif untuk mengehentikan sakit kepala migrain yang parah dengan cepat.

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Migraine#Management

Kompres panas atau dingin

Berikan kompres, baik panas atau dingin, pada dahi atau leher penderita migrain saat serangan sakit kepala terjadi. Hal ini akan mengurangi rasa sakit kepala.

Tempat gelap dan tenang

Saat migrain berlangsung, cobalah duduk atau berbaring di tempat yang gelap dan tenang. Penderita migrain akan sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, di mana kedua hal tersebut dapat memperparah rasa sakit kepala yang terjadi. Dengan berada pada tempat gelap dan tenang diharapkan sakit kepala bisa cukup tertahankan.

Mencegah migrain

Tindakan pencegahan migrain meliputi tiga hal: menghindari pemicu migrain, merubah pola hidup, dan mengkonsumsi obat-obatan pencegah migrain.

Menghindari pemicu migrain

Cara terbaik untuk mencegah migrain adalah dengan mengenal pemicu khusus migrain tersebut dan kemudian menghindarinya. Sebaiknya kenali hal-hal khusus yang memicu migrain Anda.

Beberapa pemicu migrain yang umum antara lain:

  • stres dan depresi
  • makanan atau zat kimia tertentu pada makanan
  • kafein
  • perubahan hormonal pada wanita
  • kelelahan fisik dan aktivitas yang berat
  • cahaya yang terang
  • suara yang nyaring
  • telat atau melewatkan jam makan
  • gangguan pola tidur, begadang
  • paparan asap rokok

Mencegah migrain dengan pola hidup sehat

Kebiasaan dan pola hidup sangat berpengaruh dalam pencegahan migrain. Terlebih lagi jika anda merasa bahwa migrain muncul akibat kebiasaan anda sehari-hari.

Berikut ini adalah pola hidup yang harus diperhatikan:

Tidur
Pengaturan pola tidur yang konsisten sangat membantu mencegah migrain. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Pola tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan sakit kepala.

Baca: Tips meningkatkan kualitas tidur

Pola Makan
Melewatkan waktu makan, atau level gula darah yang rendah bisa menyebabkan migrain. Termasuk di dalamnya minum air yang cukup setiap harinya.

Olahraga
Sediakan waktu untuk berolahraga secara teratur. Namun hindari olahraga yang terlalu berat karena bisa jadi kelelahan merupakan pemicu migrain anda. Walaupun begitu, olahraga yang teratur bisa membantu mencegah migrain, termasuk menghindari stres, yang mana juga dapat memicu sakit kepala muncul.

Managemen Stres
Bagi penderita migrain, stres adalah musuh utama dan termasuk pemicu migrain yang paling umum. Sediakan waktu untuk relaksasi dan menenangkan diri setiap harinya, misalnya dengan mendengarkan musik slow, pijatan ringan, atau terapi relaksasi lainnya.

Baca juga: Relaksasi efektif dengan latihan pernapasan.

Selalu konsultasikan mengenai masalah migrain Anda dengan dokter, serta berbagai metode untuk mengobati dan mencegah sakit kepala migrain Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here