3 Kunci Utama Mencegah Diabetes Tipe 2

Kita semua bisa mengambil tindakan untuk mencegah, atau mengurangi resiko diabetes tipe 2. Sekitar 90% orang yang didiagnosa mengalami diabetes adalah diabetes tipe 2.

Fokuslah pada apa yang bisa diubah: gaya hidup, pola makan, gerak tubuh; bukannya pada hal-hal yang tidak bisa diubah seperti usia riwayat diabetes pada keluarga.

Banyak orang yang mengalami kondisi pradiabetes, yang berarti beresiko tinggi berkembang menjadi diabetes tipe 2. Pradiabetes adalah kondisi ketika kadar gula dalam tubuh di atas normoal, namun tidak cukup tinggi untuk didiagnosa sebagai diabetes. Dan yang perlu diketahui adalah bahwa kondisi ini masih bisa dilawan atau ditanggulangi.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Bahkan jika anda merasa sangat sehat, apabila level gula darah di atas normal (pradiabetes), anda beresiko mengalami diabetes jika tidak dilakukan tindakan pencegahan, seperti diet/pola makan yang sehat, mengontrol/menurunkan berat badan, dan lebih aktif secara fisik.

Mengontrol Berat Badan

Dengan menurunkan beberapa kilo berat badan, anda akan mengurangi resiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hanya dengan menurunkan berat badan sebanyak 5kg, bahkan dalam rentang waktu beberapa tahun, akan menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 50%!

Berat badan berlebih (overweight) dan obesitas sangat meningkatkan kemungkinan mengalami penyakit ini. Dan keduanya merupakan penyebab diabetes tipe 2 yang paling utama. Berat badan adalah aspek paling awal dan utama yang dikatakan dokter anda sehubungan dengan pencegahan diabetes.

Aktif Secara Fisik

Selain penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular, gerak tubuh dan olahraga rutin juga sangat esensial dalam pencegahan diabetes tipe 2. Otot adalah organ utama yang terlibat dalam penyerapa glukosa sebagai respon terhadap insulin. Oleh karena itu gerak tubuh yang aktif akan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang berarti menjaga kadar glukosa dalam darah tetap normal.

Baca juga: Insulin dan resistensi insulin

Anda tidak harus berkeringat setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari ‘aktif secara fisik’. Jalan kaki santai selama 30 menit setiap hari sudah mampu mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebesar 30%. Luangkan waktu anda setidaknya 30 menit, minimal 5 kali dalam seminggu, untuk bergerak ataupun berolahraga. Selain efektif untuk mencegah diabetes, kegiatan ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Diet/Pola Makan

Pola makan juga memegang peranan penting dalam pencegahan diabetes tipe 2. Perhatikan asupan karohidrat yang anda makan, khususnya karbohidrat sederhana yang tinggi akan glukosa (gula).

Alih-alih, pilihlah jenis karbohidrat kompleks berupa serat/fiber, yang hanya ditemukan pada produk tanaman seperti buah, sayuran, dan gandum utuh. Jenis karbohidrat ini tidak dapat/sangat lambat dicerna, sehingga tubuh merasa ‘kenyang’ lebih lama dan hanya sedikit gula yang diekstrak ke dalam tubuh.

Baca juga: Serat dan diabetes

Perbedaan utama antara berbagai jenis karbohidrat ini adalah pada seberapa cepat mereka dicerna oleh usus dan diedarkan ke jaringan tubuh. Karbohidrat sederhana sangat cepat dicerna, menghasilkan banyak glukosa sekaligus, sehingga pankreas dipaksa untuk mengeluarkan banyak insulin. Sedangkan pada karbohidrat kompleks, pencernaan akan meng-ekstrak gula dengan lebih lambat, sehingga gula dalam darah tidak melonjak, dan tubuh hanya menghasilkan sedikit insulin.

Hindari jenis makanan yang mengandung banyak gula seperti soft-drink, soda, serta produk lain yang mengandung pemanis buatan/tambahan.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.