Tips Ampuh Mencegah Penyakit

Beberapa orang cenderung lebih sering mengalami sakit seperti batuk, pilek, flu, hingga diare. Meski terkesan sepele, penyakit tersebut kadang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Anda pun mungkin harus meluangkan waktu dan biaya tambahan untuk sekedar membeli obat maupun memeriksakan diri ke dokter.

Padahal, cara menghindarinya sebenarnya cukup mudah. Penyakit-penyakit ini umumnya disebabkan karena kondisi lingkungan tempat tinggal yang kurang higenis dan gaya hidup tidak sehat. Saat Anda terserang penyakit, daya tahan tubuh menurun sehingga Anda lebih mudah terkena kuman lain.

Dengan sedikit mengubah kebiasaan, Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Ingat pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Anda pun bisa menimalisir risiko terkena penyakit yang lebih serius seperti tifus, demam berdarah, dan ISPA. Berikut ini tips sederhana untuk menghindari serangan penyakit yang dapat diterapkan sehari-hari:

Kebersihan/higienitas pribadi

Mandi dua kali sehari
Inilah cara paling sederhana untuk menghindari serangan kuman penyebab penyakit. Mandi dapat membersihkan tubuh Anda dari kotoran, kuman, keringat, dan residu-residu yang menempel sepanjang hari. Apalagi kita tinggal di negara tropis yang udaranya cukup panas dan kelembabannya tinggi.

Mandi juga membantu menjauhkan Anda dari serangan jamur dan infeksi kulit. Jika Anda sedang sakit atau tidak memungkinkan untuk mandi, usahakan untuk tetap membersihkan tubuh dengan handuk dan air hangat.

Menjaga kesehatan mulut
Kesehatan mulut masih sering diremehkan dan belum menjadi prioritas banyak orang. Padahal, mulut merupakan gerbang masuknya makanan ke dalam tubuh. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa infeksi gigi dan gusi dapat memicu timbulnya penyakit yang lebih serius seperti jantung dan stroke.

Untuk itu, selalu jaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan dental floss dan mouthwash untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan. Pergi ke doktor gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi.

Memakai pakaian bersih
Rajin-rajinlah mengganti pakaian Anda setiap hari. Cuci pakaian setelah digunakan, jangan biarkan menggantung terlalu lama karena dapat mengundang nyamuk. Hindari saling bertukar pakaian dengan orang lain agar kebersihan kulit Anda tetap terjaga. Kulit merupakan benteng terluar Anda dari kuman dan kotoran.

Mencuci tangan sebelum makan
Jangan pernah meremehkan manfaat cuci tangan sebelum makan. Mencucinya dengan sabun dan air dapat membersihkan tangan Anda dari kuman dan mencegah cacing masuk ke dalam tubuh. Virus flu burung bahkan dapat dihilangkan jika Anda mencuci tangan dengan benar menggunakan air mengalir.

mencegah penyakit
Rajin mencuci tangan dapat menurunkan resiko tertular penyakit.

Mencuci tangan juga mencegah penularan penyakit lain seperti disentri, diare, tipes, ISPA, hingga SARS. Ingat juga untuk memotong kuku secara teratur agar tidak menjadi tempat kuman bersembunyi.

Menjaga kebersihan tempat tinggal
Lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Untuk itu, jaga lingkungan tetap bersih dengan rajin menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengganti sprei secara teratur, serta menyapu dan mengepel lantai setiap hari.

Terapkan diet sehat

Cerdas memilih makanan
Ada pepatah mengatakan “You are what you eat”, makanan yang Anda makan akan menentukan kesehatan Anda. Karena itulah Anda harus pintar-pintar memilih menu makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Hindari makanan cepat saji, makanan yang mengandung pengawet dan pewarna, serta makanan digoreng yang kaya lemak tak sehat. Sebagai gantinya, perbanyak asupan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar.

Konsumsi vitamin C
Vitmin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Cobalah menyertakan buah-buahan citrus seperti jeruk dalam diet Anda. Jeruk juga mengandung senyawa antifungal yang membantu tubuh melawan jamur penyebab penyakit. Vitamin C juga dapat Anda peroleh dari buah-buahan lain seperti pepaya, nanas, jambu biji, atau jambu monyet.

Pilih camilan sehat
Kurangi kebiasaan Anda makan keripik atau camilan lain yang mengandung banyak gula dan garam. Ganti camilan Anda dengan kacang-kacangan dan buah-buahan. Keduanya kaya antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Camilan sehat ini juga memiliki kalori lebih rendah sehingga berat badan Anda tetap terjaga dan terhindar dari obesitas.

Memasak dengan benar

Pilih metode memasak yang tepat
Tak hanya bahan makanan, metode memasak juga penting untuk diperhatikan. Gunakan metode memasak yang lebih sehat seperti mengukus, menumis, menggunakan microwave, atau merebus. Namun perlu Anda ingat bahwa beberapa vitamin dan mineral bisa rusak jika dimasak dengan suhu tinggi. Cari tahu kandungan gizi makanan Anda untuk menentukan metode yang paling tepat.

Baca juga: Tips menjaga nutrisi sayuran saat dimasak

Cuci tangan sebelum memasak
Selalu cuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih untuk menghilangkan kuman yang menempel sebelum memasak. Gunakan peralatan masak yang bersih dan usap dengan lap kering. Jika peralatan masak sudah lama tidak digunakan, cuci dengan sabun dan air.

Gunakan bahan pangan yang segar dan bersih
Pastikan kesegaran bahan pangan Anda untuk menghindari keracunan makanan. Cek tanggal kadaluarsa jika Anda akan menggunakan bumbu atau bahan instan. Cuci daging dan sayuran sebelum dimasak untuk menghilangkan kotoran serta residu insektisida dan herbisida.

Cuci peralatan masak setelah digunakan
Jangan lupa untuk mencuci peralatan memasak setelah digunakan. Jangan biarkan terlalu lama karena sisa makanan yang membusuk dapat mengundang kuman. Sajikan makanan selagi hangat karena kemungkinan terpapar bakterinya lebih rendah.

Olahraga

Lakukan sejak dini
Perubahan kecil yang dilakukan sesegera mungkin dapat membawa perubahan besar bagi Anda di hari tua nanti. Jangan tunda-tunda, mulailah berolahraga dari sekarang. Olahraga sangat penting dilakukan jika Anda ingin menghindari berbagai penyakit dan menjaga stamina. Olahraga juga membantu mengencangkan tubuh dan menguatkan otot sehingga terhindar dari obesitas, diabetes, dan osteoporosis.

Lakukan secara teratur
Meski singkat, olahraga jika dilakukan secara teratur dapat menjaga tubuh Anda lebih sehat selama bertahun-tahun. Olahraga kardiovaskular selama 20 hingga 30 menit sehari bahkan cukup baik untuk melawan flu dan demam. Lari dan jongging juga dinilai dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Disiplin menerapkan gaya hidup sehat
Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan hal yang paling penting agar Anda terhindar dari serangan penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun, ikuti tips-tips di atas mulai dari higienitas personal, diet sehat, dan berolahraga secara teratur. Jadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan baru Anda.

Baca juga: Cara alami meningkatkan daya tahan tubuh

Kurangi kebiasan-kebiasan tidak sehat
Hindari merokok, alkohol, dan paparan senyawa beracun lain yang dapat melemahkan daya tahan tubuh Anda. Jangan lupa minum 6-8 gelas sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuang racun dari tubuh. Jauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan selalu cukup beristirahat karena kondisi mental juga berpengaruh pada kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here