4 Cara Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok bisa jadi sangat meresahkan, baik bagi pria maupun wanita. Setiap orang akan kehilangan beberapa helai rambut setiap harinya. Normalnya, manusia dapat kehilangan seratus helai rambut perhari.

Terdapat tiga fase pertumbuhan rambut, yaitu fase tumbuh (anagen), fase istirahat (catagen), dan fase gugur/rontok (telogen). Oleh karena itu kehilangan rambut merupakan hal yang alamiah dan merupakan sebuah siklus dalam pertumbuhan rambut.

Jika rambut yang rontok sudah melebihi batas normal (100 helai/hari) maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai ‘rambut rontok’, dan membutuhkan perhatian tersendiri untuk mencegah kebotakan.

Baca juga: Penyebab rambut rontok

Rambut rontok yang berlebihan dapat terjadi karena adanya pengerasan kolagen pada kulit kepala dan pangkal rambut. Pengerasa kolagen akan menutup pangkal rambut sehingga rambut tidak dapat menyerap nutrisi.

Akibatnya, kekuatan rambut yang menempel pada kulit kepala menjadi lemah dan pembuluh kapiler rambut menjadi tipis. Jika tidak ditangani dengan tepat, kerontokan dapat terjadi dengan cepat dan mudah.

Tips Mencegah Rambut Rontok

Penanganan terhadap rambut rontok berfokus untuk melawan pengerasan kolagen dan memperkuat akar/pangkal rambut. Pilihan yang paling umum adalah menggunakan tonik khusus yang dapat mecegah kerontokan.

Selain itu, 4 cara berikut ini juga dapat membantu mencegah rambut rontok:

Penyesuaian pola makan/diet
Menyesuaikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk membantu mencegah kerontokan adalah langkah awal yang sangat baik. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, B, C dan E, karena vitamin tersebut sangat penting untuk pertumbuhan rambut baru.

Memijat kulit kepala secara reguler
Langkah aktif terbaik untuk mencegah rambut rontok adalah dengan memberikan pijatan pada kulit kepala dan pangkal rambut menggunakan jojoba atau minyak olive. Praktik sederhana tersebut dapat memperlancar pertumbuhan rambut serta penyerapa nutrisi.

Hindari kontak langsung dengan sinar matahari
Sinar ultraviolet dapat merusak kesehatan kulit kepala dan mengganggu pertumbuhan rambut. Menggunakan topi atau payung saat keluar ruangan di siang hari akan membantu mengurangi efek buruk sinar matahari bagi kesehatan rambut.

Gunakan produk alamiah
Hindari atau kurangi penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung zat kimia. Terlebih lagi pada produk hair styling dengan bahan kimia cukup keras seperti yang digunakan untuk meluruskan rambut, pewarna rambut, dan lain sebagainya.

Kesehatan rambut akan lebih terjaga dengan menggunakan produk yang terbuat dari bahan alami. Juga, jangan gunakan hair dryer dengan temperatur tinggi terlalu sering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here