Mencegah Sakit Kepala dan Migrain

Anda bisa mengobati sakit kepala ketika mereka menerpa, namun selalu ada cara untuk mencegah sakit kepala dan migrain sebelum mereka datang. Dan, cara paling efektif menangani sakit kepala –termasuk juga migrain–, adalah dengan menghentikannya sebelum mereka datang mengganggu aktifitas anda.

Sakit kepala bisa dipicu oleh banyak hal, sehingga memahami cara memutus jalur yang bisa memicu sakit kepala akan mendatangkan banyak manfaat untuk anda, sekaligus menjaga dan meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

Tips Mencegah Sakit Kepala dan Migrain

Beberapa tips sederhana berikut ini bisa diadopsi ke dalam kehidupan sehari-hari, untuk mencegah timbulnya sakit kepala dan migrain anda:

Mengurangi stres

Hidup yang penuh tekanan merupakan faktor penyebab utama untuk banyak jenis sakit kepala. Kondisi stres membuat tubuh memproduksi banyak hormon yang dapat mempengaruhi dan memperburuk kondisi sakit yang di alami. Dengan mengontrol stres dalam kehidupan sehari-hari, anda bisa mengurangi resiko timbulnya sakit kepala.

Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengelola stres, sebut saja beberapa teknik relaksasi, berolahraga, latihan pernapasan dan lain sebagainya. Belajar untuk menyederhanakan hidup sehari-hari dengan menyusun jadwal dan mengerjakan sesuatu sesuai dengan prioritasnya, serta belajar mengelola waktu dengan baik, merupakan cara terbaik untuk mencegah stres.

Mengatur pola makan/diet

Banyak faktor pemicu sakit kepala yang berasal dari makanan, khususnya makanan yang mengandung asam amino tyramine tinggi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang biasanya dapat memicu sakit kepala:

  • Kafein
  • Daging yang tidak segar, atau daging yang diasapi
  • Keju fermentasi
  • Produk kedelai fermentasi
  • Minuman beralkohol
  • MSG (Monosodium glutamat), bahan penyedap rasa makanan
  • Ragi
  • Nitrate, sering dijumpai pada daging olahan

Menghindari jenis-jenis makanan yang dapat memicu sakit kepala dari pola diet anda sehari-hari akan membuat anda terbebas dari resiko serangan sakit kepala.

Mengurangi kadar estrogen

Estrogen adalah hormon utama pada wanita, namun sangat berpotensi memicu migrain. Jika anda mengkonsumsi suplemen estrogen, atau mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung estrogen, diskusikan dengan dokter anda untuk mengenai pengurangan dosis atau obat alternatif untuk mengganti obat-obatan tersebut. Umumnya dokter tidak akan memberikan resep obat yang mengandung estrogen jika mengetahui pasien menderita/memilika riwayat migrain.

Berhenti merokok

Nikotin dan unsur kimia lainnya dalam rokok dapat memicu –bahkan memperburuk– gejala sakit kepala. Jika anda adalah perokok aktif, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Tidak hanya untuk mencegah sakit kepala, tapi juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda secara umum.

Memperbaiki pola tidur

Pengaturan pola tidur yang konsisten sangat membantu mencegah migrain. Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Pola tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan sakit kepala. Baca: Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here