Mengapa Sarapan Penting Saat Diet?

Menjalankan program menurunkan berat badan tidak berarti melewatkan jam makan, termasuk sarapan atau makan pagi. Alih-alih, sarapan yang sehat akan sangat membantu usaha anda menurunkan berat badan dan mengontrol berat badan.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sarapan yang sehat penting dalam diet:

Mencegah ‘kelaparan’ sepanjang hari
Sarapan akan mencegah rasa terlalu lapar, khususnya di siang hari, sehingga dapat mencegah anda dari makan berlebihan. Melewatkan sarapan cenderung akan membuat seseorang tidak berhati-hati dalam menu makan siang, karena ingin mengisi perut secepatnya dan menghapus rasa lapar. Faktanya, melewatkan sarapan dapat meningkatkan resiko obesitas.

sarapan diet
Makan pagi/sarapan adalah bagian penting dalam diet.

Mempengaruhi pola makan sehat
Saat sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, seseorang harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, yaitu makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan rendah lemak. Melanjutkan poin di atas, sarapan akan membantu anda tetap berada dalam ‘jalur’ diet yang sehat sepanjang hari.

Berdasarkan beberapa penelitian, seseorang yang melewatkan makan pagi cenderung untuk tidak memasukkan buah dan sayuran dalam menu makannya sepanjang hari, baik karena memang tidak memikirkannya ataupun karena ingin secepatnya mengisi perut akibat terlalu lapar. Melewatkan sarapan juga akan mempengaruhi pola makan anda sepanjang hari.

Lebih berenergi
Sarapan di pagi hari memberikan energi, yang akan meningkatkan aktifitas fisik sepanjang hari. Makan pagi yang sehat akan mengisi kembali bahan bakar tubuh yang hilang sepanjang malam, sekaligus memenuhi penyimpanan glikogen yang menyuplai energi untuk otot. Melewatkan sarapan selalu dihubungkan dengan menurunnya aktifitas fisik sepanjang hari, termasuk kemampuan berpikir, respon, dan juga konsentrasi.

Oleh karena itu, jika anda berpikir bahwa melewatkan sarapan akan membantu anda menurunkan berat badan, mungkin anda akan mempertimbangkan kembali hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here