Mengapa Serat Penting dalam Pola Makan Penderita Diabetes?

Serat, atau fiber, adalah salah satu tipe dari karbohidrat. Serat merupakan karbohidrat kompleks, karena tidak dapat dihancurkan oleh sistem pencernaan tubuh, dan tidak menambah kalori sama sekali pada tubuh. Itulah mengapa konsumsi serat sangat sering disarankan oleh dokter, baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, penderita kolesterol tinggi, maupun untuk penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, serat merupakan asupan yang sangat penting, khususnya dalam usaha untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Diabetes adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau memproduksi jumlah insulin yang sangat sedikit (diabetes tipe 1), atau mengalami resistensi insulin (diabetes tipe 2). Hormon insulin berfungsi untuk menyerap glukosa (gula) dalam darah dan mengubahnya menjadi energi untuk sel-sel tubuh. Ketika fungsi insulin terganggu, kadar glukosa dalam darah akan terus meningkat ke level yang membahayakan.

Serat dan Diabetes

serat untuk diabetes
Makanan berserat tinggi sangat baik untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah

Karbohidrat adalah nutirisi yang paling berpengaruh terhadap peningkatan level glukosa darah. Lalu mengapa serat, yang merupakan salah satu tipe karbohidrat, bagus untuk penderita diabetes? Jawabannya adalah karena serat tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Serat adalah bagian yang tidak dapat dicerna dari produk makanan nabati, dan serat memiliki peranan yang penting dalam proses pencernaan manusia –tidak hanya bagi penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, serat memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula, sehingga peningkatan gula dalam darah meningkat secara perlahan, dan membantu mengontrol level glukosa dalam darah. Selain itu, serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga kita bisa makan lebih sedikit dan mencegah makan berlebihan.

Cara terbaik untuk meningkatkan asupan serat harian adalah dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung banyak serat berikut ini:

  • Buah-buahan dan sayuran segar
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Roti gandum murni, sereal, dan
  • Beras merah