Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut (halitosis) merupakan masalah yang sangat umum terjadi. Bau tidak sedap yang keluar dari mulut saat menghembuskan napas bisa mengganggu kehidupan sosial orang yang mengalaminya, misalnya menjadi malu dan tidak percaya diri.

Apa yang menyebabkan bau mulut?

Bau mulut bisa timbul dari berbagai faktor. Penyebab bau mulut umumnya adalah sebagai berikut:

  • Kebersihan mulut, termasuk gigi dan gusi, yang buruk. Misalnya ketika ada gigi yang berlubang, gusi yang meradang, dsb.
  • Makanan dan minuman yang mendatangkan aroma tidak sedap di mulut, seperti bawang, jengkol, dsb.
  • Merokok menyebabkan bau mulut secara langsung, serta dapat memperburuk kesehatan mulut dan gusi.
  • Jenis obat-obatan tertentu, atau ketika anda sedang menjalani pengobatan.

Untungnya, terdapat cara untuk mengatasinya. Berikut ini adalah cara mudah dan efektif untuk menyegarkan napas dan mencegah bau mulut.

Sikat gigi lebih sering
Penyebab utama dari bau mulut adalah plak yang menempel di gigi dan mengandung banyak bakteri. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi juga dapat memperburuk keadaan tersebut. Normalnya, setiap orang dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Jika anda merasa bermasalah dengan bau mulut, sikatlah gigi sedikit lebih banyak dari yang dianjurkan.

Namun jangan melakukannya dengan keras/agresif, karena bisa jadi dapat merusak enamel gigi, dan membuat gigi mudah rusak.

Menggosok lidah
Selaput atau lapisan yang terbentuk di lidah dapat menampung bakteri yang berbau busuk. Oleh karena itu, gosoklah lidah secara perlahan untuk membersihkan bakter tersebut. Sebaiknya gunakan alat khusus untuk membersihkan lidah (tounge-scraper), atau paling tidak temukan sikat gigi yang memungkinkan untuk digunakan sebagai penggosok lidah.

Waspadai mulut kering
Kurangnya saliva (air liur) bisa membuat gigi membusuk dan menyebabkan bau mulut. Masalah ini relatif mudah untuk diatasi, yaitu dengan meminum cukup air dalam sehari. Alternatif lain adalah dengan mengunyah permen karet atau permen biasa yang tidak mengandung banyak gula, yang dapat membantu menstimulasi air liur.

Sarapan pagi
Ya. Sarapan di pagi hari bisa menghilangkan bau mulut. Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan secara umum, sarapan pagi juga menyebabkan mulut memproduksi lebih banyak air liur, menyebabkan mulut tidak kering, sekaligus menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Menjaga kesehatan gusi
Penyakit gusi juga merupakan penyebab umum bau mulut. Berbagai macam bakteri yang terakumulasi di celah kecih pada dasar gigi menyebabkan aroma tidak sedap. Konsultasikan masalah ini dengan dokter gigi jika anda merasa memiliki penyakit pada gusi.

Hindari makanan pemicu napas tidak sedap
Misalnya adalah bawang. Bawang dikenal sebagai makanan yang menyebabkan napas menjadi tidak sedap. Menyikat gigi setelah mengkonsumsi bawang tidak akan menghilangkan aroma tidak sedap tersebut karena kandungan-kandugnan pada bawang telah masuk ke dalam tubuh dan sampai pada paru-paru, tempat keluarnya napas.

Satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan tidak mengkonsumsi bawang, khususnya sebelum anda bersosialisasi dengan orang lain.

Berkumur
Menggunakan cairan/obat kumur bisa menyegarkan napas. Terlebih lagi, cairan kumur yang berlabel antibakteri dapat mencegah terbentuknya plak. Selain itu, berkumur dengan air biasa juga sangat baik untuk menyegarkan napas, sekaligus membersihkan sisa-sisa makanan.

Berhenti merokok
Merokok, selain dari bahaya-bahaya lain yang ditimbulkannya, juga dapat menyebabkan bau tidak sedap di mulut. Merokok dapat merusak lapisan gusi dan membuat gigi menjadi kekuningan. Kebiasaan merokok biasanya sangat sulit dihentikan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli terapi untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebagai tambahan, bau mulut juga bisa berasal dari efek samping pengobatan yang sedang anda lakukan, atau bahkan merupakan gejala dari penyakit yang sedang anda derita. Jika begitu keadaannya, segera tanya dan diskusikan masalah tersebut dengan dokter anda.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here