15 Cara Mengatasi Masalah Insomnia Secara Alami

Apakah Anda termasuk orang yang susah tidur atau sering terbangun di malam hari dan kesulitan untuk tidur kembali? Jika jawaban Anda IYA, maka Anda wajib membaca artikel ini sampai habis.

Insomnia disebabkan oleh gangguan kesehatan, pengaruh obat, stres, atau zat stimulan yang dikonsumsi. Padahal kurangnya tidur bisa menyebabkan Anda susah fokus, gugup, depresi, dan mudah marah. Selain itu di sisi kesehatan, insomnia bisa mengurangi daya tahan tubuh seseorang.

Untuk mengurangi masalah susah tidur atau insomnia ini, ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba sendiri:

1Berjemur di Bawah Sinar Matahari
Sinar matahari yang alami dapat membantu tubuh mengatur jam biologisnya, membuat tubuh tetap terjaga di siang hari, dan tidur di malam hari. Selain itu sinar matahari di pagi hari baik untuk kesehatan kulit, tulang, dan tubuh secara keseluruhan.

2Olahraga
Berolahraga di pagi atau siang hari bisa membantu Anda tidur lebih mudah. Tak perlu olahraga yang berat, berjalan kaki 10.000 langkah pun bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Jangan berolahraga pada malam hari, karena olahraga akan meningkatkan energi tubuh anda dan melepaskan endorphins, sehingga membuat Anda susah untuk terlelap.

3Tidak Mengonsumsi Alkohol
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur seseorang dan membuatnya bangun terlalu awal. Walaupun Anda teler lalu tertidur, tapi Anda akan segera terbangun setelah efek penenang dari minuman habis, dan akan membuat Anda susah tertidur kembali.

4Jangan Merokok
Seperti alkohol, nikotin pada rokok dapat membuat Anda susah tidur. Kebanyakan perokok berat susah tidur, dan terbangun di tengah malam karena efek nikotin.

5Buang Air Sebelum Tidur
Sebaiknya buang air besar maupun kecil setiap sebelum waktu tidur Anda, agar Anda tidak perlu terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi.

6Bebas Kafein di Sore dan Malam Hari
Dibutuhkan waktu selama 8 jam untuk membersihkan efek kafein dari tubuh. Jadi, minum segelas kopi setelah jam 1 siang adalah pilihan yang buruk karena akan membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

Makanan atau minuman yang berkafein adalah kopi, beberapa jenis teh, minuman penambah stamina, dan cokelat. Meminum segelas teh chamomile atau teh buah akan lebih baik.

7Mendisiplinkan Jadwal Tidur
Jam biologis manusia berada di salah satu bagian otak yang disebut hypothalamus. Saraf-saraf di sana sangat sensitif terhadap cahaya dan bekerja untuk menyesuaikan jam biologis Anda dengan siang dan malam.

jam tidur sehat
Atur waktu tidur (dan bangun) yang tetap untuk membiasakan tubuh tidur tepat waktu.

Konsistenkan tiap malam untuk tidur dengan jam yang sama, jangan lewat dari yang ditentukan, sehingga tubuh Anda secara alami akan terbiasa kapan seharusnya Anda tidur. Lakukan ini setiap hari, termasuk di akhir minggu.

Untuk membantu Anda tetap rileks, lakukan beberapa teknik relaksasi seperti mandi dengan air hangat, meditasi, atau latihan pernafasan.

8Masker Tidur/Penutup Mata
Jika Anda sudah mematikan lampu kamar tapi masih merasa terganggu dengan cahaya sekecil apapun yang masuk, cobalah memakai masker atau penutup mata. Keadaan kamar yang gelap akan membantu Anda untuk lebih mudah tertidur.

9Gunakan White Noise (Bahasa Jawa: Suara Kemresek)
White noise adalah suara yang biasa keluar saat TV tidak bisa mengkap sinyal, atau tanpa siaran. Atau orang umumnya bilang suara kemresek. Jika Anda tinggal di lingkungan yang berisik, tutupi suara itu dengan white noise ini. White noise bisa membantu Anda tidur karena gelombangnya dapat mempengaruhi otak Anda.

10Tidak Menggunakan Perangkat Elektronik Satu Jam Sebelum Tidur
Cahaya bisa mempengaruhi jam biologis Anda, jadi sebaiknya hindari penggunaan handphone dan tidak menatap layar komputer, bermain game, maupun menonton TV setidaknya satu jam sebelum tidur.

Selain itu, dengan banyak beraktifitas maupun bekerja sebelum tidur membuat otak lebih awas, tegang, dan tidak tenang sehingga sulit untuk beristirahat atau tidur.

Lebih baik rilekskan diri dengan meminum secangkir teh, meditasi, membaca buku yang ringan, atau mandi.

11Jangan Makan Makanan Berat Terlalu Larut
Makan makanan berat terlalu dekat dengan jam tidur, terutama dengan makanan berkalori tinggi berhubungan dengan rendahnya kualitas tidur. Sebaiknya makan malam beberapa jam sebelum tidur, bila Anda kelaparan minum saja air putih, yogurt tanpa lemak, atau konsumsi buah-buahan.

12Jangan Berbaring Terlalu Lama Jika Terbangun
Jika Anda terbangun di tengah malam dan susah untuk kembali tidur, jangan terlalu lama berbaring di tempat tidur. Keluarlah dari kamar lalu lakukan kegiatan ringan yang menyenangkan, misal membaca novel sampai Anda kembali mengantuk.

pikiran tenang, tidur berkualitas
“Istirahatkan pikiran” menjelang waktu tidur.

13Melatih Ketenangan Diri & Mengatasi Stres
Meskipun cahaya, suara, dan kebiasaan buruk adalah yang berpengaruh sebagai penyebab insomnia, sesungguhnya akar permasalahan adalah pada pikiran. Faktor yang disebutkan tadi merupakan faktor tambahan pada otak Anda yang sejak awal terlalu banyak beban.

Bagilah waktu bekerja dengan beristirahat. Selesaikan pekerjaan di jam kerja, jangan dibawa hingga rumah atau bahkan ke kamar sehingga Anda tidak perlu memikirkan hal-hal lain yang mengganggu dan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Singkirkan kekhawatiran Anda akan hari esok dan tenangkan pikiran Anda. Cobalah melatih nafas Anda. Hirup nafas. Keluarkan nafas. Lakukan di setiap kegiatan Anda. Makan, naik eskalator, menunggu lift, berjalan, apapun di mana pun. Rasakan di mana Anda berada, dan apa yang Anda rasakan saat itu, biarkan kecemasan Anda hilang bersama tiap nafas yang Anda keluarkan.

Jika Anda punya waktu luang, yoga atau kegiatan meditasi lain patut dicoba. Baca juga 10 aktivitas untuk menghilangkan stres.

14Minum Suplemen atau Obat-Obatan
Coba lah obat-obatan yang bisa Anda beli di apotek terdekat. Contohnya zolpidem tartrate, satu-satunya obat insomnia yang diperbolehkan oleh FDA (BPOM Amerika). Obat ini membantu Anda untuk tidur

Atau Anda bisa coba suplemen melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu tubuh menyesuaikan waktu terjaga dan tidur Anda. Cobalah konsumsi sebelum tidur dengan dosis 2,5 miligram.

Selama obat atau suplemen tersebut aman, tidak ada salahnya dicoba. Tapi usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

15Konsultasikan ke Dokter
Jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil, konsultasikan masalah Anda kepada yang lebih ahli, yaitu dokter. Karena insomnia bisa disebankan oleh penyakit pernafasan saat tidur, nyeri pada kaki, asma, atau gangguan kesehatan lain yang mungkin tidak anda sadari.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here