5 Tips Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

Ketika hamil, tubuh bekerja dengan sangat keras. Meningkatnya beban-kerja tubuh bisa menyebabkan tubuh anda letih dan lelah selama kehamilan. Hal tersebut adalah normal, karena tubuh anda bekerja untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi anda.

Peningkatan metabolisme tubuh, morning sickness, gangguan emosi, pekerjaan rumah tangga, tekanan pekerjaan di kantor, hingga pola makan atau diet yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab–atau memperburuk–kondisi tubuh yang kelelahan selama kehamilan.

Mengatasi Kelelahan selama Kehamilan

Walaupun kelelahan adalah hal yang lazim untuk ibu hamil, tetap saja, mengatasi kelelahan selama kehamilan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anda dan bayi yang anda kandung. Energi dan performa tubuh yang baik akan memberikan banyak perbedaan bagi anda dalam menjalani masa kehamilan hingga persalinan.

lelah selama hamil
image source: flickr / il-young ko

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tubuh letih dan lelah selama kehamilan:

Relaksasi
Istirahat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dalam masa hamil. Luangkan sebagian waktu anda untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Anda bisa melakukan banyak hal yang tidak membutuhkan banyak aktivitas fisik, seperti membaca, mendengarkan musik, hingga menonton televisi. Batasi aktivitas fisik tubuh anda, dan berikan waktu lebih untuk mengistirahatkan tubuh anda yang lelah.

Jaga Hidrasi Tubuh
Salah satu penyebab kelelahan selama kehamilan yang sering terlewatkan adalah kurangnya minum air. Cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi akan membuat tubuh lebih lelah dan terkuras selama kehamilan. Pastikan anda minum air putih setidaknya 8 gelas atau lebih selama untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap optimal selama hamil.

Diet atau Pola Makan yang Seimbang
Makan makanan yang sehat dan teratur adalah yang paling utama selama di masa mengandung. Anda harus mengkonsumsi cukup makanan untuk tubuh anda dan juga tumbu-kembang janin anda. Makanan yang bernutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda juga akan membantu anda menghindari kelelahan berlebihan selama kehamilan anda. Berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mengatur dan merencanakan pola makan sehat di masa kehamilan.

Waktu Tidur yang Cukup
Tidur yang terganggu adalah pengalaman yang umum dialami wanita hamil. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon tubuh selama kehamilan. Di sisi lain, menjaga waktu tidur yang ideal sangat penting untuk mengoptimalkan kondisi tubuh anda selama hamil. Jika anda merasa tubuh anda tidak mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, cobalah untuk tidur siang kapanpun memungkinkan, untuk menggantikan tidur malam anda yang hilang.

Gerak Badan
Melakukan beberapa gerak tubuh selama kehamilan justru bisa membantu mengatasi kondisi tubuh anda yang kelelahan. Melakukan olahraga atau gerak tubuh ringan selama hamil justru akan mengatasi letih dan lelah anda. Rutin melakukan senam khusus hamil, atau sekedar jalan-jalan di pagi dan sore hari adalah gerak tubuh yang ideal dan disarankan bagi ibu hamil.


Tubuh yang letih dan lelah selama hamil adalah hal yang sangat normal dialami oleh ibu hamil. Akan tetapi, terdapat juga beberapa kondisi medis lainnya, yang salah satu gejalanya adalah kelelahan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa kelelahan berlebih yang anda alami berhubungan dengan kondisi tubuh anda yang hamil, bukannya disebabkan oleh alasan medis lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here