Kiat-Kiat Mengontrol Gula Darah

Mengontrol kadar gula darah sangatlah penting bagi penderita diabetes. Cara menjaga agar kadar gula dalam darah tetap berada pada batas yang normal akan berbeda-beda bagi tiap individu.

Namun ada tips dan kiat-kiat yang umum untuk membantu anda mengontrol gula darah, yaitu:

Kendalikan Sejak Dini

Kadar gula darah yang sehat dapat dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang seimbang, melakukan aktivitas fisik yang cukup, serta mengonsumsi obat penurun gula darah saat Anda membutuhkannya. Anda mungkin juga memerlukan obat lain untuk mengontrol tekanan darah dan kolesterol. Pertimbangkan juga beberapa tips gaya hidup tambahan yang dapat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh. Segera cari tahu makanan apa saja yang dapat membantu dan yang harus Anda hindari.

Makanlah Secara Teratur

Mengabaikan waktu sarapan pagi dapat menyebabkan Anda kelaparan dan pada akhirnya Anda makan secara berlebihan untuk “balas dendam”. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan gula darah.

Konsumsi Karbohidrat yang Sehat

Konsumsi karbohidrat yang terlalu rendah dapat menghilangkan serat penting, vitamin, dan mineral. Penting bagi Anda untuk menyeimbangkan porsi nutrisi harian. Jangan berfokus hanya pada beberapa nutrisi saja. Jangan lupa untuk konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk merencanakan pola makan, aktivitas, dan rencana pengobatan.

Hindari Minuman Beralkohol

Apabila Anda berpikir alkohol dapat menurunkan gula darah, jawabannya adalah tidak pasti. Oleh karena itu, alkohol tidak dianggap sebagai metode yang aman atau efektif dalam mengontrol gula darah. Alkohol mempengaruhi kemampuan hati dalam meningkatkan gula darah sehingga dapat menyebabkan gula darah rendah. Hal ini perlu diperhatikan ketika seseorang mengambil obat penurun gula darah yang dapat menyebabkan kadar gula darah semakin rendah.

Konsultasikan dengan dokter Anda apabila berencana mengonsumsi obat penurun gula darah. Bila perlu hindari alkohol sekarang juga!

Minum Teh Hijau

Mengganti minuman manis dengan teh hijau adalah cara yang baik dalam menurunkan kalori. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan meningkatkan kepekaan insulin, tapi bukti tersebut tidak cukup kuat. Minumlah teh hijau secukupnya karena teh hijau dosis tinggi telah dikaitkan dengan beberapa kasus keracunan hati.

Minum Air Cukup

Minum air yang cukup adalah salah satu cara untuk mengontrol gula darah. Hal ini terutama dibutuhkan ketika kadar gula darah Anda tinggi. Karena gula darah yang tinggi akan menyebabkan buang air kecil yang berlebihan. Untuk mengatasinya minum banyak air akan membantu mencegah dehidrasi.

Konsultasi Sebelum Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi obat penurun gula darah menyebabkan pankreas akan melepaskan lebih banyak insulin ke dalam darah Anda. Hal ini berisiko menurunkan gula darah apalagi bila Anda menunda makan.

Atur Waktu TidurAnda

Terlalu sedikit tidur dapat mengganggu hormon Anda dan menyebabkan peningkatan nafsu makan yang meningkatnya kadar gula darah dan obesitas. Bahkan, penelitian di Belanda menemukan bahwa satu malam tidak tidur dapat menurunkan kepekaan insulin hampir 25 persen.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, konsultasi dengan dokter Anda tentang pola tidur Anda untuk melihat apakah ada gangguan tidur yang serius.

Berolahragalah dengan Teratur

Olahraga dapat membantu insulin dalam transportasi gula dalam darah ke jaringan. Hal ini dapat menurunkan kadar gula bebas dalam darah. Cobalah untuk berjalan kaki ketika istirahat siang atau sesekali gunakan tangga untuk naik turun lantai daripada menggunakan lift.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.