Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Banyak metode dan cara untuk meningkatkan kemampuan otak, mulai dari mengkonsumsi ikan salmon, mengisi teka-teki silang, mengerjakan puzzle, dan banyak lagi lainnya.

Namun jika anda masih membutuhkan tips tambahan lainnya untuk mengasah otak, coba beberapa teknik sederhana berikut ini:

Memperlajari hobi baru

Cobalah untuk mempelajari hoby baru yang membuat fungsi motorik halus di otak bekerja. Misalnya saja dengan mempelajari alat instrumen musik yang belum anda kuasai atau dengan melukis.

Merangsang koordinasi

Otak dapat distimulasi dengan melakukan sesuatu dengan cara berlawanan dari yang biasa dilakukan. Misalnya saja dengan menggosok gigi dengan tangan yang tidak biasa anda gunakan, melempar atau menendang bola dengan tangan atau kaki yang tidak biasanya anda gunakan.

Ciptakan ‘permainan memori’ anda sendiri

Cobalah untuk mengingat letak 5 benda di sebuah ruangan. Tampaknya tidak susah bukan? Namun cobalah untuk mengingatnya setelah 2 atau 3 jam kemudian.

Nutrisi tepat untuk otak

Otak membutuhkan ‘makanan’ agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, mencegah penurunan kinerja, serta meningkatkan ketajaman otak secara keseluruhan. Beberapa nutrisi yang penting untuk otak antara lain Vitamin E dan K, zinc, dan omega-3. Baca juga: Makanan terbaik untuk otakmu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here