telur ceplok mata sapi

Berat badan merupakan hal yang seringkali dihubungkan dengan penampilan seseorang. Orang yang memiliki berat badan ideal dianggap lebih menarik dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Karenanya wajar jika kemudian banyak yang rela melakukan berbagai cara hanya demi mendapatkan berat badan ideal. Bahkan diet ketat pun rela ditempuh agar berat badan bisa berkurang. Nah daripada menempuh diet ketat yang seringkali justru menyiksa tubuh, ada baiknya jika Anda menggantinya dengan rajin sarapan.

Sarapan pagi ternyata dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal dan membantu menurunkan berat badan mereka yang memiliki berat badan berlebih. Manfaat ini diperoleh karena dengan sarapan Anda sudah mencegah diri Anda untuk makan berlebih.

Selain itu, sarapan memberi Anda energi yang cukup untuk beraktifitas, sehingga kinerja Anda bisa lebih optimal. Namun pastikan apa yang Anda konsumsi saat sarapan sudah tepat kandungan nutrisi dan porsinya.

Menu Sarapan Sehat untuk Diet

Nah untuk memudahkan Anda menentukan menu sarapan sehat, berikut kami berikan daftar makanan yang bisa Anda jadikan pilihan.

1Oatmeal

Oatmeal yang dicampur dengan buah-buahan kering. [pixabay]

Jika biasanya Anda mengonsumsi nasi atau roti saat sarapan, cobalah sesekali menggantinya dengan oatmeal. Selain baik untuk jantung Anda, konsumsi oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol pada level stabil. Manfaat ini diperoleh karena kandungan beta-glucan pada oatmeal.

Beta-glucan merupakan sejenis serat yang terbukti efektif dalam hal menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain beta-glucan, oatmeal juga kaya akan omega-3, asam lemak, folat dan potasium yang diperlukan tubuh, terutama untuk memaksimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi oatmeal murni ataupun berupa oat campuran dalam bentuk sereal. Guna memperoleh manfaat maksimal dari konsumsi oatmeal saat sarapan, jangan lupa pastikan oatmeal tidak ditambah gula. Sebagai pengganti gula, tambahkan sedikit susu atau madu. Hal ini dilakukan guna mencegah asupan kalori berlebih.

Asupan kalori yang disarankan biasanya antara 300 sampai 400 kalori, yang mana sekitar 45 – 55 persen berupa karbohidrat. Jadi perkirakan jumlah kalori makanan yang akan dikonsumsi agar tidak berlebihan.

2Yogurt

Suka mengonsumsi yogurt? Jika ya, coba konsumsilah yogurt saat sarapan. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan, karena Anda bisa terhindar dari mengonsumsi kudapan yang tidak sehat. Namun tetap pastikan konsumsinya tidak berlebihan, ya.

Asupan protein yang disarankan adalah sebanyak 15 – 20 persen dari total kalori yang disarankan. Bahkan menurut sebuah studi, mengonsumsi 20 gram protein saat sarapan bisa membantu menurunkan berat badan.

Terkait dengan konsumsi yogurt saat sarapan, Anda mungkin berpikir untuk menambahkan gula atau pemanis ke dalam yogurt. Hal ini memang wajar dilakukan guna menambahkan rasa pada yogurt. Namun efeknya justru tidak baik bagi kesehatan. Terlebih jika pemanis yang digunakan merupakan pemanis buatan yang justru dapat menambah jumlah kalori. Sebagai gantinya, gunakan madu atau tambahkan buah segar agar yogurt tetap sehat dikonsumsi.

Sponsored Links

3Pisang

Pisang ternyata tidak hanya nikmat sebagai camilan, tetapi juga bisa jadi salah satu pilihan menu sarapan sehat. Pisang dikenal kaya akan potasium yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan gula alami dalam pisang juga bisa membuat Anda tidak perlu lagi menambahkan gula saat mengonsumsinya.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda mengingat asupan gula tambahan disarankan untuk tidak melebihi takaran satu setengah sendok teh. Takaran tersebut berlaku untuk gula non alami, seperti gula pasir dan sirup.

4Telur

Sama halnya dengan yogurt, telur merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Kandungan proteinnya tersebut dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Karenanya cobalah untuk memasukkan telur dalam salah satu menu sarapan harian Anda. Anda bisa mencoba telur ceplok, omelet, ataupun telur rebus biasa.

Selain kaya akan protein, telur juga merupakan sumber vitamin D. Asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang.

5Selai kacang dan almond

Bosan dengan menu berupa nasi dan telur? Coba ganti menu sarapan Anda dengan selai kacang atau almond yang dioleskan pada roti gandum. Kedua selai tersebut bisa jadi alternatif sumber protein bagi Anda.

Selain itu, keduanya juga kaya akan lemak tak jenuh yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol pada level stabil. Namun tetap sesuaikan porsinya, ya agar kalori yang diterima tubuh tidak berlebihan, mengingat satu sendok selai kacang dan almond mengandung 100 kalori.

6Semangka

Pernah mencoba mengonsumsi semangka saat sarapan? Jika belum, cobalah untuk mengonsumsinya mengingat semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan airnya tersebut dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga bisa mencegah tubuh dari dehidrasi.

Selain kandungan airnya, semangka juga kaya akan lycopene. Lycopene merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh dalam hal menjaga fungsi penglihatan, jantung dan pencegahan kanker. Belum lagi semangka dikenal memiliki nilai kalori yang rendah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

7Strawberi

Jika semangka dirasa terlalu besar untuk dikonsumsi, Anda bisa menggantinya dengan strawberi. Buah kecil berwarna merah ini kaya akan antioksidan dan minim kalori. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir asupan kalori tubuh akan berlebih saat mengonsumsi strawberi.

Sarapan memang sangat penting bagi tubuh. Namun sayangnya, ia sering dilewatkan begitu saja. Padahal sarapan sangat dianjurkan untuk segera dilakukan dalam rentang waktu antara 30 menit sampai satu jam setelah bangun tidur.

Hal ini dilakukan guna mencegah makan berlebihan sebelum jam makan siang tiba. Karenanya pastikan untuk selalu menyempatkan diri Anda untuk sarapan. Daftar makanan diatas bisa Anda jadikan pilihan menu sarapan sehat yang bisa membantu untuk menurunkan atau menjaga berat badan Anda.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here