Lakukan 10 Tips ini Agar Tubuh Anda Siap Hadapi Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan yang telah dinanti-nanti sebentar lagi akan tiba, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Lalu kira-kira apa saja yang perlu kita persiapkan?

Sponsored Links

Ada dua hal yang wajib Anda persiapkan untuk menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah ini.

Pertama, siapkan diri menghadapi ramadhan dengan meninggalkan segala hal dan prilaku tidak baik yang biasa dilakukan di bulan-bulan sebelumnya seperti berbohong, membicarakan orang lain, minum-minuman keras, mencuri dan lain sebagainya. Gunakan momentum ini untuk melakukan perbaikan diri supaya di Ramadhan kali ini Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Kedua, mempersiapkan tubuh agar dapat melakukan ibadah puasa dengan lancar tanpa ada masalah kesehatan. Salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan selama bulan Ramadhan adalah berpuasa. Puasa sendiri terbukti memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan.

Sayangnya, menahan lapar dan dahaga dalam waktu yang cukup lama tidaklah mudah apalagi jika belum terbiasa. Salah-salah kondisi tubuh Anda bisa menurun bahkan hingga jatuh sakit. Hal ini mungkin saja terjadi karena perubahan pola makan yang tiba-tiba dan tubuh belum siap menerimanya.

Oleh sebab itu diperlukan beberapa persiapan sebelum berpuasa tujuannya adalah untuk melatih tubuh agar tidak kaget dengan perubahan pola yang terjadi selama bulan Ramadhan. Berikut ini 10 tips yang perlu Anda lakukan supaya tubuh Anda siap hadapi puasa Ramadhan.

1. Mengurangi Rokok

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok tentu saja keharusan menghentikan kebiasaan merokok selama berpuasa menjadi cobaan yang paling berat saat berpuasa. Gejala yang biasa dialami saat seseorang berusaha menghentikan kebiasaan merokok diantaranya gelisah, mudah tersinggung dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Tentu saja gejala tersebut akan mengganggu kekhusyuan puasa Anda.

Oleh sebab itu cobalah untuk mengurangi jumlah konsumsi rokok harian Anda sedikit demi sedikit sebelum memasuki bulan Ramadhan untuk membiasakan tubuh supaya tidak terlalu terkejut dan tidak merasakan gejala ketagihan yang buruk saat mulai berpuasa.

Ini juga bisa menjadi langkah awal Anda untuk mulai berhenti merokok sama sekali.

2. Mengurangi Kafein

Jika Anda pecinta kafein sepertinya Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk mengurangi jumlah asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hal ini berkaitan dengan kafein yang bersifat diuretic alami yang dapat menyebabkan Anda menjadi sering buang air kecil, sehingga dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi pada tubuh seseorang. Akan sangat berbahaya jika dehidrasi terjadi selama Anda berpuasa.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk meminimalkan asupan kopi dan teh saat sahur dan berbuka. Supaya tubuh tidak terkejut Anda bisa mulai mengurangi jumlah asupan kafein satu persatu mulai dari sekarang. Jika biasanya Anda bisa menghabiskan 3 sampai 4 cangkir teh atau kopi dalam satu hari cobalah untuk mencukupkannya dengan hanya satu cangkir sehari.

3. Mengurangi Makan

Saat berpuasa Anda akan berhenti makan selama lebih dari 12 jam dan tentu saja tubuh perlu penyesuaian dengan kondisi tersebut. Anda harus mulai membiasakan diri mulai dari sekarang dengan cara mengurangi porsi makanan.

Mulailah dengan makan dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya. Mungkin awalnya akan terasa berat karena dalam waktu sebentar Anda akan merasa lapar lagi, tapi ingat untuk tetap menahannya.

Sponsored Links

Mengenai masalah tersebut Anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tetap sehat. Jika sudah bisa mengurangi langkah selanjutnya adalah dengan memotong jam makan, dari yang biasanya tiga kali sehari Anda bisa coba untuk makan cukup dua kali sehari saja.

4. Berhenti ngemil

Ingat, saat berpuasa Anda hanya punya kesempatan makan pada waktu sahur dan setelah waktu berbuka, bagi Anda yang memiliki kebiasaan ngemil di siang hari tentu saja harus mulai membatasi kebiasaan tersebut supaya tubuh tidak ‘nagih’ saat sedang berpuasa.

5. Membiasakan diri dengan sarapan

Jika Anda terbiasa tidak sarapan di pagi hari, sepertinya Anda perlu menendang kebiasaan buruk tersebut dan mencoba untuk mulai membiasakan diri dengan sarapan. Jadwalkan sarapan padat gizi seminggu sebelum memasuki bulan puasa supaya tubuh membiasakan diri. Tujuannya adalah untuk membiasakan tubuh terhadap pola makan saat berpuasa.

Puasa merupakan aktivitas yang cukup menyerap banyak energi jika Anda tidak mendapatkan asupan yang cukup saat sahur kondisi tubuh pastinya akan menurun, mengganggu aktivitas kerja, dan ini juga tidak akan baik untuk kesehatan.

Anggaplah sahur sebagai pengganti sarapan yang harus Anda lakukan untuk menunjang aktivitas selama berpuasa.

6. Melatih kebiasaan tidur

Selain pola makan, pola tidur selama bulan Ramadhan pun akan berubah. Mulailah berlatih kebiasaan tidur yang mengadopsi waktu di bulan Ramadhan. Bangun lebih pagi dan tidur lebih awal.

Anda juga bisa mengganti waktu tidur yang dirasa kurang dengan tidur siang.  Cobalah rutinitas baru ini selama beberapa waktu agar tidak mengejutkan sistem tubuh Anda pada awal-awal puasa.

7. Penuhi lemari es dengan karbohidrat

Sebagai persiapan puasa sepertinya Anda perlu mengisi lemari es Anda dengan makanan-makanan yang kaya akan karbohidrat seperti beras merah, pasta dan kentang. Makanan-makanan tersebut dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga cocok bagi Anda yang sedang berpuasa.

Untuk membiasakan diri dengan makanan-makanan tersebut cobalah untuk lebih sering mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang kaya karbohidrat kompleks sebelum mulai berpuasa.

8. Konsultasi dengan dokter

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu yang dikhawatirkan dapat menghambat berjalannya ibadah puasa maka sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter mulai dari sekarang.  Tanyakan mengenai kondisi fisik Anda apakah Anda masih memungkinkan berpuasa di bulan Ramadhan atau tidak. Jika masih memungkinkan, ketahui juga hal-hal apa saja yang perlu dijaga dan diperhatikan, khususnya mengenai pola dan menu makanan Anda.

9. Latihan

Sekali-kali latihan berpuasa sebelum bulan Ramadhan juga perlu dicoba, tujuannya supaya tubuh dapat beradaptasi dengan aktivitas berpuasa sebulan kedepan. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menebus hutang puasa yang Anda lewatkan di tahun sebelumnya.

10. Menjaga kesehatan jelang Ramadhan

Puasa Ramadhan berlangsung selama satu bulan penuh, dan itu merupakan waktu yang cukup panjang. Anda harus mempersiapkan tubuh Anda dengan baik agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar.

Oleh karenanya, pastikan untuk menjaga kesehatan mulai dari sekarang dengan makan-makanan yang bergizi, melakukan olahraga ringan dengan rutin, mendapatkan tidur yang cukup, dan menjauhi stress.

Sponsored Links

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here