Menyusui Dapat Mengurangi Risiko Kematian Pada Penderita Kanker Payudara

Berdasarkan data statistik yang diluncurkan oleh BreastCancer.org diketahui bahwa 1 dari 8 wanita di Amerika Serikat menderita kanker payudara invasif selama mereka hidup. Parahnya lagi diperkirakan ada sekitar 40.000 wanita berusia dibawah 50 tahun meninggal dunia akibat menderita kanker jenis ini.

Di Indonesia sendiri, kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak kedua setelah kanker serviks, dan angka penderitanya terus meningkat setiap tahunnya.

Para ilmuan terus meneliti berbagai macam cara untuk mengurangi risiko kanker payudara hingga akhirnya sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute mengemukakan bahwa wanita yang menyusui bayi mereka kemudian didiagnosis menderita kanker payudara cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk kankernya kambuh kembali di kemudian hari dibanding mereka yang tidak pernah menyusui.

Kepala peneliti, Marilyn Kwan, menyatakan, ‚ÄúDalam penelitian tersebut kami menemukan lebih dari 1.600 wanita dengan kanker payudara yang sebelumnya pernah menyusui memiliki 30 persen kesempatan untuk mengalami penurunan risiko kanker payudara mereka kambuh atau berulang.”

Kami juga menemukan bahwa wanita yang sempat menyusui memiliki 28 persen kemungkinan mengalami penurunan risiko kematian akibat kanker payudara mereka. Lanjutnya.

Diyakini bahwa menyusui memberikan kontribusi dalam meningkatkan pematangan sel duktal di payudara dan membuat mereka rentan terhadap karsinogen atau bisa dibilang membantu dalam ekskresi karsinogen serta memperlambat pertumbuhan tumor.

Penelitian serupa juga pernah dilakukan sebelumnya, yang menghubungkan antara kanker payudara dan menyusui. Dan penelitian ini semakin memperkuat gagasan tersebut, sekaligus mempertegas klaim bahwa menyusui memberikan manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi.

Selain menyusui, jurnal tersebut juga menyatakan bahwa jenis sub kanker yang terdiagnosis dapat diobati melalui terapi hormonal dan hasilnya cenderung lebih baik.

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.