8 Cara Sederhana Meringankan Stres

    Tak ada seorang pun yang ingin merasakan stres berkepanjangan, sayangnya stres dapat menyerang siapapun karena stress adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari namun dapat diringankan jika kita mau sedikit berusaha. Biasanya stres muncul saat banyak hal terjadi secara bersamaan dan menuntut perhatian serta konsentrasi kita.

    Manusiawi jika seseorang mengalami yang namanya stres, namun bukan berarti Anda bisa mengabaikannya begitu saja. Karena apabila Anda terlalu banyak stres dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, baik itu fisik ataupun mental.

    Kabar baiknya adalah stres ini dapat dikelola apabila Anda melakukannya dengan tepat. Dengan kesabaran serta strategi yang baik, maka Anda dapat mengurangi stres yang sedang Anda alami. Entah itu stres karena masalah keluarga atau stres karena masalah di tempat kerja.

    Berikut ini adalah 8 cara mudah meringankan stres yang sedang Anda alami:

    #1 Bernafas panjang dan dalam

    Tahukah Anda bahwa penemuan mengenai konsep biological stres baru ditemukan belum lama ini. Sebelum akhir tahun 1950-an, seorang endokrinologist, Hans Selye, pertama kali berhasil mengindentifikasi dan mendokumentasikan stres. Penemuan Hans Selya ini menuntun kita pada beberapa penelitian baru yang telah membantu kita dalam upaya memerangi dan meringankan stres.

    Menurut Timothy McCall, pengarang buku Yoga as Medicine: The Yogic Prescription for Health and Healing (Bantam, 2007), ketika kita bernapas dalam-dalam usahakan untuk menghembuskannya kembali dengan waktu yang sedikit lebih panjang dari saat menghirupnya. Hal tersebut akan menenangkan saraf simpatik Anda.

    Misalnya jika Anda memerlukan waktu empat detik untuk menarik nafas, usahakan untuk memperpanjang saat kita mengeluarkan nafas menjadi delapan detik. Tapi tentu saja ukuran untuk setiap orang akan berbeda. Teknik bernafas seperti ini dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

    #2 Mendengarkan musik

    cara meringankan stres
    Mendengarkan musik sangat efektif untuk meredakan stres

    Jika Anda kewalahan dalam menghadapi stres, cobalah untuk santai dan mendengarkan musik. Musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi hormon kortisol, hormon yang terkait dengan stres. Atau sambil mendengarkan musik, Anda juga bisa bernyanyi atau bersenandung. Ketika Anda bernyanyi atau bersenandung, Anda secara alami memperpanjang napas Anda, yang akan membantu menenangkan anda.

    Selain musik, suara laut atau suara alam juga memiliki efek menenangkan yang sama.

    #3 Minum lebih banyak air

    Menurut Mike Collins, pendiri “The Perfect Workday”, sebuah perusahaan yang fokus kepada keefektifan di tempat kerja, ketika tingkat hidrasi tubuh Anda turun hingga 2 persen, kemampuan untuk melakukan matematika sederhana dan membuat keputusan pun akan terpengaruh. Jadi, semakin baik hidrasi tubuh Anda, maka Anda juga akan berpikir dengan lebih baik. Cobalah untuk selalu menyediakan air minum di meja Anda yang selalu Anda isi ulang 3-4 kali sehari.

    Selain itu ada juga minuman yang dapat memberikan efek menenangkan sistem saraf seperti teh hijau. Teh ini mempunyai kadar kafein setengah dari kopi dan mengandung antioksidan yang sehat, serta theanine, asam amino yang memiliki efek menenangkan.

    #4 Berbicara kepada orang lain

    Jika Anda merasa kewalahan, maka berbicaralah dengan teman mengenai permasalahan yang sedang Anda hadapi. Hubungan yang baik dengan teman-teman atau orang-orang yang dicintai merupakan hal yang penting untuk gaya hidup yang sehat. Sebuah suara yang dapat meyakinkan Anda, walaupun hanya satu menit, dapat meringankan sedikit beban berat yang sedang Anda tanggung.

    #5 Tertawalah

    Humor adalah kebalikan dari stres. Dalam situasi stres, Anda secara emosional terlibat dengan beberapa masalah. Ketika Anda menertawakan situasi, maka Anda akan menjauh dari masalah. Selain itu, ketika tertawa, tubuh melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres yang disebabkan hormon kortisol dan adrenalin.

    #6 Makan makanan yang sehat

    Tingkat stres seseorang berkaitan erat dengan pola makanya. Sayangnya, ketika kita memiliki pekerjaan yang berat, seringkali kita lupa untuk makan dengan teratur dan cenderung memilih makanan yang banyak mengandung gula dan makanan siap saji. Buah dan sayur – sayuran adalah makanan yang baik untuk tubuh kita, dan ikan memiliki omega 3 yang telah terbukti mengurangi gejala stres.

    #7 Berolahraga

    Olahraga tidak harus berarti angkat beban di gym atau berlari marathon. Berjalan kaki di sekitar kantor atau bahkan berdiri untuk meregangkan badan selama istirahat di tempat kerja dapat membantu mengatasi situasi stres. Dengan menggerakan badan, Anda memperlancar peredaran darah dan meningkatkan mood anda secara instan.

    #8 Tidur

    Semua orang tahu bahwa stres dapat menyebabkan anda kurang tidur. Sayangnya kurang tidur juga merupakan penyebab utama stres. Lingkaran setan ini menyebabkan otak dan tubuh semakin memburuk dengan berjalanya waktu. Matikan TV anda sebelumnya, atur waktu anda, usahakan yang terbaik yang dapat Anda lakukan untuk segera tidur.

    Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, baca juga 9 tips tidur sehat.