Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Migrain (migraine headaches) adalah serangan sakit kepala parah, yang sering disertai dengan mual, muntah dan juga menjadi sangat sensitif/peka terhadap cahaya dan suara. Pada banyak orang, serangan migrain dirasakan hanya pada setengah bagian kepala, sehingga migrain sering juga disebut dengan istilah sakit kepala sebelah.

Migrain merupakan sakit kepala kambuhan/berulang. Rasa sakitnya bisa diperburuk oleh aktivitas fisik dan lingkungan di sekelilingnya, seperti suara dan cahaya.

Pada beberapa kasus, penderita migrain akan mendapatkan semacam peringatan/pertanda, disebut aura, sebelum serangan sakit kepala/migrain yang sesungguhnya datang.

Aura tersebut bisa berupa satu atau lebih pertanda seperti gangguan penglihatan, sistem sensorik dan motorik, keseimbangan, dan lainnya.

sakit kepala migrainBerdasarkan penelitian, terdapat beberapa fakta mengenai migrain, yaitu:

  • Wanita lebih banyak menderita migrain dibandingkan pria.
  • Migrain muncul antara satu hingga empat kali dalam sebulan.
  • Setiap serangan migrain bisa berlangsung dari 2-72 jam.

Gejala Migrain

Terdapat beragam gejala migrain, dan bisa berbeda-beda untuk setiap orangnya. Beberapa gejala migrain antara lain:

  • sakit kepala sebelah
  • mual dan muntah
  • gangguan penglihatan sementara
  • sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, dan dapat memperparah rasa sakit kepala
  • kelelahan
  • sebagian kecil orang mendapatkan ‘aura’ atau ‘peringaran’ sebelum serangan sakit kepala datang
  • dan lain sebagainya

Penyebab Migrain

Hingga saat ini, penyebab utama migrain masih belum diketahui dengan pasti. Para peneliti beranggapan bahwa migrain disebabkan oleh reaksi abnormal pada sel-sel saraf tertentu terhadap hal-hal/substansi yang menjadi pemicu migrain.

Gangguan tersebut lebih sering bersifat genetik atau bawaan dari lahir. Seorang dengan migrain akan mewariskan risiko migrain pada keturunannya.

Oleh karena itu, banyak ahli menyimpulkan bahwa migrain disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu genetik dan lingkungan.

Serangan migrain bisa datang kapan saja, yang umumnya dipicu oleh beberapa faktor eksternal. Selengkapnya, baca: Faktor penyebab serangan migrain.

Menangani Migrain

Dua komponen utama dalam penanganan migrain adalah menghentikan/mengurangi sakit saat serangan migrain terjadi dan tindakan pencegahan agar serangan migrain berkurang atau tidak muncul kembali.

Proses-proses tersebut berhubungan dengan obat-obatan untuk migrain dan mengelola pola hidup sehat, termasuk mengenal dan menghindari faktor-faktor yang bisa memicu datangnya migrain.

Baca selengkapnya di: Mengobati dan mencegah migrain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here