Olahraga Harian Selama 30 Menit Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Rutin melakukan olahraga memang merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Tidak hanya itu, sebuah penelitian baru yang diberi nama Oslo Study memaparkan mengenai manfaat lain dari olahraga, yaitu dapat memperpanjang umur seseorang.

Penelitian yang telah dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine ini menyatakan pria tua yang aktif melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Penelitian yang dipimpin oleh Ingar Holme, Profesor di Norwegia School of Sports Sciences, juga menjelaskan bahwa dengan melakukan olahraga sebanyak 150 menit dalam satu minggu dapat memberikan Anda tambahan usia sekitar 3,4 tahun.

Jika dalam satu minggu Anda melakukan olahraga sebanyak lima kali, maka per harinya Anda hanya membutuhkan waktu selama 30 menit saja.

olahraga
Olahraga rutin bisa memperpanjang umur anda. [image by skeeze/pixabay]

Temuan baru ini meneliti 15.000 pria yang lahir di Norwegia antara tahun 1923 dan 1932. Pemeriksaan dimulai pada tahun 1973 yang mencakup penelitian tinggi, berat, kolesterol, tekanan darah, riwayat merokok dan seberapa sering mereka berolahraga dalam satu minggu.

Penelitian kedua dilanjutkan pada tahun 2000 dari 6.000 orang yang masih bersedia melanjutkan penelitian, yang kemudian mereka dipantau selama 12 tahun kedepan.

Selama periode pemantauan 2.154 dari 5.738 orang yang berpartisipasi di kedua pemeriksaan tersebut dikabarkan meninggal.

Dari hasil pemantauan tersebut para peneliti cukup terkejut karena diketahui bahwa terjadi penurunan angka kematian sebanyak 40% yang berkaitan dengan waktu berolahraga.

Seperti yang dikatakan oleh para peneliti,

“Terjadi penurunan angka kematian sekitar 40% berkaitan dengan waktu olahraga (30 menit, enam hari dalam satu minggu) baik itu olahraga ringan ataupun berat.”

Ternyata hanya dengan 30 menit dalam satu hari dapat memberikan dampak yang cukup besar terhadap hidup Anda. Anda bisa mengisi waktu 30 menit tersebut dengan berbagai macam olahraga ringan hingga sedang seperti berjalan cepat, bersepeda, jogging, berenang, dan lain sebagainya.

Sumber: The Guardian

Promo webkesehatan.com

promo lazada
Lazada Big Sale 11.11 Promo gila-gilaan di Lazada: CASHBACK, flash sale, gratis ongkir, hingga diskon 99%. Jangan sampai kelewatan!
promo lazada
Sweety Surprise Deals Kejutan spesial dari SWEETY! Diskon besar dan goody bag menarik. #SudahPakaiSweety belum?
promo lazada
MAMA's CHOICE Baru! Perawatan Alami untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Potongan hingga Rp. 110.000 dan promo menarik lainnya. #PilihanAmanMama.