8 Pelembab Wajah Alami dari Bahan Organik

Menggunakan bahan alami organik sebagai pelembab wajah jauh lebih baik daripada menggunakan produk kecantikan yang mayoritas mengandung bahan kimia tambahan.

Kulit wajah yang sehat merupakan kulit wajah yang terjaga kelembabannya. Wajah yang kering dan kusam dapat menimbulkan banyak masalah, seperti mudah iritasi, rentan timbul jerawat akibat penumpukan sel kulit mati, hingga merusak penampilan dan kepercayaan diri seseorang.

Tidak hanya untuk jenis kulit kering, kelembaban wajah yang seimbang juga penting untuk jenis kulit berminyak dan kulit normal. Hal itu karena aktivitas sehari dan suhu yang tidak menentu membuat kita harus memberikan perhatian tambahan pada wajah.

Pelembab Wajah Alami

Banyak cara untuk melembabkan wajah. Anda bisa menggunakan berbagai produk skin care pelembab wajah favorit Anda. Namun jika Anda khawatir dengan bahan kimia tambahan yang ada pada produk skin care, takut tidak cocok dengan produk tertentu, atau jika Anda adalah pecinta bahan organik, maka tidak ada salahnya untuk mencoba pelembab alami untuk merawat wajah Anda.

Berikut ini adalah berbagai pilihan pelembab yang terbuat dari bahan alami yang bisa Anda coba:

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami terbaik untuk kulit. Kandungan alami madu bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah. Salah satunya adalah untuk melembabkan wajah secara alami.

Banyak cara melembabkan wajah yang bisa Anda aplikasikan menggunakan madu. Salah satunya adalah menggunakan madu murni sebagai masker wajah.

Caranya mudah, yaitu bersihkan wajah, kemudian oleskan madu murni ke seluruh permukaan wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Anda juga bisa menggunakan madu dengan bahan lainnya, misalnya bersamaan dengan minyak zaitu, lemon, dan bahan alami lainnya.

Dengan pemakaian madu secara teratur, kulit akan lebih lembab berkat kemampuan madu yang dapat menembus lapisan kulit terdalam. Selain itu, madu juga memiliki zat anti-bakteri dan anti-peradangan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan membantu mencegah tersumbatnya pori pori.

Untuk hasil terbaik, lakukan treatment minimal 2 kali dalam seminggu atau lebih jika kondisi kulit Anda tergolong kering.

2. Minyak zaitun

pelembah alami wajah
Minyak zaitun atau olive oil baik untuk melembabkan dan menghidrasi kulit wajah

Minyak zaitun (olive oil) kaya akan kandungan asam linoleat dan vitamin E, sehingga sangat baik untuk kulit wajah. Asam linoleat berfungsi sebagai pengendali kadar air dalam kulit, menjadikan kulit bisa tetap lembab alami.

Sementara itu, vitamin E-nya dapat membantu menetralkan efek buruk radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu kulit kering dan masalah kulit lainnya.

Pemakaian minyak zaitun sebagai pelembab ini bisa Anda lakukan secara rutin di rumah dengan cara mengoleskan pada bagian wajah yang terasa kering. Oleskan secara merata sambil dipijat lembut. Diamkan sekitar 30 menit agar minyak meresap. Kemudian bilas dengan air. Atau bisa juga dengan menuangkan campuran minyak zaitun dan lavender oil ke dalam air mandi Anda.

3. Minyak kelapa

Siapa bilang minyak kelapa hanya bisa dimanfaatkan sebagai minyak goreng? Minyak kelapa ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab kulit alami. Kandungan asam lemak sehat pada minyak kelapa terbukti mampu memberikan hidrasi lebih pada kulit, merangsang produksi kolagen secara alami, sekaligus menutrisinya secara optimal.

Minyak kelapa cocok digunakan pada jenis kulit kering atau pada wajah yang iritasi. Gunakan minyak kelapa layaknya masker. Tidak perlu digunakan setiap hari, karena pengugnaan berlebihan bisa menyebabkan komedo akibat penumpukan lemak.

Gunakan minyak kelapa sekali seminggu untuk merawat wajah Anda dan membuatnya lebih sehat.

4. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera sudah terkenal sebagai bahan alami untuk melembabkan wajah. Bahkan tidak sedikit produk skin care yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Lidah buaya mengandung vitamin E yang mampu melembabkan kulit wajah kering. Aloe vera juga bisa membantu mengurangi rasa gatal dan kulit terkelupas yang biasanya dialami akibat kondisi kulit yang terlalu kering atau kulit sensitif. Hal ini karena zat anti-inflamasi dan kandungannya yang mampu mendinginkan kulit.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Dermatologi India mencoba menekankan efek pelembab yang dimiliki aloe vera. Ini artinya Anda tidak perlu ragu lagi untuk sesekali memanfaatkan lidah buaya sebagai pelembab alami wajah Anda.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mem-blender daging tanaman lidah buaya dan menggunakannya sebagai masker di malam hari. Jika perlu lakukan perawatan dengan lidah buaya ini setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Shea butter

Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari pohon Shea khas benua afrika. Kandungan tinggi asam lemak dan vitaminnnya menjadikan shea butter sebagai bahan ideal untuk perawatan kulit.

Shea butter kaya akan vitamin A dan vitamin E, asam lemak alami, bersifat anti-peradangan, dan merangsang penyembuhan. Itulah mengapa shea butter sangat cocok digunakan sebagai bahan pelembab dan perawatan alami wajah.

Sayangnya produk ini cukup sulit ditemukan dan tergolong mahal di Indonesia. Namun Anda masih bisa menemukan beberapa produk skin care yang menggunakan shea butter.

6. Alpukat

pelembab wajah alami masker alpukat
Menggunakan buah alpukat untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah

Buah alpukat ternyata tak hanya nikmat dan sehat, tapi juga bisa bermanfaat sebagai pelembab alami kulit. Alpukat mampu berperan sebagai emolien yang dapat menghidrasi kulit dan mengembalikan kelembaban kulit yang sempat hilang. Bahkan ia mampu mengembalikan kelembaban kulit yang hilang di setiap lapisan kulit.

Sementara itu, kandungan antioksidannya juga diperlukan untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam alpukat juga diperlukan dalam sintesis kolagen dan elastin, sehingga kulit akan tampak lebih muda dan kencang.

Untuk menggunakan alpukat sebagai pelembab wajah, ambillah garpu dan buah alpukat ukuran sedang. Haluskan daging buahnya dengan menggunakan garpu. Aplikasikan daging buah yang sudah dihaluskan tadi pada wajah layaknya menggunakan masker. Tunggulah sampai 10-15 menit sebelum membilasnya sampai bersih.

7. Timun

Mentimun merupakan buah yang kaya akan air. Kandungan airnya yang cukup tinggi tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi kulit. Salah satunya untuk mengatasi mata sembab, agar mata bisa kembali segar.

Selain itu, timun juga bisa jadi salah satu alternatif pelembab alami yang bisa Anda pilih saat bahan alami lainnya sedang tidak tersedia di rumah.

Selain kaya akan air, mentimun juga mengandung nutrisi penting seperti magnesium, potasium, vitamin A, vitamin E. Kandungan nutrisi tersebut membuatnya mampu merangsang aliran darah sekaligus penyembuhan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, kuku dan tulang. Ia juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi keriput dan membuat kulit tampak bercahaya.

Caranya menggunakannya, haluskan timun terlebih dahulu menggunakan blender. Setelah itu, gunakan timun halus sebagai masker setiap malam sebelum tidur. Anda juga bisa melengkapinya dengan memberikan kompress pada mata Anda menggunakan potongan timun.

8. Beeswax (lilin lebah)

bahan alami pelembab kulit wajah

Beeswax adalah lilin alami yang dihasilkan oleh lebah madu untuk membangun sarang madunya. Kandungan beeswax sangat kaya akan asam lemak, hidrokarbon, dan ester. Karena itu bahan alami ini sangat baik untuk meningkatkan elastisitas kulit, sebagai antioksidan, dan tentu sangat baik untuk melembabkan kulit wajah secara alami.


Kelembaban kulit memang perlu dijaga agar kulit tetap sehat. Namun seringkali kita hanya terpaku pada produk kecantikan yang dijual di supermarket untuk melembabkan kulit. Padahal di sekitar kita ada beragam bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pelembab.

Nah, dengan mengetahui bahan alami apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai pelembab, seperti yang telah disebutkan di atas, Anda diharapkan bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga tidak terus menerus bergantung pada produk pelembab berbahan kimia.